Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    Tips6 Alasan Mengapa Perlu Pakai Kaca Film

    6 Alasan Mengapa Perlu Pakai Kaca Film

    Kaca film jadi salah satu bagian yang perlu dipasang pemilik mobil. Sebab, kaca film bukan sekadar aksesori tambahan yang hanya membuat tampilan jadi gelap saja. Sebaliknya kaca film memiliki banyak manfaat yang pastinya perlu dipasang di mobil kesayangan OLXer. 

    Namun ketentuan penggunaan kaca film harus tau aturan ya. Apalagi ketepatan kegelapannya, karena ada dalam regulasi yang dibuat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM. 439/U/Phb-76 tentang Penggunaan Kaca Pada Kendaraan Bermotor, yang berbunyi:

    1. Kendaraan-kendaraan bermotor yang diperlengkapi dengan kaca depan, kaca belakang, dan atau kaca samping, kaca-kaca tersebut harus dibuat dari bahan yang tidak mudah pecah, tembus pandangan dari dua arah (sangat bening) dan tidak boleh mengubah serta mengganggu bentuk-bentuk orang atau benda-benda yang terlihat melalui kaca tersebut.

    2. Tanpa mengurangi maksud ketentuan poin 1, boleh dipergunakan kaca berwarna atau kaca yang berlapis bahan berwarna (film coating), asal dapat tembus cahaya dengan prosentase penembusan cahaya tidak kurang dari 70 persen.

    3. Tanpa mengurangi maksud ketentuan poin 1 dan 2, kaca depan dan atau kaca belakang boleh dipergunakan kaca berwarna atau kaca yang berlapis bahan pewarna (film coating) dengan prosentase penembusan cahaya tidak kurang dari 40 persen sepanjang sisi atas (bagian kaca) yang lebarnya tidak lebih dari sepertiga tinggi kaca yang bersangkutan.

    Karena itu, kali ini kita akan membahas apa saja fungsi dan manfaat kaca film, berikut ulasannya: 

    1. Mengurangi Intensitas Cahaya Matahari 

    Dengan menggunakan kaca film maka intensitas cahaya matahari masuk ke kabin berkurang. Dengan begitu bagian dalam mobil jadi lebih teduh dan tidak panas. Apalagi ditambah AC, maka akan lebih sejuk dan nyaman.

    Dengan kaca film, dipercaya dapat menjaga kulit dari paparan sinar ultraviolet. Selain  itu, penggunaan kaca film juga dapat menghindari silau sehingga tak perlu lagi menggunakan tirai atau gorden.

    2. Lebih Privasi 

    Kaca film juga membuat pengemudi dan penumpang lebih privasi. Pasalnya, hal ini dapat membatasi pandangan dari luar ke dalam mobil.

    3. Mengurangi Resiko Tindak Kejahatan

    Ingat pepatah ‘Kejahatan terjadi bukan karena ada niat pelakunya. Tapi juga karena ada kesempatan’. 

    Ya, jika kaca mobil lebih gelap maka hal ini mengurangi potensi tidak mengundang pelaku kejahatan yang hendak ingin masuk dan mengambil berbagai macam barang berharga di dalam mobil.

    4. Lebih Aman

    Kaca film yang menempel di kaca jendela juga dipercaya ketika kecelakaan dengan benturan keras, maka pecahan kaca yang jumlahnya banyak tidak akan berhamburan ke dalam mobil sehingga melukai pengemudi dan penumpang.

    Hal ini dikarenakan pecahan kaca sebesar biji jagung akan  lapisan merekat di kaca film.

    5. Lebih Irit Bahan Bakar

    Dengan menggunakan kaca film, setidaknya dapat menghemat konsumsi bahan bakar. Lho ko bisa?

    Setidaknya hal ini berkaitan antara AC dan performa mobil. Jika kabin panas, maka AC mobil perlu kerja ekstra untuk membuat kabin sejuk. Nah, agar AC dapat bekerja dengan baik maka ditunjang dengan performa mesin,

    Apabila AC harus bekerja keras mendinginkan kabin, maka mesin mobil juga harus lebih besar mengeluarkan tenaga dan bahan bakar.

    6. Jadi Lebih Berestetik

    Penggunaan kaca film juga lebih berestetika. Bahkan tak sedikit yang menyebutkan dengan penggunaan kaca film maka tampilannya akan semakin mewah, elegan, keren dan sedap dipandang mata. 

    Untuk memasang kaca film, saat ini banyak beredar termasuk di tempat aksesori. termasuk di sini. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here