Sabtu, Desember 4, 2021
OLX Auto
More
    Tips8 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Mobil Baru

    8 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Mobil Baru

    News.OLX.co.id – Awal tahun biasanya pabrikan mobil berlomba-lomba dalam memperkenalkan model terbarunya. Tujuannya tentu saja adalah untuk menggoda konsumen yang berencana untuk membeli mobil.

    Apalagi dalam kondisi pandemi ini, tentu saja memiliki kendaraan pribadi menjadi jalan keluar untuk bisa beraktivitas dengan lebih aman dan nyaman. 

    Lalu apakah ada kiat-kiat khusus buat OLXers yang memang sudah mantap untuk melakukan pembelian mobil baru di tahun ini? Tentu saja! Apalagi jika rencana punya mobil baru tersebut dilakukan dengan cara kredit, banyak faktor yang harus diperhatikan oleh OLXers. 

    Perhatikan 8 Hal Ini Sebelum Memutuskan Kredit Mobil Baru :

    1. Perhatikan dan Pilih Mobil Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan

    Yang paling pertama sudah pasti, menentukan jenis kendaraan atau unit yang ingin dibeli. Ketahui dulu apa tujuan membeli mobil sehingga nantinya mobil baru yang dibeli akan memberikan banyak manfaat. Perhatikan, misalnya anggota keluarga ada banyak dan bakal sering melakukan liburan atau bepergian bersama-sama, tentu jenis MPV atau mobil dengan kapasitas 7 penumpang adalah yang paling cocok.

    Atau lebih banyak untuk dipakai ke kantor seorang diri atau berdua dengan istri, jenis SUV atau City Car adalah pilihan pas. 

    Tapi kembali lagi, apapun jenis mobil yang akan dibeli secara kredit, perhatikan kemampuan financial OLXers, sehingga tidak menyusahkan di kemudian hari. 

    2. Perhatikan & Rasakan Langsung 

    Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan sebelum mengajukan kredit mobil baru adalah memeriksa kondisi fisik mobil dan kenyamanan berkendara. Jangan sampai beli mobil yang tidak sesuai dengan ekspektasi OLXers. Jadi sebaiknya perhatikan mobil yang ingin OLXers beli dengan seksama lewat test drive.

    3.   Perhatikan Program Penjualan 

    Seperti yang dijelaskan di awal tulisan, biasanya di awal-awal tahun pabrikan mobil banyak yang memperkenalkan model-model baru. Ini biasanya diikuti dengan berbagai program penjualan yang cukup menarik di dealer resmi. 

    Banyak benefit yang ditawarkan, mulai dari bonus pembelian, diskon, skema pembiayaan, dan sebagainya. Dengan memilih program penjualan yang banyak menawarkan keuntungan tentu urusan beli mobil pertama akan lebih ringan.

    Salah satu contoh program penjualan yang cukup menarik adalah yang ditawarkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) yakni ‘Sehat Bersama Honda’. 

    Misalnya konsumen ingin membeli mobil baru Honda Brio, konsumen akan mendapatkan Honda Healthy Package senilai Rp1 juta, baik itu pembelian lewat cara online maupun langsung ke dealer resmi Honda.

    4.   Perhatikan Aspek Purna Jual & Biaya Perawatan

    Selain harga, faktor lain yang perlu menjadi pertimbangan adalah layanan purna jual. Bagi pembeli mobil pertama, kemudahan dan biaya yang ringan dalam urusan perawatan mobil menjadi pertimbangan penting. 

    Pastikan merek mobil yang dibeli punya jaringan bengkel resmi yang luas, ketersediaan suku cadang asli yang memadai, serta ditangani oleh teknisi berpengalaman sehingga kesehatan mobil tetap terjamin.

    Juga harus diperhatikan soal biaya perawatan selama memiliki mobil. Paket servis biasanya ditawarkan saat beli mobil baru. Ini sangat menghemat biaya perawatan mobil. Honda juga menawarkan paket tersebut. Misalnya beli All New Honda Brio langsung dapat bonus Paket Hemat  berupa gratis biaya Jasa dan suku cadang sampai dengan  50.000 km atau 4 tahun (syarat dan ketentuan berlaku).

