Minggu, November 28, 2021
OLX Auto
More
    Tips6 Cara Motor Bisa Ngebut Tanpa Harus Bore Up

    6 Cara Motor Bisa Ngebut Tanpa Harus Bore Up

    Beberapa pemilik sepeda motor pasti ingin merasakan tunggangannya bisa ngebut. Ya, cara paling banyak dilakukan agar motor dapat berlari kencang yaitu dengan cara modifikasi mesin atau dengan bore up.

    Biasanya, untuk melakukan bore up pada motor agar menjadi cepat, beberapa komponen mesin dirombak, termasuk mengganti bagian piston dengan ukuran yang lebih besar.

    Hanya saja, untuk melakukan bore up ini banyak resikonya, mulai kondisi motor jadi tidak sesuai standar yang berimbas harga jual menjadi turun, hingga berpotensi kena tilang, karena motor OLXer jadi tidak lagi sesuai dengan undang-undang.

    Maka itu, Wahana Honda memberikan beberapa tips tentang cara buat motor kencang tanpa harus modifikasi mesin.

    1. Suspensi

    Mengganti suspensi menjadi salah satu cara untuk membuat motor menjadi kencang. Sebab, dengan shockbreaker yang prima, maka kemampuan mesin akan jauh lebih optimal.

    Bisa dibilang tanpa adanya suspensi yang baik, mesin yang udah bore-up pun nggak akan mengeluarkan kemampuan maksimalnya.

    2. Velg ringan

    Cara membuat motor kencang berikutnya yaitu memilih velg ringan. Teorinya masih sama, dengan beban kendaraan yang telah dipangkas diharapkan kemampuan motor semakin maksimal.

    Maka dari itu, pilih velg yang sesuai dengan standar. Supaya tetap nyaman saat dikendarai.

    3. Ban

    Pemilihan ban akan menyokong performa motor. Tentunya ban sport dengan soft compound akan bikin motor ngegrip banget dengan jalanan yang mulus layaknya sirkuit.

    Oleh karenanya, jika ingin ngebut di sirkuit, pemilihan ban sport adalah sangat tepat. Konsekuensinya, ban sport sendiri akan lebih tidak tahan lama.

    Perlu dicatat, jika kondisi jalan yang ditemui setiap hari tidak rata atau  mulus, sangat disarankan untuk pakai ban yang standar supaya tidak mencelakai.

    4. Modifikasi Karburator

    Cara buat motor kencang tanpa biaya banyak, biasanya cukup memodifikasi bagian karburator. Caranya cukup mengganti spuyer karburator dengan ukuran yang lebih besar.

    Tapi jangan asal ganti, sebab jika tak sesuai, maka motor OLXer bisa tersendat dan ngadat. Maka dari itu, mintalah bantuan montir yang berpengalaman untuk menyetel karburator. Selain itu montir yang jago bisa mengajari cara bikin motor kencang tapi irit.

    5. Perawatan Rutin

    Cara membuat motor kencang dengan biaya murah yaitu melakukan perawatan secara rutin. Selain itu biaya untuk perawatan rutin faktanya tidak terlalu mahal.

    Bahkan ganti oli dalam setiap bulan dan servis motor dua bulan sekalipun sudah cukup membuat motor kencang.

    6. Ganti Knalpot Aftermarket

    Cara membuat motor kencang berikutnya mengganti knalpot bawaan dengan knalpot racing aftermarket. Dengan berat knalpot racing yang lebih ringan, beban yang dibawa motormu akan berkurang.

    Selain itu diharapkan converter katalitik dari knalpot ini akan menaikkan daya yang sudah ada.

    Namun perlu dicatat, untuk mengganti knalpot after market, saat ini sudah banyak dilarang, karena dianggap mengganggu dan tidak sesuai spesifikasi.

    Selain itu, mengganti knalpot racing aftermarket juga dianggap mengganggu karena suaranya yang berisik. Jika OLXer nekat mengganti knalpot racing, jangan heran akan mendapatkan sumpah serapah hingga tilang dari petugas kepolisian.

    Tapi perlu dicatat, untuk memacu sepeda motor di jalan raya ada aturannya lho. Jadi nggak bisa sembarang membetot pedal gas agar melaju dengan cepat.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here