Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    Berita9 Mobil Tercepat Buatan Jepang yang Bikin Semakin Diperhitungkan Dunia

    9 Mobil Tercepat Buatan Jepang yang Bikin Semakin Diperhitungkan Dunia

    Mobil-mobil bergaya sport dengan tenaga sangat mumpuni memang dikenal  lahir di tanah Eropa dan juga Amerika. Namun di Asia, tepatnya Jepang, juga memiliki sejarah mobil-mobil cepat yang hingga saat ini sudah diakui di dunia.

    Sejarah mobil-mobil sport buatan Jepang hadir setelah Perang Dunia II, dimana negeri Sakura benar-benar konsen membuat sejumlah mobil. Alhasil, kepemilikan mobil di sana mulai mengalami peningkatan sekitar tahun 1950-an. 

    Seperti dilansir Carbuzz, hadirnya mobil Sport di Jepang dimulai dari perusahaan Toyota yang sempat bekerja sama dengan Yamaha untuk menghadirkan mobil Toyota 2000GT pada ajang Tokyo Motor Show 1965, dan kemudian mobil ini mulai diproduksi pada tahun 1967. 

    Toyota 2000GT
    Toyota 2000GT

    Benar saja, pada awal kemunculan Toyota 2000GT, mobil ini menuai banyak sensasi dan sambutan sangat positif melebihi Porsche 911 yang lima tahun lebih dulu terlahir. Pasalnya, Toyota 2000GT jadi mobil spesial lantaran hanya diproduksi sebanyak 351 unit dan membuat pamor Toyota semakin melejit di kancah otomotif dunia. 

    Nah, belajar dari Toyota sejumlah pabrikan otomotif di Jepang mulai merasakan keuntungan dan tumbuh berkembang. Mereka juga membuat mobil-mobil yang saat ini jadi legenda. 

    Tak lupa, pada tahun 1990, pabrikan otomotif Jepang kembali menggemparkan dunia lantaran mulai menghadirkan mobil-mobil sport yang dijual secara masal. 

    OLXer mau tahu mobil-mobil sport seperti apa yang dibuat pabrikan otomotif Jepang, berikut daftarnya:

    1. Honda NSX (1990)

    Honda NSX 1990
    Honda NSX 1990

    Awalnya, kemunculan Honda NSX memang ingin menyaingi supercar dari Eropa, seperti Ferrari dan lainnya yang mengusung mesin V8. Hanya saja, Honda bereksperimen, ingin menghadirkan mobil cepat namun harganya lebih terjangkau. 

    Maka, lahirlah Honda NSX yang diproduksi massal dengan menggunakan bahan body bermaterial alumunium dan mesin V6 VTEC berkapasitas 3.0 lite yang sanggup menghasilkan darya 270 Tk.

    Menurut sebuah media otomotif ternama Motor Trend, kala itu kehadiran Honda NSX dianggap melebihi Ferrari atau Lamborghini. termasuk Chevrolet Corvette ZR1.

    2. Mazda RX-7 (1991)

    Mazda RX 1991
    Mazda RX 1991 

    Mazda sebenarnya memiliki mobil sport MX-5. Hanya saja, soal kecepatan dianggap kurang kuat. Hal inilah membuat Mazda luncurkan Mazda RX-7 bermesin rotari plus turbocharger berkapasitas 1.3 liter yang mampu menghasilkan daya 276 Tk.

    3. Toyota Supra A80 (1993)

    Toyota Supra A80
    Toyota Supra A80

    Toyota Supra jadi salah satu mobil sport yang hingga saat ini masih dibuat dan dijual Toyota di dunia, termasuk di Indonesia. Adapun, kehadiran Toyota Supra A80 ini merupakan penerus dari Toyota Celica liftback, yang secara terus menerus berkembang hingga lahirlah Toyota Supra generasi keempat yang disebut Toyota Supra A80.

    Pamor Toyota Supra A80 semakin dikenal masyarakat, setelah hadir dalam film Fast and Furious pertama. Adapun untuk jantung pacu, mobil ini dijejali mesin Toyota 2JZ-GTE twin-turbocharged I6 berkapasitas 2,997 cc yang menghasilkan daya 276 Tk dan torsi 431 Nm. 

    4. Subaru Impreza 22B STi (1998)

    Subaru Impreza 22B
    Subaru Impreza 22B

    Mobil sport Jepang tak akan lengkap jika tidak menyebutkan sosok Subaru Impreza 22B Sti. Mobil ini awal kemunculannya untuk merayakan kemenangan Colin McRae di ajang kejuaraan Reli dunia FIA.

    Subaru Impreza 22B STi ini sudah mengusung mesin boxer 4 silinder berkapasitas 2,2 liter plus turbo yang  menghasilkan daya hingga 276 Tk. Dengan mesin ini, mobil tersebut diklaim dapat berakselerasi dari 0-100 km per jam hanya dalam waktu 3,9 detik.

