Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    Tips7 Tanda Sepeda Motor Harus Service

    7 Tanda Sepeda Motor Harus Service

    Mempunyai sepeda motor sudah jadi hal biasa di Indonesia. Beda dengan tahun beberapa dekade lalu, sepeda motor hanya dimiliki segelintir orang yang memang mereka mampu membelinya.

    Ya, sepeda motor memang disukai, karena kepraktisannya. Setidaknya, jika ada sepeda motor kita lebih mudah dan cepat untuk melakukan mobilitas ke berbagai tempat.

    Namun begitu, meski banyak yang sudah memiliki sepeda motor, ternyata tak sedikit yang kurang peduli untuk melakukan perawatan, seperti halnya sekedar ganti oli apalagi service secara berkala.

    Padahal kalau saja mereka tahu betapa pentingnya servis secara rutin, apalagi melewati jadwal service, sudah pasti hal itu akan meminimalisir terjadinya kerusakan.

    Nah, jika OLXer merasa jarang service motor dan rasanya ada yang tak enak, maka seperti dilansir Wahana Honda, berikut ini beberapa kode motor harus segera diservis. Berikut tanda-tandanya:

    1. Sulit menyala

    Ketika motor susah dinyalakan di pagi hari padahal kick starter sudah digenjot sekuat tenaga, choke juga sudah ditarik, mungkin saja itu tanda sudah waktunya untuk diservis.

    Jangan beranggapan motor yang susah nyala di pagi hari itu kedinginan. Motor yang susah menyala di pagi hari masalah

    2. Motor tak bisa stasioner

    Motor yang normal tentu tidak akan mati ketika gasnya dilepas. Ternyata motor yang tidak bisa stasioner akan sangat menjengkelkan bagi pengendaranya. Nah, ini juga jadi kode harus masuk bengkel.

    3. Suaranya berisik

    Kode motor harus masuk bengkel adalah mesin mengeluarkan suara aneh. Penyebabnya munculnya suara pada mesin bisa berbagai macam. Tapi jika bunyinya aneh, kemungkinan ada masalah pada busi yang aus, timing chain, atau oli udah kelewat lama tidak diganti.

    4. Tarikan awal berat

    Sering kali sepeda motor semakin lama membuat tarikan awal sangat berat. Bahkan, tarikan awal ketika masuk gigi 1, seakan tak responsive. Hal ini juga menjadi tanda motor wajib di service.

    5. Motor bergetar

    Motor terasa bergetar tidak semestinya juga menjadi tanda bahwa motor perlu dilakukan service. Biasanya, motor yang bergetar akan sangat terasa pada motor karburator karena sering dikendarai

    6. Keluar asap

    Knalpot merupakan media pembuangan sisa pembakaran. Jika ada asap yang keluar dari knalpot, apalagi berwarna hitam, maka hal tersebut ada yang bermasalah pada sistem pembakaran yang kurang sempurna.

    Sedangkan jika asap putih yang muncul, berarti ada oli yang ikut terbakar. Biasanya asap putih muncul ketika ada masalah di piston.

    7. Kilometer melewati batas servis

    Setiap pemilik kendaraan roda dua dianjurkan untuk melakukan servis rutin setiap 2.000 kilometer atau dua bulan sekali. Selain itu, lakukan servis di bengkel resmi agar menggunakan sparepart orisinil dan kualitasnya terjamin. 

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here