Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    Motor7 Alasan Sepeda Motor Jadi Pilihan Masyarakat Indonesia

    7 Alasan Sepeda Motor Jadi Pilihan Masyarakat Indonesia

    Pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi penjualan otomotif tak terkecuali sepeda motor. Menurut data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), pada tahun 2020, penjualan sepeda motor di Tanah Air hanya mencapai 3,660.616 juta unit.

    Sementara Januari-Juni 2021, penjualan sepeda motor saat ini tercatat hanya 2.450.088 unit. AISI selaku payung para pengusaha  sepeda motor, rupanya belum mau menargetkan penjualan tinggi dan hanya memprediksi sekitar 4,3 juta sampai 4,6 juta unit sepeda motor. Tentu saja, dengan asumsi rata-rata penjualan motor sebanyak 400 ribu unit.

    Seperti diketahui, merosotnya penjualan sepeda motor ini jika dilihat secara total penjualan lebih kecil dibandingkan pada tahun sebelum pandemi melanda. Bahkan penjualan sepeda motor ini lebih kecil dalam 16 tahun lalu atau pada 2004 yang mencapai 3.887.678 unit

    Sementara itu, menurut AISI, pada 2019 penjualan sepeda motor domestik laku 6.487.460 unit, lalu pada 2018 mencapai 6.383.108 unit, serta pada 2017 yang terjual 5.886.103 unit.

    Nah, jika penjualan sepeda motor dibandingkan dengan mobil secara nasional maka total volume sangat jauh. Karena selama pandemi saja, pada tahun 2020 jualan mobil hanya sebanyak setengah juta unit, sementara si kuda besi mencapai 3,6 juta unit.

    Bicara soal sepeda motor, alat transportasi memang sangat diandalkan dan dibutuhkan masyarakat di kota maupun desa. Meski ada transportasi umum, nyatanya banyak orang menganggap bahwa memilikinya sendiri akan lebih efektif dan dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

    Motor atau mobil, kerap menjadi pertimbangan sebelum membeli kendaraan. Ada kalanya, OLXer menganggap mobil lebih nyaman untuk dikendarai, bahkan saat hujan tak kehujanan, dan saat panas tidak kepanasan.

    Namun di sisi lain, seperti dilansir dealer Wahana Honda sepeda motor juga menguntungkan karena beberapa hal, seperti di bawah ini.

    1. Harganya Lebih Murah

    Bagi OLXer yang merasa butuh kendaraan untuk beraktivitas sehari-hari namun memiliki dana terbatas, sepeda motor bisa jadi salah satu solusi yang tepat.

    Nggak perlu merogoh kocek terlalu banyak, sudah dapat memiliki unit kendaraan dibandingkan mobil. Dengan banyaknya penawaran cicilan yang semakin mudah untuk didapatkan, Anda bisa mengambilkan tanggungan jangka pendek sambil menabung untuk kebutuhan lainnya.

    2. Lebih Hemat Bahan Bakar

    Sepeda motor isi bahan bakar
    Ilustrasi pengendara sepeda motor sedang melakukan pengisian bahan bakar di SPBU. (Shuttertstock)

    Selain harga lebih murah, sepeda motor juga lebih hemat dalam penggunaan bahan bakar. Untuk mencapai jarak yang sama, OLXer nggak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mengisi bensin.

    Bayangkan saja, jika OLXer mengisi bahan bakar untuk tujuan kantor di Jakarta setidaknya Rp 100 ribu, kemungkinan habisnya bisa 1-2 hari. Itu pun jika tidak padat merayap. Sebaliknya Rp 100 ribu untuk membeli bahan bakar bisa lebih dari seminggu.  

    Hal ini sangatlah penting jika rutin menggunakannya setiap hari untuk jarak tempuh yang agak jauh. Maka OLXer masih bisa menyisihkan pendapatan untuk tabungan dan hiburan lainnya.

    3. Lebih Praktis Saat Berkendara

    Nggak hanya di kota-kota besar, sebab daerah kecil kini mengalami kemacetan akibat banyaknya kendaraan yang menumpuk.

    Namun, jika menggunakan sepeda motor, maka ukurannya yang ramping, membuat kendaraan ini bisa mengakali kemacetan dengan mencari jalan pintas! Hal ini tentu sulit dilakukan jika menggunakan mobil dengan ukuran yang lebar.

    Pasalnya, jalan pintas yang bebas macet seringkali hanya bisa dilalui oleh sepeda motor. Selain itu, badan motor yang cenderung kecil memungkinkan OLXer untuk terbebas dari antrian macet dengan memanfaatkan sisa lebar jalan yang ada di sebelah mobil.

    4. Lebih Praktis Saat Mencari Parkir

    parkiran sepeda motor
    Ilustrasi pengendara sepeda motor sedang mencari tempat parkir. (Shutterstock)

    Dengan ukurannya yang cenderung kecil, sepeda motor lebih menghemat tempat dibandingkan mobil. Hal ini akan memudahkan untuk mencari tempat parkir atau tempat berhenti tanpa harus mengganggu lalu lintas.

    Sebaliknya, badan mobil yang lebih besar membuat pengendara sulit menemukan tempat parkir yang cukup dan aman. Sedangkan, pengendara motor hanya memerlukan ruang kecil untuk bisa parkir!

    5. Biaya Parkir Lebih Hemat

    Kabar gembira lainnya, juga nggak perlu khawatir soal biaya parkir motor! Biaya parkir motor per-jam nya lebih murah dibandingkan dengan parkir mobil yang kerap menguras kocek.

    Setidaknya, dengan sepeda motor banyak alokasi dana untuk keperluan lain.

    6. Mudah Dibawa Ketika Mogok atau Kempes Ban

    Siapa yang nggak jengkel ketika kendaraannya mogok tiba-tiba? Atau ketika mengalami kempes ban di tengah perjalanan? Jika OLXer menggunakan motor, maka tidak perlu merasa kesulitan! Pasalnya, bisa dengan mudah menemukan tempat tambal ban di sekitar jalan yang dilalui.

    Pengerjaannya tambal ban tidak memakan waktu lama hingga siap mengendarainya kembali. Nggak perlu minta bantuan banyak orang untuk mendorong kendaraan besar, karena cukup menuntunnya ke bengkel terdekat untuk segera memeriksa kendaraan.

    7. Dapat Melatih Koordinasi dan Keseimbangan

    Percaya atau nggak, mengendarai sepeda motor ternyata juga memberikan dampak positif bagi tubuh, lho! Ketika terbiasa untuk mengendarai sepeda motor secara baik dan benar, tanpa sadar, OLXer juga melatih koordinasi dan keseimbangan tubuh saat mengendalikan rem dan tuas kopling.

    Gerakan tubuh ketika mengendalikan stang saat berbelok dan melaju pelan pun juga dapat mengendalikan keseimbangan tubuh agar nggak terjatuh! 

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here