Selasa, November 30, 2021
OLX Auto
More
    Tips7 Hal Harus Diperhatikan Saat Akan Beli Mobil Bekas Secara Kredit

    7 Hal Harus Diperhatikan Saat Akan Beli Mobil Bekas Secara Kredit

    Membeli mobil dengan cara dicicil atau kredit tidak hanya berlaku untuk kondisi baru saja ya OLXer. Sebab, mobil berstatus seken atau bekas juga semakin banyak diterapkan.

    Ya, pembayaran dengan sistem kredit semakin banyak dilakukan lantaran dianggap lebih mudah pembelian apalagi bagi mereka yang mempunyai dana terbatas.

     Namun OLXer harus tahu juga, kalau mau kredit mobil bekas itu tidak boleh sembarang. Sebaliknya, harus ada beberapa hal yang mesti diperhatikan, antara lain:

    1. Tentukan Mobil Sesuai Kebutuhan

    Tahap pertama sebelum membeli mobil, yaitu tentukan beberapa hal, mulai dari ukuran, jenis, merek, warna, mesin dan yang pasti seberapa penting mobil buat OLXer dan keluarga.

    Jika memiliki anggota keluarga banyak, baiknya memiliki mobil seperti MPV atau SUV dengan kapasitas tujuh orang penumpang. Sedangkan keluarga kecil dan ingin mengejar irit bahan bakar serta digunakan untuk harian baiknya cari city car atau bisa juga jenis sedan.

    2. Cari Mobil Sesuai Budget

    Satu hal yang tak kalah penting ketika hendak membeli mobil yaitu, cari mobil yang sesuai budget. OLXer jangan hanya tergiur dari diskon dan merasa mampu membayar di muka saja, tetapi harus memperhatikan juga berapa tenor dan jangka waktunya.

    Jangan sampai Anda merasa sanggup membayar padahal tidak memiliki uang.

    3. Cari Leasing Terpercaya dan Sekaligus Promonya

    Tingginya pembayaran dengan cara kredit jadi semakin menjamurnya perusahaan pembiayaan atau leasing di Indonesia. Meski sama-sama perusahaan pembiayaan, namun alangkah baiknya mencari leasing yang terpercaya seperti di internet.

    Oia, ketika mencari leasing tidak ada salahnya mencari promo-promo yang dapat memudahkan ketika melakukan pembayaran

    4.  Lakukan Simulasi Kredit Jangka Waktu dan Suku Bunga

    Sebelum memastikan ingin melakukan akad kredit, baiknya lakukan simulasi kredit terlebih dahulu. Cara ini supaya bisa mengetahui berapa besaran dana yang dikeluarkan, baik itu DP, cicilan per bulan dan lama tenor yang harus dibayar.

    Jika melakukan simulasi ini terlebih dahulu, diharapkan OLXer mendapatkan mobil yang benar-benar sesuai keinginan. Seperti diketahui, jangka waktu kredit berbeda-beda muli dari enam bulan hingga lima sampai tujuh tahun.

    Disarankan jangan terlalu lama Anda mencicil mobil, sebab bukan tak mungkin setelah lima tahun, akan ada mobil lainnya yang lebih terlihat baru.

    5. Periksa Kondisi Mobil Secara Menyeluruh

    Karena membeli mobil bekas, maka yang perlu dilakukan adalah melakukan pengecekan secara menyeluruh, baik eksterior, interior dan juga mesinnya. Pastikan semua kondisi mobil ini masih aktif dan berfungsi sebagaimana mestinya.

    Jika kemampuan OLXer kurang maksimal soal mobil, tidak ada salahnya mencari teman atau mekanik kenalan. Di OLX.co.id sendiri ada lho layanan OtoSpector.

    6. Periksa Kelengkapan Surat-Surat

    Tak hanya mobilnya, pemeriksaan ketika hendak membeli mobil juga harus dilakukan pada kelengkapan surat-surat mulai dari BPKB, STNK, buku servis, dan dokumen yang lainnya.

    Pastikan BPKB dan STNK sudah sesuai dengan rangka mesin. Sedangkan buku servis berguna untuk mengetahui rekam jejak seberapa rutin mobil dilakukan servis.

    7. Lakukan Tes Drive

    Setelah melakukan pengecekan pada seluruh mobil termasuk surat-surat, maka langkah selanjutnya adalah diuji coba atau tes drive. Cara ini sedikit lebih efektif untuk mengetahui seberapa nyaman mobil jika dikemudikan nanti.

    Selain itu, dengan melakukan tes drive maka diharapkan mengetahui bagian apa saja yang dirasa kurang pas, dan bisa diperbaiki. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here