Sabtu, Desember 4, 2021
OLX Auto
More
    Tips8 Cara Merawat Mobil Klasik Agar Tetap Asik

    8 Cara Merawat Mobil Klasik Agar Tetap Asik

    Meski mobil-mobil model terbaru dengan fitur canggih dan modern bermunculan, namun nyatanya masih banyak yang justru memilih dan menyukai mobil tua atau klasik.

    Tentu saja alasan para pecinta mobil klasik ini bisa berbeda-beda, ada yang karena menyukai desainnya, hingga menjadi barang investasi.

    Apapun alasannya, yang paling perlu diperhatikan adalah bagaimana cara merawatnya. Karena percuma jika hanya melihat desain keren tapi sangat bermasalah. Demikian juga meski dijadikan barang investasi, namun tidak dirawat sama saja seperti barang bekas lainnya yang tak lagi terpakai.

    Nah, jika OLXer memang ingin memiliki mobil klasik atau tua, sebaiknya lakukan perawatan, seperti berikut ini:

    1. Rajin mengganti oli

    Salah satu kunci merawat mobil tua yaitu mengganti oli. Bahkan banyak yang menyebutkan jika  mobil berusia sepuluh tahun ke atas, idealnya mengganti oli setiap 2.500 km. Sebaliknya, jika jarang mengganti oli maka membuat mesin gampang  bermasalah.

    Oia, ketika mengganti oli lakukan juga pengganti filter oli. Ya, filter oli berfungsi menyaring kotoran mesin, sehingga mencegah terjadinya sumbatan karena debu dan kotoran.

    2. Cek mesin mobil

    Jika sudah siap membeli mobil klasik, sebaiknya rajin melakukan perawatan secara berkala. Hal ini dilakukan untuk memastikan performa mesin tetap dalam kondisi prima.

    Apabila OLXer ingin melakukan perggantian komponen mesin, lakukan secepatnya dan ganti dengan part asli.

    3. Jangan terkena sinar matahari langsung

    Ketika memiliki mobil klasik, sebaiknya hindari terkena sinar matahari langsung dan pilih menyimpannya di garasi yang tertutup.

    Ya, pancaran sinar matahari langsung dapat mempengaruhi kondisi bodi mobil baik eksterior dan interior. Bagian eksterior sendiri bisa pudar warnanya, komponen berbahan karet mudah getas, serta yang berbahan plastic menjadi rapuh.

    4. Pastikan selalu bersih

    Ketika membeli mobil klasik, pastika tampilannya selalu bersih dengan cara mencuci. Sebaiknya, ketika mencuci mobil klasik gunakan sabun khusus mobil agar tidak merusak cat mobil.

    Demikian juga pada bagian interior, harus tetap bersih dengan menggunakan vacum cleaner untuk menghilangkan debu atau kotoran menempel di jok atau dashboard.

    Jika sudah dicuci, maka tutup dengan cover atau sarung mobil, agar terhindar dari debu atau dan paparan panas matahari.

    5. Cek karet mobil

    Tidak semua komponen mobil bermaterial logam, karena ada juga berbahan karet mulai dari kabel, wiper, bushing, ban, lips bumper, grommet, dan  lainnya.

    Perlu diketahui komponen berbahan karet seperti yang disebutkan di atas bisa mengalami getas. Bayangkan saja, kabel yang dibalut karet bisa termakan usia, parahnya lagi dimakan tikus, sehingga jika itu terjadi bisa menyebabkan arus pendek.

    Belum lagi jika ban mobil getas, kemudian sobek, maka apabila mobil digunakan bisa saja mengalami ban pecah dan terjadi kecelakaan. Maka dari itu, periksa bagian karet-karet penyangga.

    6. Cek velg dan ban mobil

    Ban menjadi salah satu komponen penting yang perlu dilakukan pengecekan. Untuk merawatnya, OLXer bisa memeriksa tekanan angin ban, menukar posisi atau rotasi ban secara berkala, dan bisa juga mengganjal mobil agar ban tidak menyentuh lantai. Hal ini juga perlu dilakukan untuk menghindari ban mobil menahan bobot karena tidak dipakai.

    7. Cek kondisi kaki-kaki mobil

    Jika memiliki mobil lawas, sebaiknya memperhatikan bagian kaki-kaki, termasuk tie rod dan ball joint yang dapat mengarahkan roda. Selain itu periksa juga shock breaker agar tetap mampu meredam guncangan, kemudian bushing stabilizer, bushing arm, sampai bearing.

    Jika OLXer tak bisa melakukan pengecekan sendiri, bisa lakukan ke bengkel. Oia, biasanya kaki-kaki bermasalah itu kerap mengeluarkan suara atau jadi keras ketika dipakai di jalan.

    8. Cek kondisi AC mobil

    Biasanya AC mobil yang sudah berumur sudah tidak dingin sehingga bisa membuat pengemudi dan penumpang menjadi tidak nyaman. Maka dari itu, pastikan kondisi AC mobil selalu dalam kondisi prima dan terasa sejuk meski jarang diajak bepergian. OLXer juga disarankan melakukan perawatan AC mobil secara berkala.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here