Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    Tips8 Hal yang Tak Boleh Ditinggalkan di Dalam Mobil

    8 Hal yang Tak Boleh Ditinggalkan di Dalam Mobil

    Pengemudi mobil kerap memiliki meninggalkan barang di dalam kabin. Terkadang mereka beralasan, bahwa mobil merupakan rumah kedua, sehingga perlu ada barang-barang yang tak perlu dikeluarkan

    Namun jika hal ini juga biasa dialami oleh OLXer, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu apakah barang yang ditinggalkan memang pantas selalu disimpan di dalam mobil atau tidak.

    Ya, jika barang-barang semacam dongkrak, kunci stir, kabel jumper, peralatan P3K, APAR atau ban serep mungkin tidak masalah ditinggalkan. Karena memang sangat dibutuhkan jika kondisi darurat.

    Hanya saja OLXer perlu ketahui, bahwa ada beberapa barang yang tidak disarankan bahkan jangan disimpan di dalam mobil, terlebih dalam jangka waktu sangat lama.

    Mau tahu barang apa saja tidak boleh diitnggalkan di dalam mobil? Berikut daftarnya;

    1. Perangkat elektronik

    Sadar atau tidak, pengendara kerap meninggalkan barang-barang elektronik seperti tablet, laptop, handphone atau gadget di dalam.

    Padahal, jika barang elektronik ditinggalkan dikhawatirkan mampu menarik terjadinya aksi pencurian, dengan modus pecah kaca.

    Selain itu, jika ditinggal dalam waktu lama, terlebih di parkiran yang kondisinya cukup panas, maka hal itu akan mempengaruhi barang elektronik sehingga menjadi rusak.

    2. Obat-obatan

    Bagi Sebagian orang, ada beberapa obat yang perlu selalu dibawa. Namun hal itu jangan disimpan di dalam mobil. Sebab, suhu di dalam mobil berbeda dengan di dalam kamar.

    Ya, suhu mobil lama tidak dinyalakan mesinnya, akan sangat pengap dan panas. Maka, jika obat-obatan disimpan di dalam mobil dikhawatirkan tingkat panas mempengaruhi efektivitas obat-obatan.

    3. Botol kemasan berisi air mineral

    Sekilas tak ada yang salah membawa botol kemasan berisi air mineral ke dalam mobil, apalagi jika haus melanda.

    Akan tetapi, yang perlu OLXer ketahui, jika botol kemasan tersebut berada dalam mobil  yang terparkir dengan kondisi cuaca cukup panas maka dikhawatirkan zat kimia pada botol bercampur dengan air.

    Ya, kebanyakan botol plastik kemasan dengan warna bening dibuat dari polietilen tereftalat dan mengandung bahan kimia. Maka, jika OLXer meminum air dari botol plastik tersebut, dapat membahayakan bagi Kesehatan terlebih bisa jadi penyebab kanker.

    4. Makanan dan minuman bersoda

    Ketika mesin mobil mati, maka kondisi dalam mobil kerap menjadi panas. Kondisi dalam mobil yang terparkir juga tidak cocok untuk menyimpan makanan, karena hal itu justru akan mudah rusak. Terlebih sayuran dan bahan pokok.

    Keberadaan makanan yang kerap ditinggalkan bisa mudah menimbulkan kotoran dan bau tak sedap.

    Sedangkan untuk minuman bersoda yang biasanya menggunakan kaleng juga akan sangat bahaya jika disimpan di dalam mobil yang terparkir.

    Hal ini dikhawatirkan gas yang ada dalam minuman bersoda, jika terkena panas bisa mengalami peningkatan suhu di dalamnya, sehingga berpotensi jadi meledak. Tentu hal ini membuat kabin jadi kotor.

    5. Kaleng Aerosol

    Kaleng aerosol atau bisa juga cat semprot, hairspray, atau deodorant, pewangi, atau obat nyamuk semprot, sejatinya patut dihindari agar tidak disimpan di dalam mobil.

    Ya, hal ini disebabkan kondisi panas di dalam mobil, dapat membuat meledak akibat adanya tekanan yang menumpuk karena panas.

    Jika ini terjadi, maka selain kabin akan kotor, orang yang berada di sekitar kaleng bisa saja mengalami luka karena ledakan tersebut.

    6.  Korek gas dan vape

    Barang yang juga dilarang disimpan di dalam mobil yaitu korek gas. Ya, jika mobil yang terparkir cukup lama ditambah kondisi kabin panas, maka dikhawatirkan terjadi adanya tekanan yang membuat cairan korek menguap dan memicu terjadinya ledakan.

    Demikian juga dengan vape, dimana rokok elektrik ini bisa memicu munculnya panas dan bukan tak mungkin terjadi ledakan.

    7. Perlengkapan kosmetik dan sunscreen

    Perlengkapan kosmetika juga dibiarkan ada di dalam mobil yang panas dikhawatirkan dapat rusak. Seperti lipstick mencair.

    Demikian juga dengan sunscreen, jika terjebak di dalam mobil yang panas, kinerja sunscreen tidak akan efektif dan kemasannya bisa meledak.

    Nah, pada dasarnya beberapa barang ini dilarang disimpan di dalam mobil karena berbahaya dan dapat merusak kondisi mobil OLXer. 

    8. Mahluk Hidup

    Bagi OLXer yang ingin meninggalkan mobil untuk parkir dalam waktu lama, sebaiknya jangan meninggalkan mahluk hidup di dalam mobil. Terkadang, ada kasus dimana orang tua meninggalkan anaknya di dalam mobil. Alhasil, sang anak meregang nyawa karena kehabisan oksigen. Demikian juga jangan meninggalkan hewan peliharaan di dalam mobil, karena bisa juga hewan tersebut kehabisan nafas karena kabin pengap. 

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here