Sabtu, Desember 4, 2021
OLX Auto
More
    Tips8 Hal Perlu Dilakukan Ketika Membeli Mobil Bekas Berusia di Atas 10...

    8 Hal Perlu Dilakukan Ketika Membeli Mobil Bekas Berusia di Atas 10 Tahun

    Mobil bekas yang usianya di atas 10 tahun ternyata masih banyak peminatnya. Bahkan di jalanan mobil yang tahun kelahirannya lebih dari 10 tahun lalu, saat ini masih berseliweran bebas di jalan raya.

    Tentunya berbagai alasan mereka memburu mobil bekas di atas 10 tahun untuk kendaraan pribadi, mulai dari jatuh cinta pada pandangan pertama, hingga harganya cenderung jauh lebih murah.

    Namun OLXer harus tau, kalau menginginkan mobil yang usianya lebih dari satu dekade maka harus siap melakukan berbagai perawatan ekstra dan juga perbaikan yang biayanya tergolong cukup menguras kantong, apalagi untuk beberapa mobil asal Eropa.

    Pasalnya, membeli mobil yang tahun produksinya lebih tua dipastikan bakal mengalami berbagai risiko kerusakan. Bahkan bukan tak mungkin OLXer mengharapkan adanya kendaraan derek karena bisa saja mogok di tengah perjalanan.

    Oleh karena itu, jika membeli mobil dengan usia di atas 10 tahun, sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini, antara lain:

    1. Lakukan Servis atau Tune Up Mesin

    Servis jadi hal paling penting, karenai memang perlu dilakukan baik untuk mobil usia muda maupun tua. Dengan servis maka mengurangi resiko mesin bermasalah seperti mogok. Jangan lupa ganti oli mesin dengan yang baru dan disesuaikan usia mobil serta waktu untuk penggantian oli.

    Selain itu, periksa sistem pendingin mesin, yang tentunya ada beberapa faktor harus dicek seperti radiator, thermostat, water pump hingga timing belt. Jika bagian ini bermasalah, maka akan berpotensi terjadi overheat pada mesin.

    2. Ganti Bagian Mobil Berbahan Karet

    Jika usia mobil di atas 10 tahun, dipastikan material berbahan karet pasti mengalami getas, mulai dari karet jendela, karet suspensi, belt, hingga wiper.

    Oia, ada karet yang paling penting wajib diganti, yaitu pada bagian bushing. Komponen ini terletak pada arm yang menghubungkan arm dengan sasis agar tidak terjadi gesekan antar logam.

    Jika bushing bermasalah, biasanya akan menimbulkan bunyi berdecit. Nah, jika bagian ini bermasalah, akan berpengaruh pada handling dan jadi terasa tidak nyaman.

    3. Periksa Kaki-Kaki

    Kaki-kaki pada mobil bekas yang usianya di atas 10 tahun juga sangat penting. Sebab, selama 10 tahun kaki-kaki menahan bodi mobil yang gerat baik ketika dipacu atau istirahat di garasi.

    Nah, bagian kaki-kaki yang harus diperiksa yaitu gardan, tie rod dan ball joint, suspensi atau shockbreaker, pelek hingga ban. Biasanya bagian-bagian ini tak hanya dicek, tapi perlu dilakukan penggantian karena mengalami keausan  cukup parah jika usianya lebih dari 10 tahun.

    4. Periksa Bagian Material Berbahan Besi

    Bagian mobil berbahan besi biasanya akan mengalami korosi. Apalagi jika usianya cukup tua, apabila dibiarkan maka akan keropos sehingga bentuknya akan rapuh.

    Bagian material berbahan besi ini bisa saja terjadi pada bodi, atau komponen lainnya di bagian luar maupun dalam mobil.

    5. Periksa Sistem Kelistrikan

    Pada sistem kelistrikan, harus dicek kembali mulai dari starter hingga alternator. Baterai seperti pada bagian aki juga wajib dicek karena komponen ini jadi sumber listrik yang fungsinya mampu menyuplai listrik ke sistem starter, sistem pengapian, lampu-lampu dan komponen komponen kelistrikan lainnya.

    6. Lakukan Spooring dan Balancing

    Spooring dan Balancing perlu dilakukan supaya mobil mudah dikendalikan dan mengurangi getaran pada lingkar kemudi yang terasa berbelok-belok.

    7. Periksan AC

    Air Conditioner (AC) atau penyejuk udara juga perlu dicek. Sebab kemungkinan AC tak dingin sangat besar, mulai dari masalah freon, kondensor, hingga evaporator.

    8. Banyak Cat Memudar

    Untuk mobil bekas memang menjadi hal biasa jika cat memudar, baik di luar maupun di dalam. Selain itu, interior atau jok juga bisa saja retak-retak atau mengelupas.

    Nah, jika ingin memperbarui bagian hal ini tentunya biaya yang harus dikeluarkan cukup tinggi OLXer. ­ Selamat mencari mobil bekas

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here