Jumat, Maret 29, 2024
Lainnya
    Tak Berkategori7 Hal Perlu Diketahui Saat Berkendara di Wilayah yang Berpotensi Gempa Bumi

    7 Hal Perlu Diketahui Saat Berkendara di Wilayah yang Berpotensi Gempa Bumi

    Memasuki tahun 2021, berbagai wilayah di Indonesia dilanda peristiwa bencana alam, termasuk gempa bumi, seperti yang terjadi di pulau Sulawesi.

    Nah, OLXer harus tahu, gempa bumi bisa saja terjadi di Indonesia. Pasalnya, menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), sumber gempa di Tanah Air karena ada 13 segmen megathrust dan lebih dari 295 segmen sesar aktif.

    Nah, jika OLXer berkendara ke wilayah yang ternyata memiliki resiko gempa bumi, maka seperti dilansir dari Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance), ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum, saat dan setelah gempa terjadi, yaitu:

    1. Perhatikan wilayah apakah rawan gempa atau tidak

    Hal utama dalam memilih tempat tinggal atau bekerja perhatikan apakah wilayah tersebut merupakan daerah rawan gempa.

    Apabila di wilayah tersebut merupakan daerah rawan gempa ada baiknya pahami karakteristik gempa yang meliputi skala gempa, frekuensi, dan tingkat kerusakan yang terjadi sebelumnya.

    2. Simpan nomor-nomor penting

    Pastikan OLXer atau keluarga menyimpan nomor penting seperti kepolisian, ambulance, SAR hingga contact center perusahaan asuransi. Dipastikan juga siapkan daftar alamat kantor aparat terkait kebencanaan seperti kantor desa, kecamatan, maupun PMI.

    3. Pertahanan saat berada di dalam ruangan

    Apabila OLXer berada di dalam rumah segera cari tempat berlindung seperti di bawah meja dengan memegang kaki meja. Jangan lupa lindungi kepala, bisa menggunakan tas, bantal bahkan tangan. OLXer juga harus menjauhkan diri dari benda pecah belah, lemari, dan semua benda yang bisa menimpa seperti lemari, rak buku, dan jendela kaca. Waspada terhadap langit-langit rumah yang berisiko runtuh.

    4. Pertahanan saat berada di luar bangunan

    Jika OLXer berada di area terbuka hindari bangunan tinggi, tembok, pusat listrik ,maupun tiang listrik. Anda segeralah mencari tempat terbuk seperti lapangan. Namun hindari jurang atau lereng yang curam karena berpotensi longsor lebih besar.

    5. Pertahanan saat berada di dalam kendaraan

    Apabila berada di dalam kendaraan segera hentikan kendaraan dan hindari jembatan atau terowongan. Setelah itu menjauh dari mobil untuk menghindari terjadinya pergeseran atau kebakaran.

    6. Setelah gempa terjadi segera evakuasi

    Keluar dengan hati-hati untuk menghindari puing-puing yang akan menimpa. Segera evakuasi anak-anak, wanita, manula ke tempat umum atau posko. Periksa pula benda yang berisiko menimbulkan api dan jalur pipa gas jika ada kebocoran. Menetap di posko apabila terjadi gempa susulan. Apabila terjadi kerugian pada aset yang dimiliki segera laporkan klaim kepada pihak asuransi.

    7. Pastikan memiliki asuransi yang melindungi dari risiko gempa bumi

    Untuk meminimalisir kerugian yang OLXer tanggung, pastikan aset-aset seperti tempat tinggal maupun kendaraan dilindungi oleh asuransi yang mempunyai jaminan dari risiko gempa bumi.

    Tidak hanya itu, OLXer juga harus mempelajari bagaimana melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan dan berikan informasi tentang upaya penyelamatan kepada seluruh anggota keluarga jika terjadi gempa.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait