Senin, September 25, 2023
Lainnya
    LainnyaMengenal Airbag Mobil: Pengertian, Fungsi hingga Cara Kerjanya

    Mengenal Airbag Mobil: Pengertian, Fungsi hingga Cara Kerjanya

    Airbag mobil merupakan komponen dalam sistem keamanan yang dirancang untuk melindungi pengemudi dan penumpang. Sistem keamanan ini akan melindungi pengemudi dan penumpang saat terjadi kecelakaan yang parah. 

    Adanya airbag mobil yang berfungsi, nantinya akan meminimalisir efek dari kecelakaan mobil. Sehingga penumpang dan pengemudi dapat selamat dari kecelakaan yang terjadi. 

    Pentingnya airbag mobil membuat setiap pemilik mobil harus sadar untuk memiliki sistem keamanan ini. Keamanan menjadi nomor satu saat berkendara sehingga hal-hal tidak diinginkan seperti kecelakaan yang parah bisa diminimalisir efeknya.

    Sebagai komponen sistem keamanan yang penting, masih banyak orang yang awam dengan airbag mobil. Agar Anda bisa memahami lebih dalam tentang airbag mobil, berikut dirangkum pengertian airbag mobil, fungsi hingga cara kerjanya.

    Baca juga: 60 Ribu Toyota Rush Kena Recall Akibat Masalah Airbag

    Pengertian Airbag Mobil

    Airbag mobil adalah sistem keamanan pasif yang dirancang sedemikian rupa untuk membantu melindungi pengemudi dan penumpang mobil dari cedera lebih serius efek kecelakaan. Ketika mobil mengalami benturan yang keras maka sensor pada kendaraan akan mendeteksi perubahan percepatan mobil. 

    Sensor tersebut lalu mengirimkan sinyal ke unit pengontrol untuk memerintahkan isi airbag dengan gas dalam hitungan detik.Airbag terdiri dari sebuah kantong yang terbuat dari bahan fleksibel. 

    Biasanya airbag terbuat dari nylon. Saat airbag terisi dengan gas maka akan mengembang dengan cepat dan menyebar ke dalam ruang kabin mobil. Tujuan adanya airbag adalah untuk menahan gerakan tubuh pengemudi dan penumpang sehingga mereka tidak alami cedera serius di bagian kepala, leher, dada, atau bagian tubuh penting lainnya.

    Saat ini airbag sudah menjadi salah satu standar fitur di hampir semua mobil modern. Kini airbag sudah dipandang sebagai salah satu penemuan terpenting dalam teknologi keselamatan mobil. Oleh sebab itu kehadiran airbag cukup penting demi menjaga keselamatan pengemudi dan penumpang mobil.

    Baca juga: Perbedaan Masing-masing Mitsubishi Pajero Sport Facelift

    Fungsi Airbag pada Mobil

    Airbag mobil berperan sentral untuk jaga keselamatan pengemudi dan penumpang. Berikut ini dijelaskan secara detail beberapa fungsi dari airbag mobil.

    • Mengurangi parahnya cedera kepala dan leher

    Airbag mobil dirancang sedemikian rupa agar bisa mengurangi keparahan cedera di bagian kepala dan leher ketika terjadi tabrakan benturan. Saat mobil mengalami tabrakan yang dihasilkan percepatan tinggi, maka airbag akan terisi dengan gas secara otomatis. 

    Setelah itu, menempel pada kepala dan leher pengemudi dan penumpang. Dengan demikian, airbag bisa membantu melindungi kepala dan leher dari benturan keras dan mencegah adanya cedera serius seperti patah tulang atau cedera pada otak.

    • Mengurangi cedera pada dada

    Airbag mobil bisa membantu kurangi cedera pada dada pengemudi dan penumpang saat terjadi tabrakan. Diketahui, dada menjadi bagian vital manusia. 

    Saat airbag terisi dengan gas, itu memberikan bantalan tambahan bagi dada pengemudi dan penumpang, sehingga bisa membantu mengurangi keparahan cedera pada tulang rusuk atau organ internal.

    Baca juga: Toyota Yaris, Mobil Pujaan Kaum Muda, Tak Lekang Dimakan Zaman

    • Mengurangi cedera pada tangan dan kaki

    Tak hanya melindungi kepala, leher, dan dada, airbag juga berfungsi untuk membantu kurangi cedera pada tangan dan kaki pengemudi dan penumpang. Ketika terjadi tabrakan dan benturan, airbag akan mengisi dan menyebar ke arah pintu mobil. 

    Hal ini akan membantu pengemudi dan penumpang dalam melindungi tangan dan kaki dari benturan keras. Dengan begitu maka bisa mencegah terjadinya patah tulang atau cedera serius.

    • Proteksi tambahan pada pengemudi dan penumpang

    Selain sabuk pengaman, airbag mobil bisa memberikan proteksi tambahan pada pengemudi dan penumpang mobil. Kombinasi penggunaan sabuk pengaman dan airbag bisa membantu mengurangi keparahan cedera pada berbagai bagian tubuh ketika terjadi tabrakan. 

    Jadi, airbag kini menjadi komponen penting dalam sistem keamanan mobil.

