Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    TipsAki Motor Umurnya Bisa Panjang, Asal?

    Aki Motor Umurnya Bisa Panjang, Asal?

    News.OLX.co.id – Semua parts dan komponen dalam sebuah kendaraan tentu memegang peran penting serta fungsi tersendiri agar kendaraan tersebut berfungsi sebagaimana mestinya. Tidak ada satupun bagian dari kendaraan tersebut bisa diabaikan.

    Salah satu yang penting untuk dijaga bekerja secara normal dari kendaraan, baik itu mobil maupun motor adalah sistem kelistrikannya. Memastikan seluruh komponen pencahayaan pada kendaraan bekerja dengan baik akan bergantung bagaimana pemilik kendaraan menjaga performa aki.

    Uniknya, meski ukurannya agak lebih besar dibanding komponen motor lainnya, posisi aki atau baterai ini selalu tersembunyi, sehingga kadang kala luput dari perhatian.

    Untuk motor, jika kondisi aki-nya bermasalah jelas akan sangat merepotkan. Motor tidak nyaman dan kurang safety digunakan pada malam hari karena kondisi headlamp jadi redup, bunyi klakson jadi kurang nyaring serta motor susah dihidupkan menggunakan starter elektrik.

    Masalah ini akan jadi tambah besar kalau terjadi di jenis motor skutik yang tidak memiliki starter kick dan hanya mengandalkan starter elektrik seperti yang ada di Yamaha Nmax.

    Jadi sebaiknya pemilik motor selalu menjaga dan memperhatikan kondisi aki jika tidak ingin mengalami masalah dalam perjalanan.

    Dua Jenis Aki, Kering dan Basah

    Tips merawat aki motor

    Hal pertama yang patut diketahui terkait aki adalah jenisnya. Setidaknya aki yang dijual di pasaran ada dua jenis, aki basah dan aki kering. Aki kering ini kerap disebut dengan aki MF atau Maintenance Free. 

    Aki basah merupakan aki konvensional yang teknologinya sudah ketinggalan. Tapi jangan salah, meskipun konvensional tapi jenis aki ini masih banyak dijadikan pilihan para pemilik motor.

    Alasannya cukup sederhana, aki basah punya umur pakai lebih panjang selama pemilik motor telaten dalam hal perawatan. Harus rajin melakukan pengecekan jumlah cairan yang ada di sel aki. Tidak boleh dibiarkan berkurang dan juga tidak boleh kelebihan.

    Selain usia pakai yang lebih awet, harganya pun relatif lebih murah, sehingga wajar kalau sampai saat ini masih banyak yang menggunakannya.

    Sedangkan aki kering atau aki MF (Maintenance Free) jauh lebih praktis. Beli tinggal pasang, tidak perlu repot-repot harus mengecek air aki, praktis.

    Hanya saja jangan membandingkan harga antara aki basah dan aki kering, memang terpaut jauh, tapi setidaknya aki kering worth it dan sangat cocok dengan teknologi motor-motor keluaran terbaru.

    Selain praktis, karakter aki kering juga kuat dan minim perawatan. Selama penggunaan motor normal, tidak banyak aksesori tambahan yang menyedot kelistrikan, aki kering bisa awet digunakan 1 sampai 2 tahun. Tapi tidak jarang juga pemilik motor yang usia pakai aki-nya lebih dari itu. 

    Kiat Menjaga Umur Aki Kering Lebih Lama 

    Aki kering meskipun tidak butuh perawatan khusus seperti layaknya aki basah, namun tetap pemilik motor harus memperhatikan kiat-kiat yang menghindarkan aki dari kondisi tekor. Apa saja kiat menjaga aki kering bisa terus awet dan bekerja maksimal? 

    Panaskan Mesin Motor 10-15 Menit Setiap Hari

    Kita mulai dari hal sederhana yang harusnya menjadi kebiasaan pemilik motor. Rutin memanaskan mesin motor selama kurang lebih 10-15 menit setiap hari. Kebiasaan ini bisa menjaga umur pakai aki lebih panjang. 

    Kurangi Penggunaan Aksesori yang Menyedot Kelistrikan

    Ini yang sebenarnya disadari penuh oleh pemilik motor, namun kadang kala diabaikan karena mau motornya terlihat lebih kece dari motor lainnya. 

    Jangan terlalu berlebih pasang lampu motor atau mengganti klakson dengan kekuatan suara lebih powerfull, sudah pasti menyedot listriknya juga akan berlebih. 

    Juga jangan sampai berpikiran untuk memasang lampu strobo, karena selain dilarang, juga boros listrik. 

    Copot Aki Saat Tidak Dipakai Dalam Waktu Lama

    Hal ini kadang banyak yang tidak menyadarinya. Ketika pemilik motor harus keluar kota untuk perjalanan dinas atau liburan yang memakan waktu berhari-hari, sebaiknya lepaskan kabel aki dari terminal aki. 

    Banyak pengalaman ketika motor ditinggal dalam waktu lama, tidak dipanaskan secara rutin, saat akan digunakan, motor tidak bisa dihidupkan karena aki sudah soak. Ingat, aki kering tidak bisa diperbaiki ketika sudah rusak, jalan satu-satunya adalah mengganti dengan aki baru.

    Jika Anda pemilik motor-motor Yamaha, pastikan untuk menggunakan baterai atau aki asli Yamaha karena kualitasnya terjamin dan lebih tahan lama.

    Selain itu, aki asli Yamaha juga punya berbagai keunggulan dibandingkan aki atau baterai aftermarket, sehingga sangat penting bagi pemilik motor Yamaha untuk memperhatikan pilihan penggunaan aki asli Yamaha.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here