Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    Tips6 Risiko Selalu Lupa Ganti Oli

    6 Risiko Selalu Lupa Ganti Oli

    Lupa, jadi salah satu alasan yang sering diungkapkan seseorang. Bahkan pemilik mobil sekalipun kerap mengaku lupa, bahwa tunggangan yang digunakan sehari-hari butuh perawatan.

    Jika lupa selalu melakukan perawatan mobil, masalah-masalah biasanya akan timbul. Salah satu yang sering lupa pada pemilik mobil adalah mengganti oli. 

    Padahal, pabrikan otomotif sendiri menganjurkan ada baiknya ganti oli dilakukan selama enam bulan sekali atau 10 ribu kilometer (mana yang lebih dulu). Jika tidak tentu resikonya ditanggung sendiri.

    Nah, kali ini News OLX akan membahas resiko-resiko yang akan terjadi jika telat ganti oli, antara lain:

    1. Muncul Suara Kasar

    Awal masalah oli lupa diganti, selain kurang tenaga, suara mesin jadi berisik dan terasa getaran. Perlu dicatat, keberadaan oli juga mampu meredam suara karena adanya gesekan komponen mesin. Dengan adanya oli, maka suara mesin akan lebih halus.

    2. Kurang Tenaga

    Oli mobil telat diganti bisa membuat tenaga berkurang. Hal ini karena kualitas oli yang  seharusnya melumasi komponen yang terbuat dari bahan logam untuk mesin, tidak bekerja dengan baik.

    Belum lagi oli jarang diganti bisa membuat kompresi mesin jadi rendah lantaran silinder dan piston jadi  bermasalah, sehingga tidak menghasilkan tenaga secara optimal.

    3. Komponen Rusak

    Oli atau pelumas memiliki masa pakai. Bahkan oli bisa berubah warna dan berubah bentuknya, terlebih ketika mobil sering dipakai namun lupa diganti, maka oli akan mengental dan berkerak

    Nah, apabila oli selalu lupa diganti, maka fungsi oli yang seharusnya memiliki daya pelumas baik, justru tidak terealisasi. Padahal oli juga bekerja untuk merapatkan celah antara silinder dan piston.

    Hasilnya karena tak ada pelumas, maka gesekan antara komponen berbahan logam akan terjadi, lalu lama kelamaan akan merembet ke sejumlah komponen lain, sehingga panas dan ikut rusak.

    4. Overheat

    Fungsi oli tak hanya sekadar melumasi mesin, namun juga bisa sebagai pendingin. Secara umum mesin yang sedang beroperasi akan terjadi gesekan dan menghasilkan suhu panas. Apalagi kalau oli yang dipakai sangat lama dan jarang diganti.

    Karena itu, oli dapat memindahkan panas mesin ke daerah yang lebih dingin dan juga bisa meminimalisir munculnya panas karena adanya gesekan.

    5. Oli Kental dan Warnanya Pekat

    Oli juga berkurang. Apalagi OLXer jarang melakukan pengecekan. Oli dipakai terlalu lama juga bisa mengendap dan warnanya akan pekat. Padahal warna oli baru tidak seperti itu.

    Oli yang sudah mengalami perubahan warna dan bentuk ini tak mampu melumasi komponen mesin dengan baik dan benar. Sebaliknya oli menggumpal justru akan membuat mesin jadi kotor.

    6. Boros Bahan Bakar

    Jika oli lupa diganti akan mengalami masalah pada komponen mesin, tentu saja kinerja mesin dan tenaganya menurun. Di satu sisi, usaha mesin yang menurun karena terus dipaksakan, maka membutuhkan bahan bakar yang juga besar untuk menghasilkan tenaga lebih besar lagi. Alhasil, bisa disebut, bahan bakar akan lebih boros. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here