    Cara Kerja Airbag pada Mobil

    Cara kerja airbag pada mobil melibatkan beberapa sistem yang saling bekerja sama secara otomatis dalam memberikan perlindungan atau proteksi saat terjadi kecelakaan. Berikut adalah cara kerja airbag pada mobil yang dijelaskan di bawah ini.

    • Sensor deteksi perubahan kecepatan

    Saat mobil mengalami kecelakaan maka sensor pada mobil akan mendeteksi perubahan dalam percepatan atau gerakan mobil. Sensor akan memberi tahu sistem pengendali bahwa airbag harus diterapkan. Sensor umumnya terletak di berbagai tempat di mobil, seperti pada bagian depan, samping, dan belakang.

    • Sistem pengendali aktifkan airbag

    Setelah menerima sinyal dari sensor, sistem pengendali akan secara otomatis mengaktifkan kantong udara atau airbag. Lalu mengatur pengisian gas ke dalam kantong tersebut. Sistem pengendali akan menentukan kapan dan seberapa cepat airbag harus diisi dengan gas

    • Airbag terisi gas

    Ketika sistem pengendali mengaktifkan airbag, kantong udara (airbag) akan terisi dengan gas dalam waktu kurang dari 1/20 detik. Hal ini memungkinkan airbag akan mengembang secara cepat dan memberikan perlindungan dalam waktu yang sangat singkat. 

    Airbag telah dirancang untuk membentuk bantalan untuk melindungi pengemudi dan penumpang mobil dari benturan keras.

    • Sabuk pengaman bantu tahan tubuh pengemudi

    Ketika airbag mengembang, sabuk pengaman akan berfungsi. Sabuk pengaman membantu menahan tubuh pengemudi dan penumpang serta mencegah tubuh mereka terlempar keluar dari kendaraan saat terjadi tabrakan.

    • Pengembangan kembali

    Setelah airbag terisi dengan gas, kantong udara tersebut akan mulai mengembang kembali. Saat kantong udara mengembang kembali, gas yang ada di dalamnya akan dilepaskan melalui lubang pada kantong. 

    Proses ini memungkinkan pengemudi dan penumpang untuk keluar dari kendaraan dengan mudah, aman dan tentunya selamat.

    Cara Mengecek Airbag Mobil

    Cara mengecek airbag mobil bisa bervariasi tergantung pada merek dan model mobil. Namun, ada beberapa cara umum yang dapat digunakan dalam memeriksa kesiapan airbag pada mobil:

    Cek lampu peringatan airbag

    Saat mobil dihidupkan, sistem peringatan pada dashboard akan melakukan pengecekan pada berbagai sistem mobil termasuk airbag. Jika sistem airbag tidak normal atau airbag tidak terpasang dengan benar, maka lampu peringatan airbag akan menyala di dasbor.

    Pastikan bahwa lampu peringatan airbag menyala saat mobil dihidupkan dan mati setelah beberapa detik. Jika lampu terus menyala, itu menunjukkan adanya masalah pada sistem airbag dan perlu diperiksa oleh mekanik.

    Cek panel kontrol airbag

    Beberapa mobil dilengkapi dengan panel kontrol airbag yang memungkinkan pengemudi untuk memeriksa status airbag mobil. Panel kontrol airbag terletak di dekat dashboard, di dekat panel pengontrol iklim, atau di tempat lain yang mudah diakses. 

    Jika mobil dilengkapi dengan panel kontrol airbag, Anda dapat menekan tombol atau memutar dial pada panel kontrol untuk memeriksa status airbag. Pastikan bahwa panel kontrol menunjukkan bahwa airbag siap.

    Periksa manual mobil

    Manual mobil biasanya menyediakan informasi tentang sistem airbag. Baca manual mobil untuk mengetahui cara mengecek status airbag mobil dan bagaimana cara menonaktifkan airbag saat diperlukan. 

    Beberapa mobil dapat memiliki saklar on/off untuk airbag yang dapat ditemukan di bagian bawah dashboard. Pastikan untuk membaca manual dengan cermat dan mengikuti petunjuk yang tertera di dalamnya.

    Bawa ke bengkel

    Apabila Anda tidak merasa yakin tentang bagaimana cara mengecek airbag pada mobil, cobalah bawa mobil ke bengkel atau dealer resmi untuk diperiksa oleh teknisi yang terlatih. Teknisi akan memeriksa sistem airbag mobil dan memberikan saran tentang tindakan yang perlu diambil jika ada masalah yang terdeteksi.

    Nah, setelah menyimak ulasan mengenai airbag mobil, sedikit banyak pasti Anda sudah memiliki pemahaman mengenai pentingnya sistem keamanan mobil ini. Pastikan selalu bahwa kondisi mobil Anda dalam keadaan prima agar selalu nyaman saat digunakan.

    Kalau urusan soal beli mobil bekas, pastikan pada dealer terpercaya yang dapat memberikan penawaran terbaik serta garansi pada unit yang Anda beli seperti OLX Autos.

    Membeli mobil bekas yang aman digunakan di jalan tentu harus fokus pada Kualitasnya. #PilihYangPasti untung Di OLX Autos. Kamu bisa pilih ribuan unit mobil dengan kualitas terbaik dan sudah melalui inspeksi. Sehingga bergaransi dan dijamin aman dan nyaman untuk berkendara bersama keluarga tercinta!

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait