Jumat, Maret 29, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriMinimalisir Dampak Gempa, Pastikan Perluasan Jaminan Asuransi Kendaraan

    Minimalisir Dampak Gempa, Pastikan Perluasan Jaminan Asuransi Kendaraan

    Gempa berkekuatan 5 magnitudo baru-baru ini mengguncang wilayah Sukabumi, Jawa Barat. Dahsyatnya kekuatan guncangan tersebut juga terasa sampai ke wilayah DKI Jakarta.

    Bahkan disebut, ini yang terbesar sepanjang 19 tahun terakhir di wilayah tersebut.

    Ratusan rumah dikabarkan rusak akibat efek gempa tersebut. Begitu juga dengan kendaraan-kendaraan yang berada dekat lokasi gempa, meski tidak ada laporan detil terkait hal itu.

    Urusan kendaraan, khususnya mobil yang mengalami kerusakan akibat bencana gempa bumi, secara prinsip kerugiannya bisa dicover oleh perusahaan asuransi.

    Asal….. sudah diperluas jaminannya dalam polis asuransi yang dibeli.

    “Khusus untuk asuransi mobil, Pelanggan terlebih dahulu sudah memiliki jaminan perluasan untuk gempa. Karena risiko gempa merupakan jaminan tambahan dari jaminan dasar asuransi mobil,” jelas Julian Noor, Direktur Utama PT. Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance), Rabu (11/3/2020). 

    Bila sudah dipastikan ikut perluasan jaminan di dalam polis, hal selanjutnya yang perlu dilakukan oleh pemilik mobil yang terkena imbas gempa adalah mengajukan klaim ke pihak asuransi.

    “Jangan sampai terlambat untuk melaporkan klaim kerusakan mobil, maksimal 5 hari setelah kejadian agar klaim tetap diterima. Pelanggan cukup melaporkan klaim kendaraan yang rusak menggunakan Autocillin Mobile Claim Application,” jelas Julian.

    Terakhir, ia juga memberikan tips agar tetap berpikiran positif dan jangan panik apabila terjadi musibah gempa bumi. 

    Untuk meminimalisir dampak gempa, berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum, saat dan setelah gempa terjadi.

    1. Perhatikan wilayah Anda apakah rawan gempa atau tidak

    Hal utama dalam memilih tempat tinggal atau bekerja perhatikan apakah wilayah tersebut merupakan daerah rawan gempa. Apabila di wilayah tersebut merupakan daerah rawan gempa ada baiknya pahami karakteristik gempa yang meliputi skala gempa, frekuensi, dan tingkat kerusakan yang terjadi sebelumnya.

    2. Simpan nomor-nomor penting

    Pastikan Anda atau keluarga menyimpan nomor penting seperti kepolisian, ambulance, SAR hingga contact center perusahaan asuransi Anda. Anda juga dipastikan menyiapkan daftar alamat kantor aparat terkait kebencanaan seperti kantor desa, kecamatan, maupun PMI.

    3. Pertahanan saat berada di dalam ruangan

    Apabila Anda berada di dalam rumah segera cari tempat berlindung seperti di bawah meja dengan memegang kaki meja. Jangan lupa lindungi kepala Anda, bisa menggunakan tas, bantal bahkan tangan Anda. Anda juga harus menjauhkan diri dari benda pecah belah, lemari, dan semua benda yang bisa menimpa Anda seperti lemari, rak buku, dan jendela kaca. Waspada terhadap langit-langit rumah yang berisiko runtuh.

    4. Pertahanan saat berada di luar bangunan 

    Jika Anda berada di area terbuka hindari bangunan tinggi, tembok, pusat listrik ,maupun tiang listrik. Anda segeralah mencari tempat terbuk seperti lapangan. Namun hindari jurang atau lereng yang curam karena berpotensi longsor lebih besar.

    5. Pertahanan saat berada di dalam kendaraan

    Apabila Anda berada di dalam kendaraan segera hentikan kendaraan Anda dan hindari jembatan atau terowongan. Setelah itu menjauh dari mobil untuk menghindari terjadinya pergeseran atau kebakaran. 

    6. Setelah gempa terjadi segera evakuasi Anda dan keluarga

    Keluar dengan hati-hati untuk menghindari puing-puing yang akan menimpa Anda maupun keluarga. Segera evakuasi anak-anak, wanita, manula ke tempat umum atau posko. Periksa pula benda yang berisiko menimbulkan api dan jalur pipa gas jika ada kebocoran. Menetap di posko apabila terjadi gempa susulan. Dan apabila terjadi kerugian pada aset Anda segera laporkan klaim kepada pihak asuransi.

    7. Pastikan memiliki asuransi yang melindungi dari risiko gempa bumi

    Untuk meminimalisir kerugian yang Anda tanggung, pastikan aset-aset seperti tempat tinggal maupun kendaraan dilindungi oleh asuransi yang mempunyai jaminan dari risiko gempa bumi. Tidak hanya itu, Anda juga harus mempelajari bagaimana melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan dan berikan informasi tentang upaya penyelamatan kepada seluruh anggota keluarga jika terjadi gempa.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait