Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    Tips7 Cara Memilih Motor Bekas Agar Tak Menyesal

    7 Cara Memilih Motor Bekas Agar Tak Menyesal

    Sepeda motor kini menjadi kebutuhan masyarakat di Indonesia. Permintaan akan si kuda besi ini memang cukup tinggi, tidak hanya di perkotaan tapi juga di pedesaan.

    Ya, sepeda motor memang dianggap sebagai alat transportasi yang mudah digunakan dan sangat fleksibel. Namun OLXer tahukah, bahwa permintaan akan sebuah sepeda motor tidak hanya jenis baru saja, tetapi dengan status bekas pun tetap banyak peminatnya.

    Oia OLXer, jika memang ingin mencari sepeda motor bekas, jangan hanya dilihat sebelah mata saja. Seperti hanya wujudnya yang kinclong atau hanya sebatas harga yang murah.

    Sebaliknya, ada banyak banyak hal yang harus OLXer ketahui ketika hendak membeli sebuah sepeda motor bekas, agar tidak tertipu apalagi menemui oknum penjual nakal, yang mencari keuntungan namun barang yang ditawarkan tak sebanding.

    Seperti dilansir dealer sepeda motor Wahana Honda, dari segi harga yang ditawarkan motor bekas lebih murah dibandingkan motor baru. Namun, hal inilah yang membuat OLXer harus lebih teliti dalam memerhatikan setiap aspek.

    Ya, meskipun bekas, bukan berarti asal-asalan dalam memilihnya. Sebab memilih kendaraan bekas berkualitas adalah hal mutlak agar tidak sia-sia mengeluarkan uang. Pastikan untuk selalu menjadi konsumen yang cerdas dengan mempertimbangkan segala aspek.

    Nah, agar tidak tertipu, berikut ini tips jitu yang bisa OLXer terapkan untuk beli motor bekas berkualitas. Berikut tahapannya:

    1. Sesuaikan Bujet!

    Hal pertama yang harus diperhatikan saat beli sepeda motor bekas adalah keuangan. Sebaiknya, sesuaikan kemampuan finansial dengan harga jual dari motor second yang diinginkan. Jika hanya memiliki bujet sebesar Rp 5 juta, hindari motor bekas yang dibanderol dengan harga Rp 9 juta. Bijaklah dalam memilih motor yang sesuai dengan bujet.

    2. Menentukan Fungsi dan Tujuan

    Jika sudah menentukan bujet, selanjutnya harus memikirkan fungsi dan tujuan membeli motor second tersebut. Tentukan pemakaian motor untuk transportasi sehari-hari atau lainnya.

    3. Memilih Jenis Motor

    Tentukan jenis motor yang ingin dibeli. Banyaknya jenis motor yang dijual di pasaran, seperti motor bebek, matik, hingga sport tentunya membuat OLXer harus menentukan pilihan kendaraan sesuai dengan kebutuhan.

    4. Mencari Informasi Spesifikasi Motor yang Diinginkan

    Apakah sudah memiliki pilihan motor bekas? Jika sudah, saatnya mulai mencari informasi mengenai spesifikasi lengkap dari motor incaranmu.

    Carilah sedetail mungkin agar tidak menyesal di kemudian hari, misalnya performa motor, kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, atau pemakaian bahan bakarnya.

    5. Mengecek Harga Pasar dari Motor yang Ingin Dibeli

    Setelah mengetahui spesifikasinya, maka saatnya untuk mencari tahu kisaran harga dari motor tersebut. Jika harga motor sesuai dengan bujet yang dimiliki, lanjutkan proses dengan pergi ke dealer. Namun, jika tidak sesuai bisa mencari motor lain dengan bujet yang dimiliki

    6. Cari Dealer Motor Bekas Tepercaya

    Bisnis jual beli motor bekas sudah banyak ditemukan. Banyak dealer yang menawarkan promo menarik, seperti harga di bawah pasaran, pembayaran dengan kredit, dan masih banyak lainnya. Hal terpenting yang harus diperhatikan saat ingin membeli motor bekas adalah mencari dealer tepercaya.

    Pastikan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dealer tersebut. Di sinilah pentingnya mengetahui harga pasar dari motor yang diingikan sehingga tidak mudah tertipu dengan dealer yang dengan sengaja menaikkan harga motor. Selain itu, jangan mudah tergiur dengan promo harga di bawah pasaran karena ini bisa jadi boomerang buat kamu nantinya.

    7. Pastikan Motor Memiliki Riwayat Baik

    Jika semua aspek sudah terpenuhi dan berhasil menemukan penjual yang menawarkan motor bekas sesuai, sekarang saatnya untuk melihat riwayat dari kendaraan tersebut.

    Sebagai pembeli, OLXer harus bersikap cermat untuk memastikan bahwa motor tersebut memiliki riwayat yang baik. Jangan sampai motor tersebut adalah sitaan, curian, atau barang jaminan.

    Jangan lupa juga untuk memastikan apakah motor tersebut pernah mengalami kerusakan yang cukup parah karena benturan atau tidak. Jika pernah, sebaiknya mencari penjual lain yang menawarkan motor dengan riwayat lebih baik. Namun jika tidak, bisa menerima konsekuensi jika mengambil motor tersebut.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here