Kamis, Desember 9, 2021
OLX Auto
More
    MobilMobil Bekas6 Chevrolet Corvette Klasik yang Bisa Dibeli Super Sultan

    6 Chevrolet Corvette Klasik yang Bisa Dibeli Super Sultan

    Chevrolet Corvette merupakan mobil hasil racikan salah satu divisi perusahaan otomotif General Motor yang tak perlu diragukan lagi kemampuannya.

    Sejak tampil perdana pasca perang dunia pada tahun 1953 sebagai Project Opel dan prototipe buatan tangan pertama, mobil ini langsung menyedot perhatian khalayak, dan desainnya terus berevolusi sehingga menjadikannya America's Sports Car atau mobil sport Amerika.

    Chevrolet Corvette kini sudah memasuki generasi ketujuh. Memiliki desain lebih keren ditambah teknologi dan fitur modern, membuat mobil ini selalu tampak menarik.

    Namun OLXer harus tahu, meski model terbaru lebih keren, canggih dan modern, tapi untuk urusan harga termahalnya merupakan mobil-mobil Chevrolet Corvette edisi lawas.

    Seperti dilansir Carbuzz, di sebuah acara lelang, beberapa Chevrolet Corvette telah jadi menjadi mobil paling mahal. Nah, OLXer mau tahu model Chevrolet Corvette mana saja, berikut daftarnya.

    1. Chevrolet Corvette Convertible

    Chevrolet Corvette
    kabin Chevrolet Corvette Convertible

    Pada tahun pertama sekitar 1953, Corvette hanya dibuat  sebanyak 300 dan semuanya didukung mesin 'Blue Flame' enam silinder berkapasitas 3,9 liter yang menghasilkan daya 150 tenaga kuda. Corvette generasi pertama ini adalah sasis dengan nomor #181 dan dijual pada tahun 2014 seharga US$ 660 ribu atau sekitar Rp 9,5 miliar melalui rumah lelang Barrett-Jackson. Mungkin jika saat ini dijual, harga mobil ini akan lebih mahal lagi.

    Disebutkan, mobil ini jadi salah satu yang memiliki tampilan paling orisinil, mulai dari cat eksterior, interior, hingga kondisi ban. Selain itu jarak tempuh mobil ini baru hanya 9.260 mil.

    2. Chevrolet Corvette Z06 Tanker

    Chevrolet Corvette Z06 Tanker
    Chevrolet Corvette Z06 Tanker. (Mecum)

    Mobil Chevrolet Corvette termahal berikutnya dating dari generasi kedua (C2) Z06 Tanker. Corvette generasi ini juga dikenal dengan sebutan Stingray. Nama ini sengaja dikembangkan karena memiliki konsep mobil balap.

    Salah satu hal yang menarik dari Z06 Tanker adalah mobil bermesin L84 V8 yang menghasilkan daya 360 tenaga kuda memiliki tangki bahan bakar yang mampu menampung 36,5 galon besar yang disimpan terpisah.

    Soal harga, pada awal 2016, salah satu model Z06 lansiran 1963 dijual seharga US$710 ribu atau saat ini sekitar Rp 10,2 miliar melalui rumah lelang Mecum di acara Kissimmee.

    3. Chevrolet Corvette Rondine Edition

    Chevrolet Corvette Rondine Edition
    Chevrolet Corvette Rondine Edition. (Barrett-Jackson)

    Kolaborasi dalam mendesain mobil sudah dilakukan sejak lama. Hal ini pula menjadi kelahiran Corvette Rondine Edition pada tahun 1963, dimana rumah desain Pininfarina mendapatkan tugas untuk menggarapnya dan diperkenalkan di Paris Auto Show 1963.

    Disebutkan, Chevrolet Corvette hasil desain Pininfarina ini dijual pada tahun 2008 melalui rumah Barrett-Jackson dengan harga US$ 1,6 juta atau sekitar Rp 23,1 miliar.

    4. Chevrolet Corvette Rebel Race Car

    Chevrolet Corvette Rebel Race Car
    Chevrolet Corvette Rebel Race Car. (Barrett-Jackson)

    Chevrolet Corvette Rebel Race Car 1969 merupakan mobil yang digunakan untuk balapan dan memiliki pencapaian luas biasa, karena menang dalam gelar Daytona dan Sebring GT berturut-turut.

    Mobil ini memiliki corak livery yang memiliki arti  persahabatan antara tim balap amatir Florida dan tim balap Corvette.

    Chevrolet Corvette Rebel Race Car sempat dijual pada tahun 2014, dengan harga sekitar US$ 2,86 juta atau sekitar Rp 41,3 miliar.

    5. Chevrolet Corvette L88 Convertible

    Chevrolet Corvette L88 Convertible
    Chevrolet Corvette L88 Convertible. (Mecum)

    Chevrolet Corvette L88 Convertible lansiran 1967 mungkin saat ini bisa dikatakan mobil langka, karena sangat jarang ditemui. Hal ini diperkuat dengan catatan bahwa Corvette L88 versi Convertible hanya diproduksi cuma 20 unit.

    Corvette dengan atap terbuka ini disebutkan telah dibenamkan mesin V8 yang mampu menghasilkan daya hingga 430 Tk. Di atas kertas, mobil ini diklaim mampu berakselerasi dari 0 sampai seperempat dalam waktu 11,47 detik dan mampu melesat hingga 204 km per jam.

    Soal harga, Chevrolet Corvette L88 Convertible dibanderol U$ 3,4 juta atau sekitar Rp 49,1 miliar melalui rumah lelang Mecum.

    6. Chevrolet Corvette L88 Coupe

    Chevrolet Corvette L88 Coupe
    Chevrolet Corvette L88 Coupe. (Barrett-Jackson)

    Nah, harga Chevrolet Corvette terakhir yang paling mahal adalah tipe L88 Coupe dengan tahun produksi 1967 yang dibanderol sekitar US$ 3.85 juta atau sekitar Rp 55,6 miliar.

    Alasan mahalnya seri L88 sebenarnya karena model ini memiliki daftar sertifikasi dan penghargaan yang pernah diterima, seperti National Top Flight award (2001) and the National Corvette Restorers Society Regional Top Flight award. Selain itu, tipe ini jadi satu-satunya yang dibuat dengan  cat merah.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here