Minggu, Desember 5, 2021
OLX Auto
More
    Berita6 Mobil Sport Jepang yang Jarang Diketahui Banyak Orang

    6 Mobil Sport Jepang yang Jarang Diketahui Banyak Orang

    Jepang jadi negara maju yang sukses khususnya dalam urusan otomotif. Hal ini dibuktikan dengan tingginya penjualan merek mobil negeri Sakura di sejumlah negara di dunia, tak terkecuali di Indonesia. 

    Oia, meski merek mobil Jepang sudah mendunia, namun ternyata ada beberapa jenis mobil buatan Jepang yang mampu melesat cepat tapi tidak diketahui banyak orang.

    Ya, mobil-mobil jenis sport ini lahir sekitar tahun 80-90’an, dimana ledakan perekonomi di Jepang pada periode itu meningkat sangat pesat, sehingga banyak pabrikan otomotif bereksperimen membuat mobil berjenis sport dan mewah.

    Kesempatan ini pun dimanfaatkan Honda yang menggarap sebuah mobil kencang yaitu Honda NSX, dan Toyota mengembangkan mobil mewah melalui merek Lexus, yaitu LS400.

    Namun perlu diketahui, di era tersebut ternyata ada beberapa model mobil sport yang ternyata masih jarang diketahui seperti dilansir Carbuzz, yaitu:

    Yamaha OX99-11 

    Yamaha 0X99-11
    Yamaha 0X99-11. (Yamaha)

    Yamaha memang dikenal sebagai pabrikan otomotif roda dua, serta produsen alat musik. Merek sepeda motor berlogo garpu tala ini juga tak perlu diragukan lagi kehebatannya, termasuk di ajang balap. 

    Namun yang OLXer perlu ketahui, pada tahun 1992 Yamaha mengembangkan mobil sport yang disebut Yamaha 0X99-11. 

    Mobil ini memang terinspirasi dari sebuah mobil balap F1. Hanya saja, desain Yamaha 0X99-11 memiliki kubah seperti pilot pesawat jet tempur. Ya, kokpit dengan yang menggelembung tersebut awalnya dirancang dengan kabin satu kursi namun akhirnya menjadi dua kursi tambahan yang kemungkinan digunakan untuk navigator saat balapan. 

    Yamaha 0X99-11 ini diketahui mengusung mesin V12 berkapasitas 3,5 liter berdaya 400 Hp yang diklaim mampu berakselerasi dari 0-100 km per jam dalam waktu 3,2 detik dan dapat menempuh kecepatan maksimal 350 km per jam dan dapat berakselerasi hingga kecepatan 100 km/jam dalam waktu 3,2 detik. 

    Mobil dengan pintu model sayap burung ini awalnya, memang akan diproduksi massal, namun karena perekonomian Jepang kala itu sedang bermasalah, maka proyek Yamaha 0X99-11 tidak masuk jalur produksi. 

    Alhasil Yamaha hanya membuat tiga model sebagai mobil contoh, dan kini semuanya cuma dipamerkan di sebuah museum di Iwata, Jepang.

    SARD MC8

    SARD MC8
    SARD MC8. (Shakotan Today)

    Nama mobil sport SARD MC8 mungkin paling jarang didengar di Indonesia. Namun begitu, nama SARD sendiri merupakan singkatan dari Sigma Advanced Racing Development yang dikenal sebagai tim balap dan pemasok suku cadang. Perusahaan ini juga diketahui sudah menjadi bagian besar dari sejarah balap dan supplier Toyota.

    SARD menjadi tim balap Jepang pertama yang lolos ke ajang Le Mans. Pada tahun 1990-an, SARD turut andil menggarap Toyota MR2 dengan mesin tengah yang digunakan untuk ajang balap ketahanan GT.

    Nah, SARD MC8 merupakan mobil yang dikembangkan pada tahun 1995 dengan mengusung mesin V8 berkapasitas 4.0 liter seperti yang digunakan dari Lexus LS 400. Mobil ini juga dibenamkan mesin turbo. 

    Beda dengan nasib Yamaha 0X99-11, SARD MC8 sempat diproduksi massal karena untuk memenuhi syarat homologasi balapan Le Mans. Hanya saja jumlah terbatas. 

    Kendati demikian SARD MC8 versi jalan raya ini hingga sekarang masih jarang terlihat. Jika pun melintas hanya sesekali saja. 

