Sabtu, Desember 4, 2021
OLX Auto
More
    Tips6 Hal yang Wajib Dilakukan Setelah Membeli Mobil Bekas

    6 Hal yang Wajib Dilakukan Setelah Membeli Mobil Bekas

    Membeli mobil bekas dengan usia di atas 10 tahun dianggap cukup mengkhawatirkan. Pasalnya, tak sedikit yang beranggapan bahwa mobil yang dibeli akan mengalami banyak masalah.

    Nah, menyoal masalah mobil bekas apalagi usianya sudah lebih dari 10 tahun, ternyata OLXer harus lebih ekstra melakukan perawatan agar kondisi mobil tetap prima.

    Jika OLXer memang baru membeli mobil bekas dengan usia lebih dari 10 tahun, ada baiknya lakukan hal-hal seperti di bawah ini.

    1. Tune Up

    Meski ketika membeli mobil bekas sudah dilakukan berbagai pengecekan. Namun begitu, ketika sampai di tangan, ada baiknya mobil langsung dilakukan tune up atau servis.

    Tune up atau servis memang sangat perlu dilakukan. Sebab dengan cara ini Anda bisa mengetahui informasi bagian-bagian apa saja yang harus segera diganti.

    Oia, lakukan tune up atau servis di bengkel terpercaya ya.

    2. Bushing

    OLXer juga harus mengganti bushing. Bagian komponen ini pasti ada disemua mobil. Sebab bushing merupakan komponen yang berbahan karet, sehingga memiliki usus batas pakai.

    Karena terbuat dari bahan karet yang dipadatkan, maka hal yang terjadi setelah lama dipakai yaitu mengalami getas dan retak.

    Salah satu letak bushing yaitu pada arm dimana bushing ini menghubungkan arm dengan sasis agar tidak terjadi gesekan antar logam.

    Jika bushing bermasalah, biasanya akan menimbulkan bunyi berdecit. Nah, jika itu terjadi berarti bushing sudah getas.

    3. Kaki-kaki

    Namanya mobil bekas, pasti sudah melalui banyak perjalanan. Nah, bagian mobil yang bisa disebut cape pada mobil bekas yaitu mulai dari suspensi, pelek, dan juga rem.

    Oia, selain itu gardan mobil juga perlu dilakukan pengecekan, karena komponen ini bekerja meneruskan tenaga mesin ke poros roda. Jadi, bagian ini juga sudah sering mengalami pergerakan yang cukup banyak.

    Komponen lainnya yang perlu dilakukan penggantian adalah tie rod. Komponen ini meneruskan pergerakan setir ke ban mobil.

    Ball joint juga perlu dilakukan pengecekan, karena komponen mempertahankan posisi as roda pada tempatnya ketika mobil berbelok. Ball joint juga mengikat dan menjadi sumbu Lower Arm atau as roda mobil

    4. Kelistrikan

    Sistem kelistrikan juga perlu dilakukan pengecekan, mulai dari baterai, kabel-kabel, sampai lampu. Selain itu, Anda juga perlu melakukan pengecekan ulang aliran-aliran

    5. Mesin

    Hal lainnya yang perlu dilakukan pengecekan jika membeli mobil bekas dengan usia cukup lama yaitu mesin.

    Ada beberapa bagian mesin yang menjadi biang kerok, antara lain karena masalah radiator, thermostat, water pump hingga timing belt.

    6. Spooring dan Balancing

    Apabila semua bagian sudah dilakukan pengecekan, tidak  ada baiknya lakukan Spooring dan Balancing. Sebab, Spooring dan balancing merupakan salah satu bagian dari servis rutin yang harus dilakukan pada mobil agar laju mobil tetap lurus dan mudah dikendalikan. (Her)

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here