Jumat, April 19, 2024
Lainnya
    Tak Berkategori9 Cara Mudah Merawat Skuter Matik

    9 Cara Mudah Merawat Skuter Matik

    Sepeda motor tanpa gigi atau skuter matik (skutik) memang peminatnya cukup tinggi. Ya, meski awal kemunculan skutik disebut-sebut motor khusus kaum hawa, namun dewasa ini jenis motor tersebut justru banyak juga disukai pria karena simple dan praktis.

    Bahkan, di Indonesia trend penggunaan skutik sampai menggusur pangsa pasar motor bebek dan motor sport. Hal ini pula membuat pabrik motor yang ada di Tanah Air berlomba-lomba memasarkan skutik.

    Kendati begitu, faktanya pemilik skutik tak semua perhatian atau peduli untuk merawat tunggangannya. Padahal, jika tak dirawat maka motor baru atau bekas, bisa mengalami masalah serius bahkan sampai mogok.

    Padahal meski jeroan mesin berbeda namun secara perawatan faktanya tetap sama. Jika pun berbeda, biasa nya karena pada sistem pembakaran karburator ataupun injeksi.

    Oleh karena itu, dilansir situs Wahana Honda, berikut ini ada sembilan cara yang bisa OLXer lakukan untuk merawat skuter matik murah dan bisa dilakukan sendiri, yaitu:

    1. Rutin panaskan mesin motor di pagi hari

    Memanaskan motor adalah sebuah cara merawat dengan memanaskan mesin agar oli dalam mesin siap melumasi mesin sehingga performa dari mesin itu lebih maksimal.

    Cara memanaskan motor matic yang baik adalah panaskan motor kurang lebih 5-10 menit dan sebaiknya menggunakan kick stater saja jika menggunakan starter elektrik tentunya akan lebih banyak mengurangi baterai dari motor tersebut.

    2. Ganti oli secara berkala

    Perawatan skutik yang perlu dilakukan yaitu sesuai dengan jadwal pergantian oli yang biasanya dilakukan setiap 1.000 km dan untuk pergantian oli transmisi motor (oli gardan) maksimal ketika motor sudah mencapai 5.000 km.

    Apabila acuan kilometer untuk ganti oli lupa sebaiknya lakukan perawatan rutin ini setiap 2-3 bulan sekali dan jangan lupa juga untuk menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi motor matic yang anda miliki.

    3. Jangan kehabisan bensin

    Jangan sampai skuti berhenti di jalan karena bensin habis. Hal ini karena dapat merusak mesin motor tersebut. Terlebih pada motor matic injeksi.

    Untuk itu usahakan selalu motor matic jangan sampai menunjukan indikator E pada speedometer dan biasakankan motor berisi bahan bakar yang full untuk mengantisipasi hal tersebut.

    4. Check kondisi vanbelt dan roler

    Pentingnya akan memeriksa kondisi vanbelt merupakan hal yang tak boleh untuk ditinggalkan bagi pemilik motor matic. Kondisi vanbelt yang mempunyai bahan yang terbuat dari karet dikhawatirkan akan putus di tengah jalan yang mengakibatkan motor berhenti dan tak bisa berjalan lagi.

    Jika sudah menjadi keharusan untuk mengganti v belt tersebut sebaiknya gunakan suku cadang yang original sehingga membuat  motor matic lebih terjamin karena pasti lebih awet.

    5. Perawatan AKI

    Tak mudah untuk mengetahui kondisi aki yang berada pada skutik, sehingga setiap pengguna motor matic mayoritas pernah motornya mengalami mati aki.

    Jika hal demikian terjadi, tentu akan kehilangan power dari motor selain itu juga cahaya lampu akan berkurang, dan yang paling menjengkelkan jika aki motor matic mati adalah pada saat menghidupkan motor harus menggunakan kick starter yang membuat kita terasa lebih banyak mengeluarkan tenaga.

    Maka dari itu disarankan sebaiknya para pengguna harus mengganti aki setidaknya dalam 7-8 bulan setelah penggantian terakhir.

    6. Stabilkan kecepatan gas

    Biasanya hal ini sering dilakukan oleh pengguna motor matic, yakni ketika kecepatan motor dalam kondisi cepat secara tiba – tiba menurunkan gas begitu pun sebaliknya.

    Sebab, tanpa disadari hal ini akan merusak masa umur mesin. Dengan kecepatan yang kurang stabil tak hanya akan merusak mesin namun sampai juga pada v belt motor.

    7. Ganti oli shockbreaker

    Oli juga memang tak hanya terdapat pada mesin motor saja, namun oli juga terdapat pada shockbreaker. Oleh karena itu perlu adanya pergantian dengan tujuan tak lain agar kondisi shock motor tetap berfungsi secara normal.

    Untuk jadwal pergantian oli shock motor bisa diganti setiap motor mencapai 10.000 KM.

    8. Servis rutin di bengkel

    Perawatan pada servis berkala motor matic biasanya meliputi penggantian oli, membersihkan karburator dan setting motor. Disarankan service pada bengkel resmi untuk menanyakan mengenai aki apakah masih layak, vanbelt dan roler apakah memerlukan penggantian, dari beberapa hal tersebut tentunya akan semakin baik jika penggunaan suku cadangnya pun dengan yang original.

    Lakukan servis berkala kurang lebih 3 bulan sekali untuk menjaga performance motor matic anda.

    9. Gunakan bensin berkualitas

    Cara mudah merawat skutik sebenarnya mudah yaitu cukup menggunakan kualitas bahan bakar. Hal ini karena sangat mempengaruhi kualitas mesin motor. Oleh sebab itu sebaiknya mengisi bahan bakar motor pada tempat yang tepat dan dikelola oleh pemerintah (pom) atau tempat – tempat penjual bensin yang memang sudah dipercaya.

    Akan tetapi, biasanya pasca penggunaan selama lima tahun, performa mesin dan komponen lain biasanya akan menurun.

     

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait