Senin, November 29, 2021
OLX Auto
More
    Tips6 Cara Menjual Mobil Agar Harganya Tidak Jatuh

    6 Cara Menjual Mobil Agar Harganya Tidak Jatuh

    Menjual mobil bekas kini sudah beragam caranya. Namun begitu, ada satu kekhawatiran ketika menjual sebuah mobil, yaitu harganya jatuh.

    Nah, OLXer yang ingin menjual mobil ada baiknya memperhatikan tips berikut, karena cara-cara ini agar ketika mobil dijual kembali harganya tidak jatuh.

    1. Gaya Mengemudi

    Jika OLXer punya rencana ingin menjual mobil, ada baiknya mengemudi tidak ugal-ugalan atau mengemudilah sewajarnya.

    Mengemudi yang tidak sewajarnya biasanya pengendara melakukan berbagai hal secara berlebihan, mulai dari menginjak pedal gas dan rem terlalu dalam. Alhasil hal ini akan berpengaruh pada kondisi mesin.

    Parahnya, mengemudi ugal-ugalan bisa menjadi penyebab kecelakaan. Nah, jika mobil korban kecelakaan biasanya harganya akan turun. Bahkan jarang ada yang mau membeli.

    2. Lakukan Perawatan dan Pengecekan Secara Rutin

    Sama seperti tubuh manusia, perlu dilakukan perawatan dan pengecekan ke dokter. Nah, mobil pun juga demikian. Bahkan bisa dilakukan sendiri.

    Misalnya, jika mobil kotor, maka cepat dibersihkan, hal ini juga sama jika terjadi di bagian kabin. Atau OLXer juga bisa pergi ke salon mobil agar kondisi cat tetap kinclong dan bersih secara menyeluruh.

    Pengecekan juga perlu seperti halnya cairan yang ada pada mobil mulai dari cairan wiper, cairan mesin, cairan radiator, cairan oli rem dan lainnya.

    Oia, tangki bahan bakar juga jangan sampai kosong. Karena kalau kosong apalagi sampai terisi air karena adanya penguapan. Sebab, hal tersebut bisa membuat tangki menjadi karatan.

    OLXer juga harus rajin periksa bagian lampu-lampu pada mobil tetap menyala. Sebab pada dasarnya lampu mobil banyak jenisnya seperti lampu utama, lampu sein, lampu belakang, hingga lampu dalam kabin.

    3. Tidak Merokok atau Makan di Dalam Mobil

    Satu hal yang perlu dihindari yaitu merokok di dalam mobil. Perlu diketahui, asap rokok yang mengepul tidak semuanya keluar melalui jendela, tetapi asap tersebut akan menempel di kabin sehingga menjadi  sulit dibersihkan.

    Selain merokok, makan di dalam mobil juga sebaiknya dihindari. Sebab, kotoran makan kerap kali terjatuh dan membuat munculnya bau.

    4.  Jangan Melakukan Modifikasi Berlebihan

    Salah satu cara agar mobil terlihat berbeda dan menarik memang dilakukan modifikasi. Akan tetapi, jika modifikasi berlebihan, seperti melakukan pemotongan bodi dan sasis hingga upgrade mesin, maka hal itu sangat tidak dianjurkan.

    Oia, memodifikasi pada bagian interior yang menggunakan sistem kelistrikan juga perlu diperhatikan, karena ada beberapa resiko yang terjadi, mulai dari perubahan bentuk desain mobil, atau sistem kelistrikan yang bermasalah bisa menyebabkan terbakar.

    Perlu dicatat, jika membeli mobil bekas, bisanya calon konsumen tidak banyak menyukai mobil yang sudah di modifikasi. Sebaliknya, mereka justru menyukai mobil dengan kondisi orisinil dari pabrikan.

    5.  Rajin Servis di Bengkel Resmi

    Ketika memiliki mobil, ada baiknya rajin melakukan servis di bengkel resmi. Pasalnya, servis di bengkel resmi lebih terjamin mulai dari keaslian suku cadang hingga keahlian si teknisi itu sendiri.

    Selain itu, jika rajin melakukan servis secara berkala tentu saja, mengurangi beberapa masalah yang akan terjadi. Hal ini disebabkan pihak bengkel memiliki jadwal tersendiri bagian atau komponen apa saja yang harus diganti.

    Keuntungan lain servis di bengkel resmi biasanya si calon pembeli menanyakan bagaimana rekam jejak servis rutin di bengkel resmi.

    Jika rajin servis di bengkel resmi, biasanya jika terjadi kerusakan akan lebih cepat diperbaiki, sehingga mobil lebih terawat dan minim kerusakan.

    6. Kelengkapan Surat

    Bagian penting agar harga mobil tak jatuh adalah adanya kelengkapan surat-surat seperti  Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Kedua ini jadi bukti kepemilikan paling utama, termasuk bukti di kepolisian.

    Akan tetapi OLXer juga harus tetap memiliki beberapa surat lainnya, seperti buku panduan, buku servis, nota pembelian, faktur pajak, hingga polis asuransi.

    Jika semua surat ini, maka hal ini juga menjadi nilai plus dan menambah yakin si pembeli nantinya.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here