Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    BeritaAirbag Baru Hyundai Cegah 'Kejedot' dengan Penumpang Saat Kecelakaan

    Airbag Baru Hyundai Cegah ‘Kejedot’ dengan Penumpang Saat Kecelakaan

    Jakarta – Ketika menyetir mobil, pernahkah OLXer khawatir akan benturan kepala dengan penumpang seandainya terjadi kecelakaan fatal? Jika pernah, Hyundai punya jawaban nih akan kekhawatiran kalian.

    Riset yang dilakukan Hyundai menemukan bahwa antara pengemudi dan penumpang sering mencederai satu sama lain dalam kecelakaan, terutama pada bagian kepala. Dari temuan itu, pabrikan otomotif Negeri Gingseng berencana menambah jumlah airbag di mobil.

    Saudara kandung KIA itu telah merancang sebuah airbag atau kantung udara yang akan mengisi ruang memisahkan antara pengemudi dan penumpang depan. Tepatnya di sekitar bagian konsol tengah mobil. 

    Tujuannya yaitu untuk mencegah atau setidaknya dapat meminimalisir potensi pengemudi dan penumpang saling berbenturan satu sama lain dalam kecelakaan.

    Pada desain airbag tengah yang dirancang Hyundai, kantong udara tidak hanya akan mencakup kepala, tetapi juga bagian badan. Menurut riset internal pabrikan, kehadiran airbag dapat mengurangi kemungkinan menderita cedera kepala dalam kecelakaan hingga 80 persen, demikian seperti dilansir Digital Trends.

    Lebih lanjut, selain benturan antara kepala dengan kepala, airbag tengah juga dapat mencegah kepala pengemudi terbanting ke bahu penumpang. Bahkan jika tidak ada penumpang sekalipun, airbag akan tetap bermanfaat sebagai bantalan empuk di posisi samping untuk 'dihantam' bagian kepala atau tubuh dari pengemudi akibat guncangan saat kecelakaan.

    Airbag tengah Hyundai, pertama di dunia? Foto: Hyundai

    Nah, karena posisinya yang memaksa ukurannya menjadi lebih besar dari airbag yang terletak di stir mobil, misalnya, Hyundai tengah mempelajari bagaimana bentuknya untuk tetap sempurna ketika mengembang.

    Pabrikan yang bermarkas di Seoul itu juga mengakui bahwa mengembangkan airbag tengah lebih sulit dari hanya menduplikasi teknologi airbag yang sudah ada. Apalagi desain jok setiap mobil bisa berbeda-beda sehingga membutuhkan penyesuaian pada rancangannya.

    Di 2019 ini, konon belum ada satu pun mobil yang tersedia di pasar dengan airbag tengah seperti ini. Adapun Hyundai bakal mulai menjejali mobilnya dengan airbag tengah di 2020 mendatang, meskipun belum menentukan model mana saja yang mendapat ekstra airbag ini. 

    Sebagai sister company Hyundai, mobil KIA juga mungkin akan mendapat fitur serupa di kemudian hari. (Dhan/Her)

    Rancangan posisi airbag tengah Hyundai. Foto: Hyundai

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here