Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    Tips8 Tips Jitu Jual Mobil Secara Online Agar Cepat Dilirik Konsumen

    8 Tips Jitu Jual Mobil Secara Online Agar Cepat Dilirik Konsumen

    Membeli mobil baru dan berniat menjual mobil lama, ada baiknya jangan terburu-buru. Memang dengan menjual mobil lama, uang hasil penjualan bisa dimanfaatkan untuk menambah biaya pembelian mobil baru. Setidaknya bisa digunakan untuk uang muka atau down payment (DP).

    Hanya saja menjual mobil memang gampang-gampang susah. Pasalnya, meski mobil dianggap masih mulus, namun bisa bukan selera si calon pembeli karena warna atau harga tidak sesuai 

    Namun dewasa ini, masuk di era teknologi yang kebanyakan orang menjual barang-barangnya termasuk mobil melalui internet, dianggap jadi salah satu pilihan jitu. 

    Hanya saja, jika ingin menjual mobil bekas secara online ada baik nya memperhatikan beberapa hal, antara lain:

    1. Periksa Kondisi Mobil Secara Menyeluruh

    Hal pertama yang harus dilakukan sebelum menjual mobil adalah memeriksa bagian-bagian mobil, apakah fungsinya masih aktif atau tidak. Mulai dari mesin mobil, AC, steering, lampu-lampu, dekorasi internal mobil, jendela, pintu, serta hal-hal kecil lainnya. 

    Tak hanya itu, sejumlah bagian mobil lainnya juga harus diperiksa, mulai dari kondisi ban, jarak tempuh, hingga suspensi.

    Melakukan pemeriksaan diperlukan, agar terhindar dari kesalahan pembeli baru yang menyebut mobil banyak mengalami kerusakan. Sebaliknya, apabila semuanya dalam kondisi bagus, maka harga yang didapatkan bisa lebih tinggi.

    2. Jaga Selalu Kebersihan Mobil

    Hal yang tidak boleh diabaikan ketika menjual mobil yaitu tetap menjaga kebersihan mobil.

    Pasalnya, jika sebuah kendaraan bersih maka hal ini menandakan bahwa si pemilik peduli dan melakukan perawatan dengan baik. Kondisi ini akan lebih menarik perhatian calon pembeli.

    Bukan tak dipungkiri, calon pembeli akan merasa tertarik pada pandangan pertama ketika melihat bodi mobil lebih kinclong.

    3. Riset Harga di Pasaran

    Melakukan riset terkait harga mobil di pasaran juga penting untuk dilakukan. Pasalnya, OLXer tidak bisa seenaknya menentukan harga jual tanpa mengecek harga terlebih dahulu. 

    Jika harga yang dipasang terlalu rendah, maka hal ini dapat merugikan. Sebaliknya, jika harga yang dipasang terlalu tinggi, bisa jadi tidak akan ada calon pembeli yang melirik. Manfaatkan media sebanyak-banyaknya, bahkan melalui internet bisa sangat mudah untuk melakukan perbandingan harga. 

    4. Jual Secara Jujur

    Salah satu cara jual mobil bekas agar cepat laku, menjualnya secara jujur. Sebagai contoh, jika terdapat kerusakan atau bekas tabrakan pada mobil, jangan ragu untuk menyampaikan hal tersebut kepada pembeli.

    Hal ini juga berguna untuk menghindari komplain dari pembeli di kemudian hari. Menjual mobil dengan kondisi buruk karena tidak jujur, bukan tak mungkin OLXer akan masuk dalam daftar blacklist karena dianggap tidak recommended.

    5. Siapkan Foto Terbaik Mobil

    Untuk menarik perhatian calon pembeli di dunia maya, menyiapkan foto terbaik dari kendaraan yang akan OLXer jual penting untuk dilakukan. 

    Setelah melakukan proses pembersihan secara menyeluruh, lakukanlah pengambilan foto secara menyeluruh, mulai dari bagian luar hingga bagian dalamnya.

    Tipsnya, foto di lokasi yang memiliki pencahayaan maksimal. Hal ini agar foto memberikan gambaran mobil yang baik.

    6. Berikan Informasi Lengkap

    Sama seperti seorang sales di dealer, ketika menjual mobil secara online ada baiknya mencantumkan informasi selengkap mungkin, mulai dari model, jenis, tahun produksi, bahan bakar yang digunakan, jarak tempuh, transmisi, dan informasi penting lainnya. 

    Bisa juga memberi informasi dalam deskripsi bagaimana metode cara pembayarannya. Karena jual beli mobil nominalnya tidak sedikit. 

    7. Cari Teman untuk Bertemu

    Ketika pertama kali menjual mobil, ada juga yang merasa ‘bertemu calon mertua’ rasa berdebar seakan tak karuan. Nah, tak ada salahnya ditemani teman, kerabat atau keluarga agar lebih rilex. 

    terkadang menjadi hal yang mendebarkan. Karena Anda tidak mengetahui apakah calon pembeli memang niat membeli mobil, atau ada maksud terselubung. Oleh karena itu, penting untuk membawa teman Anda dan memilih tempat yang ramai untuk mengurangi risiko kejahatan.

    8. Jual di Situs Jual Beli Terpercaya

    Terakhir, strategi menjual mobil bekas sendiri yang dapat dilakukan adalah dengan menjualnya di situs jual beli atau aplikasi terpercaya. Salah satu situs terbaik untuk menjual mobil bekas adalah di OLX.co.id. Situs iklan baris online terbesar di Indonesia ini merupakan platform yang mudah bagi para penjual untuk memasang iklan untuk dapat dengan cepat menjual barangnya.

    Bagi para pembeli, OLX juga menjadi situs untuk menemukan beragam produk barang bekas dan barang baru yang sesuai dengan kebutuhannya. Berbagai barang yang dapat dicari di OLX.co.id mulai dari handphone, komputer, perangkat rumah tangga, mobil, sepeda motor, spare part dan aksesorisnya, properti, hingga lowongan kerja.

    Jika mobil sudah terjual, maka ada baiknya iklan diturunkan, agar handphone atau email OLXer tak lagi dihubungi pembeli. Kalau mau jual mobil bekas bisa juga dilakukan di sini. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here