Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    MobilReview9 Keunggulan Mitsubishi Xpander, Nomor 8 Paling Menarik

    9 Keunggulan Mitsubishi Xpander, Nomor 8 Paling Menarik

    News.OLX.co.id – Tahun 2017 menjadi tonggak bersejarah industri otomotif nasional di segmen kendaraan penumpang model Low MPV (Multi Purpose Vehicle). Untuk pertama kalinya di tahun tersebut, Toyota Avanza sebagai mobil dengan julukan “MPV Sejuta Umat” mendapatkan lawan yang cukup sepadan setelah Mitsubishi Xpander melakukan debut dunianya di lantai pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017.

    Meski Xpander bukan model pertama yang mencoba menantang Avanza, karena sebelumnya sudha hadir Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, tapi nama Xpander begitu spesial di segmen ini karena mampu memberikan perlawanan yang cukup sengit terhadap duet kembar Daihatsu dan Toyota di segmen itu.

    “Sejak pertama kali hadir di pasar otomotif Indonesia, Mitsubishi Xpander telah menerima antusiasme dan permintaan yang luar biasa. Kehadiran Xpander di Indonesia pun telah menorehkan sejarah terhadap bisnis Mitsubishi di Indonesia,” ungkap Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT MMKSI.

    Mitsubishi Xpander sendiri mulai diproduksi di pabrik baru Mitsubishi Motors Cikarang, Jawa Barat pada bulan September 2017. Hanya dalam kurun tiga bulan masa produksi, tepatnya pada Desember 2017, total produksi Xpander langsung tembus di angka 12.374 unit.

    Angka tersebut langsung meroket setahun setelahnya, atau di 2018 yang mencapai total produksi 107.702 unit. Kemudian di 2019 naik lagi hingga mencapai 145.244 unit.

    9 Keunggulan Mitsubishi Xpander
    Mitsubishi Xpander Black Edition (Foto : Zie)

    Sayangnya, tren positif produksi Mitsubishi Xpander ini harus menerima kenyataan pahit setelah Indonesia dihantam badai pandemi COVID-19. Sepanjang bulan Januari hingga Juni 2020, total produksinya hanya mencapai angka 36.753 unit. 

    Angka tersebut masih harus di breakdown lagi, 28.897 unit untuk produksi Xpander, 6.274 unit Xpander Cross, dan 1.582 unit untuk Nissan Livina. Dari laporan GAIKINDO, aktivitas produksi di pabrik mobil, bukan cuma Mitsubishi saja, terpaksa harus dibatasi sejak pandemi. Bahkan pada bulan Mei 2020 pabrik Mitsubishi tidak beroperasional akibat kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Mei lalu. 

    Pabrik baru mulai beroperasi kembali pada pada 23 Juni 2020, tetapi dengan jumlah terbatas serta pemberlakuan protokol kesehatan ketat. 

    Di bulan Oktober 2020, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menghadirkan penyegaran pada Low MPV andalannya tersebut. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari strategi untuk menawarkan model Xpander dengan fitur yang lebih lengkap bagi konsumennya di Indonesia. Sekaligus menjaga persaingan dengan model Low MPV lainnya yang juga terus berbenah agar semakin diminati. 

    Dalam tulisan kali ini, redaksi News.OLX.co.id mencoba meng-highlight keunggulan dari Mitsubishi Xpander yang menjadikannya begitu diminati oleh masyarakat selama kurun tiga tahun terakhir.

    9 Keunggulan Mitsubishi Xpander 

    1. Eksterior

    9 Keunggulan Mitsubishi Xpander
    Desain Dynamic Shield di wajah Mitsubishi Xpander (Foto : Zie)

    Keunggulan pertama, dan kami rasa ini tidak pernah diperdebatkan adalah dari bentuk desain luarnya. Mengusung konsep wajah Dynamic Shield, yang menjadi bahasa desain dari produk-produk terbaru Mitsubishi, Xpander memang tidak terbantahkan terlihat lebih futuristik dari model Low MPV merek lainnya. 

    Bagian depan mengusung headlamp LED DRL berbentuk sipit yang mengentalkan kesan modern serta futuristik. Dimana headlamp modern ini menyatu dengan grille berlapis krom yang semakin menambah kesan elegan. 

    Boleh OLXers bandingkan bentuk wajah Xpander dengan model MPV lainnya, kami berani bertaruh bahwa Xpander unggul segala-galanya di sektor ini.  

