Senin, Desember 6, 2021
OLX Auto
More
    Tips7 Tips Mengemudi di Malam Hari Demi Liburan Natal dan Tahun Baru

    7 Tips Mengemudi di Malam Hari Demi Liburan Natal dan Tahun Baru

    Di penghujung tahun 2019 jadi momen yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga, pasalnya liburan Natal dan Tahun Baru kali ini bertepatan dengan libur semester anak sekolah.

    Bicara soal momen liburan yang cukup panjang ini, tidak sedikit dari OLXer yang ingin melakukan perjalanan saat malam hari. Dengan pertimbangan jalanan lebih lengang daripada siang hari.

    Namun begitu, OLXer jangan menyepelekan mengemudi di waktu malam hari. Sebab, mengemudi di malam hari justru membutuhkan persiapan khusus demi meminimalisir insiden yang tidak diinginkan.

    Lantas persiapan apa yang wajib dilakukan saat mengemudi malam hari demi perjalanan liburan Natal dan Tahun Baru? Berikut ulasannya:

    Pertama, pastikan kendaraan yang hendak akan dipakai benar-benar sehat, tidak mengalami masalah.

    Tentunya, cara yang bisa dilakukan adalah melakukan service terlebih dahulu. Dengan service, biasanya mekanik akan memberitahu beberapa hal yang perlu diganti.

    Beberapa hal yang harus dicek antara lain lampu sein, lampu rem, dan lampu depan mobil. Lampu-lampu menjadi hal paling penting ketika berkendara malam hari.

    Kedua, pastikan kondisi fisik OLXer sangat baik. Pasalnya, berkendara malam hari ternyata lebih lelah dan dapat lebih cepat mengantuk dibanding siang hari. Resiko mengantuk saat mengemudi di malam hari dapat menyebabkan kecelakaan.

    Ketiga bawa bekal makanan dan minuman. Makanan dan minuman ini berguna untuk mengusir rasa mengantuk saat sedang berkendara. Tapi, jika benar-benar mengantuk ada baiknya OLXer harus beristirahat.

    Keempat, karena bersama keluarga sebisa mungkin saat berkendara tetap saling berkomunikasi. Lebih baiknya lagi mengemudi membawa teman atau orang yang bisa nyetir, agar bergantian.

    Kelima, pahami rute. Saat ini banyak jalanan yang ternyata baru mulai dari jalan raya alternatif hingga jalan tol. Namun selain itu, pada dasarnya saat malam hari kondisi jalanan tidak semua dibarengi dilengkapi lampu penerang jalan.

    Keenam, konsentrasi wajib dilakukan. Pada dasarnya mata harus fokus melihat jalan, kendaraan lain serta cahaya lampu kendaraan dari arah depan.

    Oia, OLXer juga terbiasa dengan kondisi jalanan di malam hari, salah satunya perilaku berkendara pengendara lainnya yang ugal-ugalan atau lainnya.

    Ketujuh, istirahat setiap dua jam sekali saat melakukan perjalanan. Jika tidak pilihan paling tepat adalah bergantian mengemudi.

    Nah itu saja OLXer tips berkendara malam hari, semoga selamat sampai tujuan. (Her)

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here