Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    LainnyaAlasan Jalan LRT Dibuat Melayang

    Alasan Jalan LRT Dibuat Melayang

    Masyarakat di kota-kota besar pasti kerap melihat banyak dibangun fasilitas umum seperti jalan raya hingga Light Rail Transit (LRT) dibuat melayang.

    Bahkan saat ini banyak proyek pembangunan dengan pemandangan sejumlah tiang yang terlihat menjulang tinggi. Tak terkecuali di wilayah Ibu Kota.

    Seperti halnya dari arah Bekasi dan sebaliknya, serta Cibubur dan sebaliknya banyak berderet tiang-tiang di samping jalan tol terlihat yang nantinya akan digunakan moda transportasi LRT.

    Oia, bagi sebagian orang ada juga yang punya rasa penasaran, kenapa proyek fasilitas umum seperti jalan raya atau LRT dibuat melayang, tidak sejajar dengan tanah seperti jalan raya atau rel kereta, atau di bawah tanah seperti Mass Rapid Transit (MRT) dari Senayan hingga Bundaran Hotel Indonesia.

    Nah menurut Deputi III Bidang Koordinasi Infrastruktur Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI, Ridwan Djamaluddin, alasan tidak dibangun sejajar dengan tanah, karena tidak efisien, termasuk akan berdampak dengan terhambatnya taia terjadi kemacetan ketika ada persimpangan jalan raya atau rel kereta.

    “Tujuannya mengurangi kepadatan lalu lintas kalau banyak perlintasan sebidang nanti salah satu LRT terhambat atau lalu lintas jalannya terhambat,” ungkap Ridwan seperti dilansir situs dishub.jakarta.go.id.

    Sebaliknya, Ridwan mengatakan, adanya LRT dengan menggunakan tiang atau jalur melayang maka hal itu dipercaya dapat mengurangi kepadatan lalu lintas.

    Lantas bagaimana jika LRT dibuat di bawah tanah atau underground?

    Usut punya usut, jika LRT di bawah tanah, maka yang terjadi yaitu biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih mahal dan pertimbangan teknis jika dibandingkan di dengan sejajar tanah atau di bawah tanah.

    “Selain biaya, sama masalahnya seperti membangun MRT, informasi bawah permukaan kita kurang lengkap, mesti di survey. Kan harus digali, ada kabel, saluran air macam-macam,” jelasnya. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here