    5. Nissan Skyline GT-R (R34) (1999)

    Nissan Skyline GT-R (R34)
    Nissan Skyline GT-R (R34)

    Sejatinya, Nissan Skyline hadir pertama kali pada 1969, kemudian menghilang pada 1973 dan kembali dihidupkan lagi pada 1989. Nissan Skyline GT-R atau R32 sebutannya kala itu juga disebut Godzilla.

    Nah, seiring perkembangan teknologi, munculah Nissan Skyline GT-R R34 yang sudah dibenamkan mesin 6 silinder berkapasitas 2.6 liter, twin turbocharged yang menghasilkan daya 276 Tk.

    6. Mitsubishi Lancer Evo VIII (2003)

    Mitsubishi Lancer Evo VIII
    Mitsubishi Lancer Evo VIII

    Mitsubishi Lancer Evolution memang sudah ada sejak 1992. Namun yang menjadi perhatian saat kemunculan Lancer Evo VIII pada 2003. 

    Ya, Lancer Evo VIII namanya cukup memukau tak hanya di pasar Asia, karena di Amerika Serikat mobil ini juga cukup laris karena ikut mencuri perhatian para petrolhead. 

    Lancer Evo VIII sendiri sudah mengusung mesin 4G63 berkapasitas 2.0 liter plus turbo yang mampu menghasilkan daya 276 Tk dan torsi 400 Nm untuk tipe MR-GSR) dan 405 Tk dan tors 481 untuk tipe FQ-400.

    Selain itu, untuk pasar Amerika Serikat sendiri Lancer Evo VIII mengalami perbedaan diantaranya sudah menggunakan shock Bilstein, dan rem Brembo.

    7. Lexus LFA (2011)

    Lexus LFA 2011
    Lexus LFA 2011

    Mobil sport Jepang lainnya yang tak kalah hebat adalah Lexus LFA yang juga disebut-sebut sebagai mahakarya terbaik sebuah supercar. 

    Mobil yang menggunakan serat karbon pada bagian bodi dan sasis monocoque polimer diperkuat dengan mesin V10 4,8 liter yang mampu menyemburkan daya hingga 553 hp pada 8.700 rpm. 

    kehadiran Lexus LFA ini jelas menarik banyak perhatian karena mobil ini hanya dibuat  sebanyak 500 unit. Bahkan  termasuk kolektor otomotif Jay Leno dan penyiar dan wartawan otomotif Jeremy Clarkson mengatakan sangat menyukai mobil tersebut. 

    “Ini adalah mobil cerdas yang dibuat oleh orang-orang cerdas. Dalam beberapa hal, ini mentah dan mendalam, di sisi lain, ini adalah pelajaran yang masuk akal. Mesin di depan, dua kursi di tengah ,dan bagasi yang bisa Anda gunakan. Terlepas dari semua ini, ada perasaan bahwa Anda berada di dalam mobil balap yang nyata dan penuh,” kata Clarkson.

    8. Acura NSX (2016)

    Acura NSX 2016
    Acura NSX 2016

    Acura NSX memang masih satu family dengan Honda NSX. Yang membedakannya yaitu pasar Acura NSX untuk dijual di Amerika sedangkan Honda NSX Jepang. 

    Acura NSX ini memang sudah mengusung teknologi hybrid, dimana untuk jeroannya dibenamkan mesin bensin V6 twin-turbo, V6 yang menghasilkan daya 573 Tk dan torsi 476 lb-ft serta dicangkokkan sistem transmisi 9-percepatan, dual-clutch gearbox. Dengan tenaga tersebut mobil ini diklaim mampu berakselerasi dari 0-100 km per jam hanya dalam waktu 2,7 detik. 

    9. Honda Civic Type R (2017) 

    Honda Civic Type R
    Honda Civic Type R

    Honda Civic memang sudah ada sejak tahun 1972. Mobil ini juga memiliki versi 'ngebut' atau Type R pada 2007. Nah, dari situs, Honda terus mengembangkannya hingga munculah Honda Type R pada 2017 yang dikenal galak. 

    Ya, mobil Honda Civic Type R ini juga disebut sebagai model sports car, karena mobil ini disebut-sebut meminimalkan bobot, memaksimalkan tenaga, responsif, stabilitas dinamis dan performa pengereman yang bertujuan untuk memberikan pengalaman berkendara yang paling memuaskan, baik di jalan maupun di lintasan balap.

    Honda Civic Type R mengusung mesin 2.0 liter VTEC Turbo yang menghasilkan tenaga 305,7 Tk pada 6.500 rpm dan torsi maksimal 400 Nm pada 2.500 – 4.500 rpm.  Honda Civic Type R hadir dengan transmisi manual 6 percepatan, dan dilengkapi 3 mode Driving, yaitu +R, Sport dan Comfort. 

     

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here