Senin, Desember 6, 2021
OLX Auto
More
    BeritaAkibat PPnBM 100 Persen Penjualan Mobil di Indonesia Laris

    Akibat PPnBM 100 Persen Penjualan Mobil di Indonesia Laris

    Penjualan otomotif nasional mengalami peningkatan selama Januari-Agustus 2021. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) selama delapan bulan terakhir secara keseluruhan retail sales (penjualan dealer ke konsumen) tercatat 527 ribu unit, sedangkan wholesales (penjualan pabrik ke dealer) mencapai 543 ribu unit.

    Disebutkan, jika peningkatan penjualan ini berkat adanya relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang ditanggung pemerintah sampai 100 persen, sejak Maret-Agustus 2021.

    Dampak PPnBM ini dianggap sangat positif khususnya bagi beberapa brand yang telah memenuhi syarat diusulkan pemerintah, seperti penggunaan komponen minimal 70 persen, serta menggunakan mesin di bawah 1.500cc dan 1.500cc sampai 2.500cc.

    Hal ini pun sangat dirasakan Toyota, dimana selama Januari-Agustus 2021 retail perusahaan asal Jepang ini mencapai 174.494 unit. Sedangkan selama 2020 secara total penjualan haya 162.203 unit.

    Dampak positif juga dirasakan Daihatsu, dengan raihan penjualan retail sebanyak 89.601 unit, atau naik sebesar 36,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2020 lalu. Sedangkan pada sisi wholesales Daihatsu tembus di angka 98.519 unit atau naik 69,9 persen dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

    “Penjualan Daihatsu hingga Agustus 2021 mencapai raihan yang cukup baik dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini tidak lepas dari dukungan pemerintah yang memberikan program relaksasi pajak untuk menggairahkan sektor industri otomotif,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

    Selain itu, penjualan Daihatsu secara bulanan juga mengalami kenaikan dibandingkan bulan sebelumnya. Pada Agustus 2021, retail sales Daihatsu 12.199 unit, naik sebesar 20 persen dibandingkan Juli 2021 lalu, serta kenaikan wholesales pada periode yang sama sebanyak 14.408 unit, atau naik 55,2 persen dibandingkan bulan sebelumnya. 

    Peningkatan juga dialami Mitsubishi Indonesia, dimana penjualan retail pada Agustus 2021 tercatat 8.521 unit, sedangkan wholesales mencapai 13.720 unit. Adapun untuk penjualan Mitsubishi dari pabrik ke dealer sepanjang Januari-Agustus 2021 tercatat 89.193 unit. 

    Menurut President Director PT Mitsubishi Motors Krama Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura, model Xpander termasuk Xpander Cross terus memperkuat posisi sebagai model

    favorit konsumen yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan konsumen Indonesia.

    “Penerimaan pasar yang tetap baik terhadap model ini, dibuktikan dengan peningkatan penjualan, pangsa pasar di segmennya dan juga kontribusi model tersebut kepada keseluruhan penjualan model Mitsubishi Motors di Indonesia. Kami terus membuka komunikasi dengan konsumen untuk memperkuat posisi produk kendaraan penumpang Mitsubishi di Indonesia, termasuk beragam layanan yang dapat dinikmati oleh konsumen secara mudah dan nyaman pada keseluruhan proses kepemilikan kendaraan,” jelasnya. 

    Dengan meningkatnya sejumlah merek otomotif, bukan tak mungkin target penjualan yang menyisakan empat bulan lagi selama 2021 bisa tembus mencapai 750 ribu unit. 

     

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here