    5. Perhatikan dan Bandingkan Skema Pembiayaan dari Beberapa Leasing

    Saat OLXers sudah yakin dengan mobil baru yang dipilih, sudah dipertimbangkan dengan kebutuhan dan kemampuan, giliran sekarang adalah membandingkan penawaran dari beberapa Multifinance. 

    Lain perusahaan pembiayaan biasanya lain juga suku bunga atau promosi-promosi yang ditawarkan. Pilih yang bunganya paling rendah agar OLXers lebih ringan dalam membayar cicilannya, tapi pastikan juga sudah membaca syarat dan ketentuannya!

    Kalau OLXers tidak mau repot, ada cara yang juga cukup instan dalam mencari leasing atau perusahaan pembiayaan yang sesuai dengan kebutuhan OLXers. 

    Buka Catchadeal.id dan ajukan Kredit pembiayaan Mobil Baru. Tinggal masukkan data mobil yang ingin OLXers beli dan silahkan membandingkan berbagai penawaran. Kalau ada yang cocok, tinggal ajukan.

    6. Perhitungkan Uang Muka dan Besarnya Cicilan

    Namanya kredit mobil baru, sudah pasti ada yang namanya uang muka atau DP yang harus OLXers persiapkan. Besarannya kira-kira antara 20-30 persen dari harga on the road mobil. 

    Semakin besar DP yang dibayarkan tentu akan semakin kecil besaran cicilan bulanan. Jika memungkinkan, sebaiknya lakukan pembayaran DP dengan jumlah besar agar cicilan jadi lebih enteng. 

    7. Perhatikan Besar Suku Bunga dan Jangka Waktu Kredit

    Selain DP, OLXers juga harus memperhatikan besaran suku bunga dan tenor kredit. Semakin panjang tenor cicilan yang OLXers pilih, itu mempengaruhi besaran suku bunga setiap bulan. 

    Biasanya tanpa disadari, banyak konsumen yang memilih tenor panjang karena melihat besaran cicilan yang lebih kecil. Padahal kalau diakumulasikan, harga yang dibayarkan untuk sebuah mobil dengan kredit tenor panjang itu lebih mahal.

    Pilih jangka waktu yang tidak terlalu panjang agar bunganya pun tidak terlalu tinggi, namun juga jangan terlalu singkat karena biayanya pasti akan sangat besar. 

    Untuk mempermudah dalam menentukan jangka waktu tenor serta angsuran yang sesuai, OLXers bisa mendapatkan informasinya melalui Catchadeal.id

    8.   Perhatikan Harga Jual Kembali

    Yang terakhir, OLXers juga harus perhatikan harga jual kembali mobil yang mau dibeli. Konsumen di Indonesia sebagian besar masih mempertimbangkan harga jual kembali mobilnya sebelum memutuskan untuk beli. Agak lucu memang, belum beli tapi yang pertama dipikirkan harga jual kembalinya. 

    Tapi ini tidak bisa disalahkan. Kebanyakan orang setelah beli mobil baru, dalam beberapa tahun berikutnya akan berpikir untuk menggantinya dengan model yang lebih baru. Sehingga harga jual kembali pun menjadi penting. 

    Untuk memudahkan mencari berapa harga jual kembali dari mobil yang akan dibeli, OLXers bisa memanfaatkan platform OLX Autos. 

    Yang pasti, popularitas sebuah merek mobil, kualitas dan daya tahan produk, desain yang tidak mudah ketinggalan jaman, dan dukungan jaringan dealer yang kuat akan mendukung harga jual kembali dari suatu mobil. 

    Nah, sekarang OLXers bisa tentukan merek dan model mobil baru apa yang akan dibeli. Semoga kiat-kiat di atas bisa membantu OLXers dalam menemukan mobil impiannya. 

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here