Sabtu, Januari 22, 2022
More
    Berita6 Hal yang Harus Dilakukan Jika Ingin Test Drive Mobil

    6 Hal yang Harus Dilakukan Jika Ingin Test Drive Mobil

    Ketika hendak membeli sebuah kendaraan baik mobil atau sepeda motor, sudah sepatutnya lakukan berbagai riset untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya.

    Yang tak kalah penting jika membeli mobil adalah, melakukan test drive atau uji coba mengendarainya. 

    Ya, test drive yang diberikan dealer jadi kesempatan untuk konsumen mengeksplor sebelum membeli mobil. Setidaknya kita bisa mengetahui kelebihan dan kelemahannya.

    Nah, OLXers yang dalam waktu dekat ingin membeli mobil, sebaiknya ketika melakukan test drive lakukan beberapa hal sebagai berikut;

    1. Lakukan di tempat parkir

    Ketika menguji mobil pertama kali, OLXers bisa melakukannya di tempat parkir. Karena jika dilakukan di jalan raya, hal itu memang penuh resiko. 

    Selain itu, ketika berada di lahan parkir, maka hal ini akan menjadi rutinitas yang akan dihadapi pengemudi, baik sebelum menyalakan atau mematikan mesin.

    Dengan menguji di tempat parkir, OLXers bisa memanfaatkan beberapa hal untuk melakukan parkir, termasuk memeriksa fitur-fitur yang membantu parkir, seperti kamera mundur atau sensor parkir.

    2.  Jangan ragu mencoba tombol atau fitur

    Sudah jadi hal biasa ketika calon konsumen meminta untuk test drive, maka kita perlu menguji fungsi fitur-fitur apa saja yang sesuai keinginan.

    Maka dari itu, tidak ada salahnya OLXers menguji beberapa bagian mulai dari tombol-tombol yang ada, hingga fitur-fitur apa saja yang dapat kita manfaatkan.

    3.  Bawa keluarga atau pasangan

    Mengemudi
    Ilustrasi mengemudi di jalan raya. (Shutterstock)

    Ketika melakukan test drive, tidak ada salahnya mengajak keluarga atau pasangan. Ini karena anggota keluarga kita yang ikut bisa sebagai bahan simulasi.

    Saat OLXers berada di kursi kemudi, maka tanya keluarga Anda apakah aman dan nyaman saat berada di kursi penumpang?

    4.  Coba lakukan pengereman

    Salah satu bagian mobil yang patut dilakukan pengujian saat test drive adalah bagian pengereman. Ya, pastikan sistem pengereman aktif dan berfungsi sebagaimana mestinya.

    OLXers juga bisa membejek pedal rem secara dalam. Hanya saja, cara tersebut jangan dilakukan di jalan raya, apalagi jam sibuk. Karena pasti akan membuat kemacetan.

    Dengan membejek rem, maka kita juga bisa mengetahui seberapa efektif mobil berhenti usai dipacu.

    5. Coba lebih dari satu mobil termasuk kompetitornya

    Terkadang ketika hendak menguji mobil, maka itulah pilihan yang kita mau. Namun begitu, OLXers tidak ada salahnya untuk menguji kompetitor agar dapat mengetahui seberapa hebat mobil lainnya.

    Disarankan, jika menguji mobil, OLXers bisa melakukannya pada dua mobil yang berbeda. Hal ini untuk mengetahui secara langsung perbedaan dari masing-masing mobil.

    6. Kenali mesin

    Saat membeli mobil, pastikan OLXers mengetahui dan mengenal seluk beluk mobil tersebut. Termasuk pada bagian mesin, apakah Anda sengaja memilih mesin bensin atau diesel.

    Ya, bukan tak mungkin ketika hendak mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis diesel, ehh… ternyata mereka lupa, sehingga justru menggunakan pertamax untuk bahan bakarnya. Tentu saja ini bisa membuat sistem bahan bakar pada mesin mengalami masalah.

    Baca juga  Pertengahan 2022, Honda dan Google Hadirkan Mobil Berteknologi Android Auto

    Nah, itulah beberapa hal yang harus dilakukan jika test drive. Menurut OLXers, kira-kira apa lagi ya?

    Jika OLXer ingin cepat menjual mobil bisa kunjungi di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here