Jumat, Maret 29, 2024
Lainnya
    Tak Berkategori7 Cara Memilih Motor Bekas Agar Tak Menyesal

    7 Cara Memilih Motor Bekas Agar Tak Menyesal

    Sepeda motor kini menjadi kebutuhan masyarakat di Indonesia. Sepeda motor memang dianggap sebagai alat transportasi yang mudah digunakan dan sangat fleksibel. Namun OLXer tahukah, bahwa permintaan akan sebuah sepeda motor tidak hanya jenis baru saja, tetapi dengan status bekas pun tetap banyak peminatnya.  

    Jika OlXers memang ingin mencari sepeda motor bekas, jangan hanya dilihat sebelah mata saja. Seperti hanya wujudnya yang kinclong atau hanya sebatas harga yang murah.

    Berikut ini tips cara memilih motor bekas yang bisa OLXer terapkan untuk beli motor bekas berkualitas. Berikut tahapannya:

    1. Sesuaikan Bujet!

    Hal pertama yang harus diperhatikan saat beli sepeda motor bekas adalah keuangan. Sebaiknya, sesuaikan kemampuan finansial dengan harga jual dari motor second yang diinginkan. Jika hanya memiliki bujet sebesar Rp 5 juta, hindari motor bekas yang dibanderol dengan harga Rp 9 juta. Bijaklah dalam memilih motor yang sesuai dengan bujet.

    2. Menentukan Fungsi dan Tujuan

    Jika sudah menentukan bujet, selanjutnya harus memikirkan fungsi dan tujuan membeli motor second tersebut. Tentukan pemakaian motor untuk transportasi sehari-hari atau lainnya.

    3. Memilih Jenis Motor

    Tentukan jenis motor yang ingin dibeli. Banyaknya jenis motor yang dijual di pasaran, seperti motor bebek, matik, hingga sport tentunya membuat OLXer harus menentukan pilihan kendaraan sesuai dengan kebutuhan.

    Baca juga: Harga Honda Scoopy 2023 dan Spesifikasi Lengkapnya

    4. Mencari Informasi Spesifikasi Motor yang Diinginkan

    Apakah sudah memiliki pilihan motor bekas? Jika sudah, saatnya mulai mencari informasi mengenai spesifikasi lengkap dari motor incaranmu.

    Carilah sedetail mungkin agar tidak menyesal di kemudian hari, misalnya performa motor, kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, atau pemakaian bahan bakarnya.

    5. Mengecek Harga Pasar dari Motor yang Ingin Dibeli

    Setelah mengetahui spesifikasinya, maka saatnya untuk mencari tahu kisaran harga dari motor tersebut. Jika harga motor sesuai dengan bujet yang dimiliki, lanjutkan proses dengan pergi ke dealer. Namun, jika tidak sesuai bisa mencari motor lain dengan bujet yang dimiliki

    6. Cari Dealer Motor Bekas Tepercaya

    Bisnis jual beli motor bekas sudah banyak ditemukan. Banyak dealer yang menawarkan promo menarik, seperti harga di bawah pasaran, pembayaran dengan kredit, dan masih banyak lainnya. Hal terpenting yang harus diperhatikan saat ingin membeli motor bekas adalah mencari dealer tepercaya.

    Pastikan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dealer tersebut. Di sinilah pentingnya mengetahui harga pasar dari motor yang diingikan sehingga tidak mudah tertipu dengan dealer yang dengan sengaja menaikkan harga motor. Selain itu, jangan mudah tergiur dengan promo harga di bawah pasaran karena ini bisa jadi boomerang buat kamu nantinya.

    7. Pastikan Motor Memiliki Riwayat Baik

    Jika semua aspek sudah terpenuhi dan berhasil menemukan penjual yang menawarkan motor bekas sesuai, sekarang saatnya untuk melihat riwayat dari kendaraan tersebut.

    Sebagai pembeli, OLXer harus bersikap cermat untuk memastikan bahwa motor tersebut memiliki riwayat yang baik. Jangan sampai motor tersebut adalah sitaan, curian, atau barang jaminan.

    Jangan lupa juga untuk memastikan apakah motor tersebut pernah mengalami kerusakan yang cukup parah karena benturan atau tidak. Jika pernah, sebaiknya mencari penjual lain yang menawarkan motor dengan riwayat lebih baik. Namun jika tidak, bisa menerima konsekuensi jika mengambil motor tersebut.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait