Rabu, Januari 26, 2022
More
    Berita7 Hal Penting Ketika Hendak Membeli Mobil

    7 Hal Penting Ketika Hendak Membeli Mobil

    Membeli mobil memang sungguh mengasyikan. Apalagi mobil yang dibeli merupakan model terbaru dan jenisnya sudah lama kita impikan.

    Namun OLXers juga harus tahu, saat hendak membeli mobil ternyata ada juga proses negosiasi yang cukup panjang.

    Belum lagi saat calon pembeli bisa merasa khawatir karena takut tertipu atau mobil yang dibeli ternyata tidak sesuai harapan.

    Maka dari itu, berikut ini ada beberapa tips yang perlu diterapkan saat membeli mobil, yaitu :

    1.  Pastikan mobil apa yang dibeli

    Membeli mobil bukan perkara mudah. Meski sudah menentukan mobil mana yang dipilih, namun terkadang saat melihat mobil lain  dan mendapatkan informasi terkini pada mobil lainnya, kita jadi tergiur.

    Maka dari itu, agar tak menyesal di kemudian hari, sebaiknya OLXers menetapkan hati mobil mana yang akan dibeli berdasarkan beberapa faktor, mulai dari jumlah uang yang akan dikeluarkan atau jenis mobil yang diinginkan (sedan, citycar, hatchback, MPV atau SUV).

    Yang perlu diperhatikan, apakah OLXers sudah yakin membutuhkan mobil? Setidaknya dengan berbagai alasan di atas, Anda juga sudah mempersiapkan segala hal ketika membeli mobil.

    2.   Lakukan riset

    Sebelum pergi membeli mobil ke dealer, sebaiknya OLXers melakukan riset terlebih dahulu. Cara riset kini semakin mudah, karena bisa melihat di internet.

    Kenapa harus riset? Setidaknya, OLXers akan mendapatkan berbagai informasi, mulai jenis dan model mobil yang saat ini, spesifikasi, daftar harga, hingga keunggulan dan kekurangan dari mobil yang akan dibeli.

    Dengan mengetahui berbagai informasi yang disajikan, maka hal ini bisa menjadi bekal saat hendak memilih mobil yang tepat.

    3.  Atur emosi

    Ada yang menyebutkan, membeli mobil akan menjadi pengalaman emosional yang tak terlupakan.

    Pasalnya, saat membeli mobil banyak pilihan yang membuat perasanaan Anda jadi bergairah. Belum lagi sales di dealer bisa saja mengendalikan emosi calon konsumen sehingga membeli mobil yang ternyata lebih mahal, dan bukan target utama.

    Dengan mengatur emosi, setidaknya OLXers dapat mengambil keputusan sehingga tidak tergesa-gesa. Sebaliknya calon konsumen akan membeli mobil karena perasaan senang.

    4.  Mulai berhitung

    Jangan melakukan negosiasi tanpa melakukan perhitungan yang tepat terlebih soal finansial. Ya, setidaknya cari tahu apakah akan membeli mobil secara tunai, kredit, termasuk apa saja perusahaan pembiayaannya.

    Jika OLXers ingin membeli secara kredit, pastikan tidak memiliki catatan buruk di sebuah lembaga atau perusahaan pembiayaan. Seperti pernah melakukan kredit dan tidak membayarnya.

    Masalahnya jika membeli mobil dengan dicicil, maka fokus utama tidak hanya harga yang tertera di brosur, melainkan biaya bulanan harus dibayar sesuai dari harga yang telah disepakati.

    OLXers jangan tergiur cicilan bulan yang hanya terlihat ringan, atau jangka waktu pembayaran lebih lama dengan tenor 6-8 tahun. Sebab, kemungkinan akan membuat harga mobil jadi lebih mahal karena adanya bunga.

    Baca juga  Berpotensi Ngerem Sendiri, Mazda3 di Indonesia Kena Recall

    Maka dari itu lakukan penghitungan secara tepat dan sesuai dengan budget yang ada.

    5.    Pilih waktu yang tepat

    Sebagian dealer mobil dan salesnya harus mencapai target bulanan serta akhir tahun, agar mereka mendapatkan komisi atau bonus yang besar.

    Maka dari itu, strategi membeli di akhir bulan atau akhir tahun bisa diterapkan agar dapat memenangkan negosiasi saat membeli mobil.

    Namun begitu, ada juga cara terbaik agar sales luluh, yaitu bersikap professional, namun tetap sopan, baik, dan saling menghormati.

    Perlu dicatat jangan merasa konsumen itu raja, jadi harus sesuai kehendak. Karena sebaiknya kita tidak merendahkan siapapun apalagi bersikap kasar.

    6.  Lakukan penawaran

    Membeli mobil bekas bisa saja melakukan penawaran serendah mungkin. Namun tidak dengan membeli mobil baru.

    Akan tetapi ketika membeli mobil baru, OLXers bisa melakukan penawaran dengan meminta berbagai bonus, mulai dari potongan harga, tambahan aksesori, asuransi, dan beberapa hal lainnya.

    Sebaliknya, jika dealer tidak memberikan promo, namun mereka memberikan berbagai penawaran tambahan, maka tak perlu tergiur.

    7. Berani katakan tidak

    Ketika OLXers pergi ke dealer, dan melakukan penawaran, namun sales tidak mengabulkannya, Anda bisa langsung pergi ke tempat lain.

    Sebaliknya, jika merasa kurang sreg, Anda tak perlu merasa tidak enak atau wajib menerima kesepakatan, karena khawatir jadi merasa malu. Apalagi sebelumnya sepat melakukan negosiasi cukup lama.

    Namun begitu, saat menolaknya, Anda tak perlu meluapkan emosi dan marah-marah. Sebaliknya, jika kurang puas, Anda tetap mempersilahkan kepada sales untuk menemukan cara lain agar memenuhi kesepakatan.

    Mau jual mobil lama? yuk lakukan di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here