Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    BeritaAkibat Larangan Mudik Lebaran Bengkel Mobil Jadi Tambah Sepi

    Akibat Larangan Mudik Lebaran Bengkel Mobil Jadi Tambah Sepi

    Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Larangan mudik yang dihimbau pemerintah guna menekan penyebaran virus corona berdampak langsung pada industri otomotif.

    Tak hanya soal menurunnya penjualan, kendaraan khususnya mobil yang di servis di bengkel resmi untuk persiapan perjalanan mudik ternyata jumlahnya semakin sedikit. Setidaknya hal tersebut juga dirasakan bengkel resmi Mitsubishi.

    Head of After Sales Planning & Marketing Department Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia Ronald Reagan mengaku, demand untuk servis di bengkel resmi menurun jika dibandingkan tahun sebelumnya.

    “Kalau tahun lalu tiga minggu sebelum lebaran traffic ke bengkel cukup tinggi, tahun ini memang turun signifikan. Setiap hari kita amatin,” ungkap Ronald dalam video conference.

    Lebih lanjut Roland mengatakan, jika dibandingkan tahun lalu, jumlah kendaraan yang melakukan servis ke bengkel turun 30 persen.

    “Artinya masyarakat Indonesia khususnya Jakarta cukup patuh untuk ikuti anjuran pemerintah untuk tidak mudik. Sehingga yang minta home service lebih ke yang jatuh tempo untuk melakukan perawatan berkala,” tambah Roland.

    Layanan Home Service Andalan Mitsubishi

    Mobilitas selama pandemi memang sangat terbatas. Bagi Mitsubishi sendiri, adanya PSBB membuat pabrikan berlogo tiga berlian memutar otak, agar tetap dapat melayani konsumen.

    Nah, salah satu cara yang dilakukan Mitsubishi di masa PSBB ini yaitu dengan memberlakukan layanan Home Service. Cara untuk mendapatkan layanan Home Service agar kembali beroperasi juga sangat mudah, yaitu cukup melakukan panggilan telepon melalui call center.

    “Kita monitor agar dealer tetap patuh terhadap PSBB dengan man-power seminimal mungkin, maka itu customer please booking dulu supaya bisa kami siapkan suku cadang, biar customer nggak nunggu lama-lama di bengkel kita,” jelas Roland.

    Kata Roland, sejak diberlakukan PSBB, layanan Home Service meningkat 18-20 persen dibandingkan masa normal. Layanan Home Service saat ini memang sangat memanjakan konsumen, karena cukup di rumah aja, maka teknisi akan datang memperbaiki.

    Sedangkan cara yang lain yang tak kalah populer saat ini yaitu layanan Pick Up service, dimana teknisi akan datang menjemput mobil OLXer kemudian diperbaiki di bengkel.

     

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here