    Jadi tak perlu heran kalau kebanyakan orang langsung jatuh cinta pada Xpander setelah pertama kali melihat mukanya. 

    Pesona Xpander didukung dengan penampilan dari sisi samping maupun belakangnya. Model yang menjadi kunci sukses Mitsubishi Motors di kendaraan penumpang untuk pasar Indonesia ini didukung dengan tampilan baru pada bagian lingkar roda yang mengusung ukuran 16-inch two tone alloy wheel. 

    Sedangkan di bagian belakang sudah menggunakan antena Shark Fin yang memberikan tambahan nilai estetika pada varian Ultimate, Sport, dan juga Exceed.

    2. Interior

    9 Keunggulan Mitsubishi Xpander
    Kabin baris pertama Mitsubishi Xpander Black Edition (Foto : Zie)

    Pada interior Xpander baru, Mitsubishi Motors menawarkan New Beige Seat Pattern untuk memperjelas bahwa model Low MPV ini punya kesan mewah. Meskipun itu hanya ditawarkan pada varian Ultimate dan Exceed. Sedangkan untuk varian Sport, New Black Seat Pattern hadir memberikan kesan sporty. 

    Kabin yang lebih luas dan juga senyap menjadi bentuk kenyamanan tersebut, ditambah dengan 16 ruang penyimpanan yang multifungsi di semua sisi, Xpander memberikan kemudahan dan keleluasaan bagi seluruh anggota keluarga untuk beraktivitas di dalam perjalanan.

    Di varian Ultimate dan Exceed hadir New Accent Instrument Panel dan Door Trim Wood Panel. Untuk varian Ultimate sudah tersemat Head Unit ukuran 7-inch Touch Screen Audio dengan Smartphone Connectivity. Hal ini semakin menambah kenyamanan dan kemudahan saat berkendara. 

    Sementara untuk varian Sport terdapat Door Trim Silver Panel. Khusus untuk varian Sport kini sudah dilengkapi fitur Hands Free Steering Switch yang memudahkan pengendara untuk tetap terkoneksi dengan telepon namun tetap aman selama mengemudi.

    Yang manapun pilihan OLXers, keduanya tetap menawarkan bentuk kenyamanan yang hakiki di sektor kabin, membuat para pemilik Xpander selalu bangga dan juga betah berlama-lama duduk di dalam mobil. 

    3. Fitur Keselamatan dan Keamanan

    Mitsubishi Xpander dilengkapi dengan beragam fitur standar, baik yang merupakan fitur keamanan maupun keselamatan. Fitur keselamatan terdiri dari rem berteknologi ABS, EBD dan BA. Sedangkan untuk fitur keamanan kini sudah ada kunci immobilizer di semua varian untuk meminimalisasi terjadinya risiko pencurian mobil. 

    Selain itu, rear parking sensor juga hadir sebagai pemberi isyarat kepada pengemudi saat mendeteksi objek yang menghalangi mobil ketika parkir mundur. Satu lagi, seluruh varian Xpander terbaru sudah disematkan fitur New Dual Horn. 

    Xpander juga punya keunggulan dari sisi kenyamanan visibilitas pengemudi dengan disematkannya lampu LED pada bagian head lamp dengan lighting range yang lebih luas. 

    Ditambah dengan Rear Window Defogger pada varian Ultimate, Sport, dan juga Exceed.

    4. Mesin

    Di bagian mesin, Mitsubishi Xpander juga menawarkan keunggulan dari sisi performa. Dengan pengalaman menciptakan kendaraan yang tangguh serta hebat di berbagai ajang kejuaraan balap dunia, para insinyur Mitsubishi memodali Xpander dengan mesin yang bertenaga. 

    Mesin MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control) teknologi 4A91 DOHC dengan kapasitas 1.500 cc yang berada di bawah bonet Xpander mampu menghasilkan tenaga maksimal 120 Ps di putaran 6000 rpm dengan torsi 145 Nm pada putaran 4000 rpm. 

    Keunggulan performa tersebut semakin disempurnakan dengan proses perpindahan transmisi yang sangat halus sehingga urusan konsumsi bahan bakarnya menjadi semakin irit. 

