Sabtu, Desember 4, 2021
OLX Auto
More
    BeritaAda Aki Lithium, Apa Hebatnya?

    Ada Aki Lithium, Apa Hebatnya?

    Bicara soal sumber listrik pada sebuah mobil dan sepeda motor pasti yang terbesit adalah hasil kinerja ACCU atau aki basah atau kering.

    Namun OLXer harus tahu, seiring perkembangan zaman ada juga aki berbahan lithium. Setidaknya, hal tersebut digarap langsung pabrikan asal Indonesia, PT Sentramitra Dayautama.

    Menurut Sales PT Sentramitra Dayautama Levin, aki lithium yang berbahan material lithium iron Phosphate bukan aki biasa dan fungsi sebagai pengganti aki konvensional.

    Kata Levin, meski bentuk aki lithium lebih kecil namun memiliki berbagai kelebihan dibandingkan aki konvensional baik itu aki basah atau aki kering. Bahkan, lanjutnya aki lithium lebih ramah lingkungan karena tidak menimbulkan timbal. Sebaliknya, aki ini mudah didaur ulang dan memiliki kelebihan lainnya.

    “Seperti kapasitas lebih besar, daya ampere lebih tahan dan kelistrikan lebih baik,” ungkap Levin saat ditemui beberapa waktu lalu.

    Selain itu, lanjut Levin, aki lithium memiliki beberapa kelebihan lainnya, yaitu lebih ringan, lebih tahan panas, lebih tahan guncangan, dan lebih panjang umur sampai 6-7 tahun.

    Belum sampai disitu, Levin juga mengklaim bahwa baterai lithium yang memiliki kapasitas 12V 15Ah ini tidak mudah berkarat dan lebih tahan guncangan sehingga tidak mudah rusak, dan juga garansi sampai 24 bulan.

    “Sudah bisa digunakan pada semua sepeda motor dengan kapasitas mesin di bawah 250 cc. Untuk cara pemasangannya masih tetap sama seperti aku pada umumnya menyesuaikan pada masing-masing terminal plus dan minus,” tuturnya.

    Jika dimensi aki lithium lebih kecil, ternyata hal ini akan banyak digunakan bagi dunia modifikasi. Hal ini karena akan mudah menyembunyikannya dan sehingga tidak makan tempat. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here