Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    BeritaAkuisisi Federal Oil, ExxonMobil Usung Misi Jadi Merek Pelumas Terbesar Ketiga di...

    Akuisisi Federal Oil, ExxonMobil Usung Misi Jadi Merek Pelumas Terbesar Ketiga di Tanah Air

    Langkah strategis produsen pelumas dunia, ExxonMobil Lubricants di Indonesia terjadi di 2018. Saat perusahaan memutuskan untuk mengakuisisi PT Federal Karyatama (PT FKT) yang cukup dikenal dengan merek Federal Oil.

    Penggabungan dua merek pelumas ini langsung disikapi dengan berdirinya perusahaan baru, PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) dengan mengusung visi dan misi menjadi pemain utama di bisnis pelumas di Tanah Air, minimal mencapai level top three penguasaan market share.

    PT EMLI membuka babak baru dengan memegang hak pemasaran pelumas merek Federal Oil di Indonesia. 

    “Secara brand ExxonMobil sudah punya pengalaman 32 tahun. Dan sekarang kita produksi dua brand, Federal Oil dan Mobil™ Oil. Visi dan misi kita sebagai new integration, mau menjadi pemain utama di Indonesia, top three untuk dapat pangsa pasar lebih besar dan berkompetisi secara fair dengan merek lain. Dan disisi lain, kita bawa teknologi pelumas terkini serta tetap eksis sebagai produk global dengan tradisi lokal,” ungkap Patrick Adhiatmadja selaku Head of Indonesia Lubricants Market Indonesia PT EMLI, Rabu (9/9/2020) di acara virtual media gathering PT EMLI 2020.

    Pasca akuisisi, fasilitas produksi berkapasitas 700 ribu barel per tahun yang berada di Kawasan Industri Cilegon, Banten, sekarang sudah mulai memproduksi pelumas-pelumas merek Mobil™ dan Federal Oil.

    Tentunya didukung dengan pengalaman lebih dari 30 tahun serta proses produksi pelumas yang punya kualitas berstandar internasional 

    Sebelumnya produksi pelumas merek Mobil™ masih dilakukan di pabrik ExxonMobil yang berlokasi di Jurong, Singapura. Namun untuk saat ini sudah dilakukan pemindahan produksi secara bertahap.

    Seremoni penuangan pertama produk pelumas Mobil Super Moto™ berlangsung pada bulan Februari 2020 lalu di Cilegon.  

    “Bicara soal integrasi, kita pakai nama ExxonMobil Indonesia, sementara Federal menjadi produk backbone kita,” jelas Patrick.

    Saat ini PT EMLI sudah menjangkau lebih dari 10 juta konsumen di Indonesia melalui merek Federal Oil, dan lebih dari 15 ribu bengkel independen yang dilayani melalui jaringan distributor di seluruh Indonesia, dan terus berupaya melakukan integrasi jaringan distribusi penjualan yang berfokus pada area-area potensial, meliputi wilayah-wilayah di Jawa, Bali, dan Sumatera. 

    “Dua brand dibawah ExxonMobil ini tentunya akan memberikan solusi praktis bagi pengendara roda dua dan roda empat,” pungkas Pablo Conrad selaku Marketing Director PT EMLI .

    Perusahaan ini juga mendukung banyak bisnis B2C dan B2B di Indonesia, tidak hanya konsumen roda dua dan roda empat, namun juga industri penting untuk pembangunan di Indonesia seperti transportasi, manufaktur, pertambangan, dan energi. 

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here