    5. Ground Clearance 

    9 Keunggulan Mitsubishi Xpander
    Dari samping, body Mitsubishi Xpander terlihat proporsional dengan ground clearance yang ideal (Foto : Zie)

    Salah satu hal yang menjadikan MPV seperti Xpander menjadi nyaman adalah dilihat dari ketinggian dengan tanah. Disebutnya ground clearance. Mitsubishi Xpander memiliki jarak terendah ke tanah setinggi 200 mm, cukup ideal untuk ukuran sebuah Low MPV, tidak terlalu rendah dan juga tidak terlalu jangkung. Hal ini memberikan posisi mobil yang cukup stabil saat berlari kencang di permukaan jalan yang halus, tapi sekaligus tidak memberikan rasa khawatir mentok saat melewati gundukan ataupun jalan yang kurang rata.

    6. Suspensi 

    Meskipun harus melewatinya (jalan tidak rata) kenyamanan tetap bisa dirasakan oleh seluruh penumpang di dalam kabin berkat aplikasi suspensi yang kokoh. Mitsubishi Xpander mengandalkan suspensi Mac Pherson Strut Coil Spring pada bagian depan dan Torsion Beam pada bagian belakangnya, Suspensi depan belakang tersebut mampu meredam getaran dengan cukup baik. 

    7. Layanan Purnajual

    MMKSI dalam menjual produk andalannya, termasuk Xpander memang tidak bisa dibilang main-main. Untuk memberikan pengalaman kepemilikan yang menyenangkan, Mitsubishi Xpander sudah dibekali dengan layanan purnajual yang memudahkan konsumen sekaligus irit. 

    Setiap unit Xpander dibekali dengan layanan gratis biaya jasa (sesuai manual book) untuk perawatan berkala hingga 4 (empat) tahun atau 50.000KM.

    Dengan total biaya kepemilikan kendaraan menguntungkan konsumen, menjadikan Xpander pilihan yang pintar dan benar untuk keluarga Indonesia.

    Dalam kondisi darurat, pemilik Xpander bisa dengan mudah mendapatkan layanan 24-Hours Emergency Service. 

    8. Harga Bekasnya Stabil

    Keunggulan Mitsubishi Xpander yang terakhir serta yang tidak kalah penting adalah harga jual kembalinya yang cukup stabil. Bahkan jika dibandingkan dengan merek Low MPV lainnya, resale value dari Xpander dalam kurun 4 tahun terakhir sangat menjanjikan.

    Mengambil data dari OLX.co.id, harga jual kembali, perbandingan harga dari seluruh Low MPV yang dijual di Indonesia, jika kita ambil dari produksi tahun 2017, harga bekas Mitsubishi Xpander masih terhitung yang paling tinggi dibanding Avanza, Ertiga, Mobilio maupun Xenia. 

    Artikel lebih detail terkait harga bekas Low MPV bisa OLXers baca disini.

    9. Pilihan Varian Lengkap

    9 Keunggulan Mitsubishi Xpander
    Tampilan belakang Mitsubishi Xpander (Foto : Zie)

    Mitsubishi menawarkan 6 varian untuk Xpander, mulai dari varian paling bawah yakni GLX, GLS, hingga Exceed, Sport, dan Ultimate. Varian ini masih ditambah dengan pilihan untuk special edition yakni Black Edition dengan pilihan transmisi manual dan juga otomatis.

    Varian/Tipe Mitsubishi Xpander

    Harga OTR

    GLX M/T

    Rp 221,4 Juta

    GLS M/T

    Rp 237,9

    Exceed M/T

    Rp 246,4 Juta

    GLS A/T

    Rp 248,9 Juta

    Exceed A/T

    Rp 257 Juta

    Black Edition M/T

    Rp 260,7 Juta

    Sport M/T

    Rp 265 Juta

    Black Edition AT

    Rp 271,3 Juta

    Sport A/T

    Rp 275 Juta

    Ultimate A/T

    Rp 278,2 Juta

    Nah, itulah 9 keunggulan Mitsubishi Xpander, Low MPV yang begitu fenomenal di Indonesia. Tentunya disini kami tidak menyebut bahwa Low MPV lainnya kalah dengan Xpander. Karena kembali lagi, urusan pilihan serta selera kami kembalikan lagi kepada OLXers. 

    Tapi jika pilihan tetap jatuh pada Xpander dan OLXers berminat untuk meminang Xpander bekas, OLX punya banyak list Xpander dijual yang ditawarkan kepada kalian. 

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here