    Tommykaira ZZ 

    Tommykaira ZZ
    Tommykaira (RaceCarsDirect)

    Mobil sport buatan Jepang yang jarang diketahui banyak orang selanjutnya adalah Tommykaira yang dibuat antara tahun 1990-2000. Nama Tommykaira ini merupakan sebuah  perusahaan tuning ternama di Jepang. Nama Tommykaira sendiri diambil berdasarkan nama pendirinya, yaitu Yoshikazu Tomita dan Kikuo Kaira. 

    Untuk jantung pacunya, Tommykaira ZZ sudah disematkan mesin Nissan empat silinder berkapasitas 2.0 liter yang mampu menyemburkan daya hingga 190 Tk. Dengan mesin tersebut, Tommykaira ZZ dapat berakselerasi dari 0-100 km per jam hanya dalam waktu 4.0 detik.

    Meski Tommykaira ZZ terasa asing di telinga, namun bagi mereka yang bermain di video game Gran Turismo atau Forza, maka sudah tak asing. Perlu diketahui, TommyKaira ZZ sendiri sempat diproduksi dengan jumlah 200 uni dan diluncurkan pada tahun 1990 sampai 2000. 

    Mitsuoka Orochi 

    Mitsuoka Orochi
    Mitsuoka Orochi. (Mitsuoka)

    Mobil sport asal Jepang yang cukup diperhitungkan namun jarang diketahui orang berikutnya adalah Mitsuoka Orochi. Sejatinya, nama mobil ini berasal dari nama Mitsuoka yang merupakan perusahaan coachbuilding dan dikenal sebagai produsen yang menggarap mobil dengan gaya unik dan seringkali tidak konvensional. 

    Mitsuoka sendiri sebenarnya memiliki desain mobil seperti pada umumnya dan menjadikan beberapa pabrikan referensi, seperti Nissan dan Mazda, dan menggunakan platform Honda NSX untuk mobil Mitsuoka Orochi pada tahun 2021.

    Mitsuoka Orochi  yang dibuat sekitar 2006 dikenal dengan konsep mobil super fashion. Hal ini diimplementasikan melalui wujud interior kulit, panel bodi serat karbon, body kit, dan spoiler belakang, sementara untuk edisi khususnya hadir dengan sistem pembuangan dengan empat knalpot. 

    Nissan Autech Zagato Stelvio AZ1 

    Nissan Autech Zagato Stelvio AZ1 
    Nissan Autech Zagato Stelvio AZ1. (Bonhams)

    Nissan memang dikenal memiliki mobil sport Skyline. Namun selain itu, pada tahun 1980’an, Nissan juga memiliki mobil sport yang disebut Nissan Autech Zagato Stelvio AZ1.

    Mobil yang satu ini merupakan hasil kolaborasi antara Nissan, Autech dengan coachbuilder Italia Zagato. Kerjasama ketiga perusahaan ini pada dasarnya membuat mobil sport mewah khusus untuk pasar Jepang. 

    Nissan Autech Zagato Stelvio AZ1 mengusung mesin seperti Nissan Leopard yaitu disematkan mesin V6 ditambah turbocharger dengan kapasitas 3.0 liter. 

    Saat kemunculannya, Nissan Autech Zagato Stelvio AZ1 merencanakan setidaknya 200 unit diproduksi, akan tetapi karena harganya tergolong mahal, maka permintaan hanya sebanyak 104 uni.

    Toyota 222D

    Toyota 222D
    Toyota 222D. (Toyota)

    Selain Toyota Supra dan 86, mobil sport yang dikembangkan Toyota yaitu 222D. Mobil ini sudah dilengkapi mesin 4T-GTE turbocharged 4 silinder berkapasitas 2.2 liter yang menghasilkan daya hingga 750 Tk. 

    Oia, mobil ini ikut dalam ajang reli Grup B. Maka dari itu, Toyota 222D sempat dibuat versi jalan raya sebanyak 200 unit untuk mematuhi homologasi. Hanya saja saat itu mobil dibuat lebih terbatas lagi yaitu tidak lebih dari 20 unit. 

    Bahkan, dari 11 mobil yang sempat dibuat untuk balap, hanya dua unit yang selamat, dan satu unit disimpan di Toyota Motorsport di Cologne, Jerman.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here