Sabtu, April 20, 2024
Lainnya
    Tak Berkategori6 Cara Mudah Memilih Pelek Bekas

    6 Cara Mudah Memilih Pelek Bekas

    Memodifikasi mobil pada bagian pelek sudah jadi pemandangan biasa yang terjadi di Ibu Kota. Dengan pelek yang berbeda, hal ini dipercaya memberikan kesan lebih sporty atau macho bagi si pemiliknya.

    Namun begitu tak semua pemilik mobil yang ingin mengganti pelek dengan model aftermarket berstatus baru. Sebaliknya, pelek second atau bekas juga banyak diburu.

    Nah OLXer sendiri jika ingin membeli pelek bekas, ada baiknya tidak asal-asalan dalam memilih. Karena pada dasarnya membeli pelek untuk dipasang di mobil kesayangan ada hal-hal yang perlu diperhatikan.

    Berikut ini beberapa tips cara memilih pelek bekas, supaya tidak menyesal dikemudian hari, yakni;

    1. Pilih Penjual Terpercaya

    Sebelum mencari pelek yang dicari ada baiknya memeriksa atau mengecek terlebih dahulu siapa penjual pelek. Untuk melakukan penyelidikan bisa saja dicari di internet atau mencari tau dari teman, kerabat atau saudara.

    Pasalnya, jika orang lain atau teman mengetahui reputasi baik si penjual, masih ada harapan jika barang yang dijual sedikit lebih bagus.  Hanya saja, tentu OLXer tak boleh 100 persen yakin dan percaya, karena namanya manusia bisa saja mencari kesempatan dalam kesempitan.

    2. Pastikan Kondisi Pelek Mulus

    Mengecek pelek bisa dilihat dari pandangan mata. Artinya, pastikan pelek terlihat mulus dan halus, tak ada penyok, goresan, benjolan, peyang, pecah, serta masih presisi.

    Coba raba pada bagian bibir pelek, sebab bagian ini bisa saja terjadi lantaran saat pemasangan atau melepas ban.

    3. Coba untuk Melihat Hanya Pelek Saja

    Terkadang penjual menampilkan pelek berikut dengan ban. Maka dari itu ada baiknya melepasnya, untuk lebih detail apakah ada cacat pada pelek atau tidak.

    4. Perhatikan Lubang Baut (PCD)

    Lubang baut bisa saja berubah, terlebih jika pelek yang digunakan untuk mobil yang dimodifikasi. Tak sedikit pemilik mobil menambah lubang baru agar lebih presisi dan mencor ulang lubang lama serta dicat kembali.

    Jika OLXer mendapatkan pelek tersebut, bukan tak mungkin ketika digunakan dapat mengurangi rasa nyaman, karena pelek tidak presisi, sehingga bisa berakibat fatal.

    5. Perhatikan Warna Pelek

    Warna kinclong memang cukup menggiurkan, tapi jika posisinya pelek dicat ulang maka perlu diperhatikan lebih teliti.

    Pengecatan ulang sah-sah saja, akan tetapi pelek yang dicat ulang biasanya dilakukan penjual nakal untuk menyamarkan kondisi pelek tersebut, pasca terjadi sesuatu seperti lecet atau beberapa bagiannya terkelupas.

    6. Cek ke Bengkel Ban

    Sebelum benar-benar yakin akan pelek yang akan dibeli, ada baiknya dilakukan pengecekan balancing. Tentu saja OLXer minta izin dulu ke penjualnya untuk membawa peleknya ya.

    OLXer sendiri punya tips lain untuk memilih pelek bekas? (Her)

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait