Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    Tips6 Hal Perlu Diperhatikan Ketika Membeli Mobil Klasik

    6 Hal Perlu Diperhatikan Ketika Membeli Mobil Klasik

    Meski mobil baru bermunculan, namun faktanya hal tersebut tak langsung membuat sejumlah orang meliriknya. Sebaliknya, masih banyak orang justru memilih mobil lawas atau klasik, meski berstatus bekas.

    Bahkan, wacana pembatasan mobil di atas usia 10 tahun di wilayah Jakarta, nyatanya ada juga tidak disetujui. Khususnya mereka yang benar-benar menyukai mobil klasik.

    Nah, bicara soal mobil bekas dan klasik, bagi orang awam, jika ingin memiliki mobil tersebut biasanya dianggap sulit. Jangankan membeli, memilih model atau tipe apa yang patut dilirik cukup bingung bahkan tergolong sulit.

    Nah, jika OLXer berminat mencari mobil klasik, berikut ini beberapa panduannya

    1. Tentukan Tujuan

    Ada baiknya ketika hendak memutuskan ingin membeli mobil klasik, maka perhatikan untuk apa mobil tersebut, apakah investasi, hobi, atau digunakan harian.

    Pada dasarnya, mobil klasik memang ada yang hanya dibeli untuk investasi, karena pabrikan membuat model atau tipe tertentu saja.

    Selain itu, ada juga mobil klasik dimiliki karena hobi. Biasanya mobil akan digunakan ketika event atau waktu tertentu. Sedangkan untuk harian, mungkin OLXer lebih perlu melakukan berbagai perawatan.

    2. Sabar

    Ketika ingin membeli mobil klasik ada baiknya sabar. OLXer juga jangan hanya fokus di satu lokasi penjual mobil bekas. Karena biasanya mobil klasik, mungkin ada di suatu tempat yang tidak terduga.

    3. Banyak Bertanya

    Mobil klasik terkadang ditemukan dengan kondisi tak lagi kinclong. Karena itu ada pepatah mengatakan, ‘Malu bertanya sesat di jalan’. Pepatah tersebut menyarankan kita untuk selalu bertanya.

    Artinya, cari informasi sebanyak-banyaknya tentang mobil yang akan dicari. Termasuk asal usul mengapa mobil tersebut diterlantarkan atau dijual sang pemilik.

    Selain itu, bisa juga OLXer bertanya kepada orang tua. Tentu saja yang hobi otomotif. Karena bukan tak mungkin mereka lebih tau soal mobil jadul dibandingkan Anda.

    4. Cari Mobil Klasik Spesial atau Langka

    Jika memang ingin tampil berbeda, tak ada salahnya mencari mobil special edition atau limited edition. Dengan status tersebut, tentunya ada hal unik, berbeda dan sengaja  diterapkan produsen ketika membuatnya.

    Hanya saja, satu hal yang perlu diketahui, harga mobil dengan varian special edition atau limited edition akan lebih mahal dari model standar.

    5.  Tentukan Budget

    Tak sedikit mobil klasik harganya justru selangit mirip atau melebihi harga mobil baru. Hal ini, dikarenakan mobil klasik banyak dicari, dan harga di pasaran gelap.

    Artinya, mobil klasik bisa saja dijual murah atau sebaliknya, sangat mahal. Karena itu, tentukan budget yang akan dikeluarkan.

    6.  Teliti Memeriksa

    Jika sudah mendapatkan mobil yang diinginkan, ada baiknya melakukan berbagai pemeriksan secara detail, baik eksterior, interior, mesin hingga kelengkapan surat-suratnya.

    Apabila OLXer kurang percaya diri, tidak ada salahnya mengajak orang yang ahli dalam bidang otomotif untuk membantu melakukan pemeriksaan. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here