Sabtu, Desember 4, 2021
OLX Auto
More
    Tips7 Cara Merawat Pintu Sliding Door Mobil

    7 Cara Merawat Pintu Sliding Door Mobil

    Desain model pintu poros depan pada sebuah mobil sudah jamak digunakan di seluruh dunia. Hal ini karena model pintu poros depan dianggap cukup aman apabila ketika pintu dibuka kemudian tertiup angin.

    Namun di Indonesia, selain model pintu poros depan, desain model sistem pintu geser atau sliding door juga cukup familiar walau jumlahnya tidak banyak.

    Mobil dengan pintu geser memiliki beberapa kelebihan mulai dari akses keluar masuk penumpang lebih mudah, bisa parkir di tempat yang sempit karena pintu tidak membuka seperti model poros depan.

    Selain itu, seperti dilansir Mobil88, mobil dengan pintu geser kini sudah canggih, karena ada sistem elektrik. Bahkan mengoperasikannya cukup menekan tombol atau hanya menyentuh handle pintu, maka pintu akan otomatis terbuka atau tertutup.

    Pintu geser otomatis bisa terjepit? Tenang, mobil dengan pintu geser saat ini sudah memiliki sensor yang dapat membaca benda atau anggota tubuh, sehingga dapat meminimalisir insiden tersebut.

    Namun yang perlu OLXer ketahui, pintu geser juga harus dilakukan perawatan, dengan cara seperti di bawah ini:

    1. Perhatikan kondisi rel dan bearing. Kedua komponen ini kerap mengalami masalah pada pintu geser karena sering dibuka dan ditutup. Oleh karena itu, berikan pelumasan atau gemuk (grease) tanpa kandungan oli secukupnya.

    2. Pastikan area rel bersih. Pintu geser seringkali macet, hal itu dikarenakan rel kotor sehingga bearing sulit bergerak yang kemudian menyebabkan macet.

    Membersihkan rel sangat mudah, yaitu cukup menggunakan lap bersih, sapu kecil, atau kompresor kecil dan semprotkan cairan khusus untuk membersihkan roller.

    3. Perhatikan karet pintu. Karet pintu berfungsi menghalau air masuk atau mencegah hawa panas, atau menepis kotoran. Masalah yang sering terjadi pada karet sendiri yaitu getas atau retak ketika lama dipakai. 

    4. Buka pintu sesuai kebutuhan. Maksudnya, jangan terlalu lama membuka pintu, karena debu akan mudah menempel sehingga pintu akan sulit digeser. Sebisa mungkin membuka hingga penuh.

    5. Hindari benturan keras. Jika pintu geser terkena benturan, bukan tak mungkin menyebabkan beberapa bagian rusak, mulai dari pengait rel, pengait pintu dan lainnya lantara tidak pas atau mengalami pergeseran.

    6. Keringkan jika terkena air. Air bisa masuk melalui celah-celah walau volumenya sangat sedikit, baik ketika hujan atau saat mencuci. Maka dari itu ada baiknya keringkan menggunakan lap.

    7. Jika menggunakan pintu geser elektrik, jangan menghentikan laju pintu ketika sedang beroperasi. Hal ini bisa merusak motor elektrik. Selain itu, hindari buka tutup pintu geser elektrik pada saat mesin mati. Sebab hal tersebut dapat menyebabkan aki tekor.

    Nah, gimana nih OLXer cukup mudahkan merawat pintu geser.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here