Senin, November 29, 2021
OLX Auto
More
    Tips7 Cara Mudah Membersihkan Jok Mobil Ketika di Rumah

    7 Cara Mudah Membersihkan Jok Mobil Ketika di Rumah

    Merawat bagian mobil jangan hanya bodi atau mesin saja, tetapi yang patut diperhatikan yaitu pada bagian jok. Sebab, jok bisa memberikan kenyamanan bagi pengemudi maupun penumpang.

    Ya, jok juga perlu mendapatkan perawatan, karena sadar atau tidak, pengemudi maupun penumpang pasti pernah melakukan kesalahan seperti menumpahkan makanan, minuman, atau membuat jok kotor dan robek lantaran satu dan lain hal.

    Belum lagi penumpang anak-anak. Tak menutup kemungkinan anak-anak  di dalam mobil cukup banyak aktifitas, tidak terkecuali mereka yang sedang gemar menggambar, termasuk menggunakan jok sebagai kanvas.

    Nah, berikut ini beberapa cara merawat jok mobil.

    Pertama, jika jok terkena noda tinta pulpen, baik nya langsung dibersihkan. Bila tidak, maka akan sulit untuk menghilangkannya. 

    Kedua, untuk membersihkan jok ada beberapa perlengkapan juga harus dipersiapkan, mulai dari vacuum cleaner, lap microfiber, plas chamois, air, detergen, dan cairan pembersih jok. Beberapa perlengkapan ini cukup ampuh lho.

    Sebut saja fungsi vacuum cleaner, alat ini bisa dilakukan untuk pertama kali dalam tahap membersihkan. Dengan vacuum cleaner, hal ini dapat membantu menyedot debu dan kotoran kecil yang sifatnya kering.

    Ketiga, penggunaan detergen memang dianggap berguna untuk membersihkan noda. Akan tetapi tak semua bahan termasuk untuk jok bisa dibersihkan dengan detergen. Apalagi tidak sesuai aturan, karena bisa jadi membuat jok jadi lebih tambah masalah.

    Keempat, untuk bahan Genuine Leather atau kulit asli, cukup bersihkan dengan menggunakan vacuum cleaner, dan setelah itu bahan plas chamois (bisa juga menggunakan merk Kanebo) lembab atau yang sudah basah digunakan untuk membasuh.

    Kelima, untuk lebih mudah bisa juga menggunakan cairan khusus pembersih jok  dengan bentuk pasta lalu digosok. Jika sudah mengering, maka langsung menggunakan lap microfiber atau kain lembut.

    Hal ini perlu dilakukan agar tidak menyebabkan munculnya jamur yang mengakibatkan cepat rusak. Langkah ini bisa terus dilakukan, khususnya jika langsung terkena noda.

    Keenam, untuk membersihkan jok berbahan kulit sintetis, caranya sangat mudah, jika kotoran membandel maka perlu menggunakan sikat kecil yang sudah dilumuri cairan pembersih jok.

    Sebaliknya, jangan menyeka jok menggunakan alkohol karena justru akan merusaknya. Setelah itu, keringkan dengan cara di lap microfiber.

    Ketujuh, jika jok berbahan soft fabric, maka cara yang dilakukan bisa dengan cara menyapu kotoran kering dengan vacuum cleaner, kemudian beri cairan pembersih jok disekitar noda.

    Setelah itu, bersihkan jok dengan menggunakan sikat kecil secara perlahan, kemudian keringkan.

    Oia, sebagai bentuk perawatan jok pada umumnya, ada baiknya memarkirkan mobil di tempat teduh dan terhalang sinar matahari langsung.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here