Senin, November 29, 2021
OLX Auto
More
    BeritaAkibat COVID-19, Penjualan Honda di Maret 2020 Turun 11 Persen

    Akibat COVID-19, Penjualan Honda di Maret 2020 Turun 11 Persen

    Produsen otomotif di Tanah Air sudah mulai khawatir dengan kondisi pasar domestik yang terdampak langsung pada kebijakan pembatasan aktivitas akibat penyebaran virus COVID-19.

    Tak terkecuali Honda Indonesia yang baru saja mengumumkan penurunan jumlah penjualan di bulan Maret 2020 lalu. Di mana kita tau pada bulan tersebut merupakan awal-awal dianjurkannya kebijakan social distancing dan banyak perusahaan menerapkan aturan work from home.

    Bulan Maret 2020 PT Honda Prospect Motor (HPM) mencatat angka penjualan sebesar 10.657 unit, turun 11 persen dibanding penjualan di Februari 2020.

    Menanggapi pencapaian ini, Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM menjelaskan pentingnya bagi mereka untuk menjaga keseimbangan antara stok, pasokan dengan permintaan pasar.

    “Kami akan melakukan penyesuaian dengan menghentikan sementara aktivitas produksi di pabrik selama 14 hari, mulai tanggal 13 April 2020. Cuma lini produksi yang berhenti beroperasi, sementara operasional lain di pabrik dan Head Office masih tetap berjalan sesuai dengan aturan pemerintah saat ini. Kami juga terus memonitor permintaan di pasar untuk mempersiapkan strategi yang tepat dalam menjalankan aktivitas produksi di bulan-bulan mendatang,” jelas Yusak.

    Pabrik Honda yang ada di Karawang, Jawa Barat memiliki kapasitas produksi 200.000 unit per tahun. Penghentian produksi selama 14 hari menurut Yusak akan berdampak terhadap sekitar 7.000 unit mobil yang diproduksi untuk pasar domestik, namun untuk pemenuhan pasar ekspor tidak akan berpengaruh.  

    Honda Brio Masih Jadi Penyumbang Penjualan Terbanyak Honda

    Dari total penjualan bulan Maret 2020, Honda Brio disebut masih menjadi penyumbang penjualan terbanyak dengan angka 5.444 unit, disusul Honda HR-V dengan penjualan 1.880 unit, Honda CR-V sebanyak 1.151 unit dan Honda Jazz sebanyak 820 unit.

    Berturut-turut angka penjualan Honda disumbangkan Mobilio dengan penjualan 745 unit, Honda BR-V sebanyak 390 unit, dan Honda Civic Hatchback RS sebanyak 103 unit. 

    dari model lainnya, khususnya pada segmen model premium tetap menyumbang angka penjualan meski jumlahnya tidak terlalu besar. Diantaranya Honda Civic Sedan sebanyak 52 unit, disusul Honda Odyssey sebanyak 28 unit, Honda City sebanyak 22 unit, Honda Accord sebanyak 20 unit dan Honda Civic Type R sebanyak 2 unit. (Z)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here