Selasa, Maret 19, 2024
Lainnya
    BeritaAlasan Sisi Jalan Tol Ditanami Banyak Pepohonan

    Alasan Sisi Jalan Tol Ditanami Banyak Pepohonan

    Asri, begitulah saat kita melihat pepohonan yang tampak rimbun dan hijau di sisi jalan tol. Sekilas, keberadaan tatanan pepohonan ini memang memberikan suasana sejuk.

    Namun yang perlu OLXer ketahui, pepohonan yang ditanam di sisi jalan jol banyak manfaatnya.

    “Selain untuk nilai estetika, pohon-pohon yang ditanam tersebut juga memiliki fungsi lainnya lho,” begitulan tulis akun resmi Jasa Marga @official.jasamarga.

    Setidaknya, ada delapan fungsi keberadaan pohon di sisi jalan tol, yaitu:

    1. Mengatasi Pencemaran Udara

    2. Mengurangi Kebisingan

    3. Mencegah Erosi

    4. Menjadi Akses Resapan Air

    5. Mengurangi Efek Hempasan Angin pada Kendaraan

    6. Menjaga Pandangan Mara dari Cahaya Kendaraan yang Berlawanan Arah

    7. Mengurangi Fatalitas pada Kecelakaan

    8. Untuk Konservasi Tanah.

    Nah, sebenernya di jalan raya non tol juga kita kerap kali menemukan sejumlah pohon berderet. Hanya saja, beberapa pohon kerap disalahgunakan.

    Ya, beberapa hal yang kerap kita temukan yaitu pohon yang di sisi jalan digunakan untuk pemasangan spanduk, pamflet, serta pedagang.

    Maka dari itu, penanaman pohon tidak hanya untuk estetika lingkungan, tetapi memiliki manfaat dari aspek ekologi, aspek keselamatan dan kenyamanan.

    Syarat Jenis Pohon yang Ditanam

    Untuk menanam pohon di sisi jalan, ternyata tidak sembarangan. Sebaliknya ada beberapa syarat yang perlu diketahui, agar jenis pohon yang ditanam tidak asal-asalan.

    Pasalnya, untuk menanam pohon di sisi jalan sedah seharusnya tidak menggunakan tanaman yang dapat mengakibatkan kerusakan pada konstruksi ataupun saluran drainase.

    Sebab, ada juga beberapa pohon yang pertumbuhan akar bisa merusakan bangunan, termasuk batangnya.

    Maka dari itu, berikut ini persyaratan pemilihan jenis pohon di area jalan tol:

    1.   Mudah dalam perawatan

    2.  Batang/ percabangan pohon tidak mudah patah

    3. Daun tidak mudah rontok atau gugur, sehingga dapat terlihat hijau sepanjang tahun. Pemilihan pohon perlu menghindari mudahnya daun rontok yang dapat menyumbat drainase, serta rontokan daun dapat beresiko mudah diterbangkan angin yang dapat mengganggu lalu lintas.

    Sementara itu, ada beberapa jenis pohon yang bisa ditanam di sisi jalan, seperti pohon trembesi, cemara, mahoni, dan ketapang, jati,

    Ada juga yang menyebutkan, beberapa tanaman yang bisa digunakan untuk perlindungan dan memiliki daya serap air cukup tinggi, dan berpotensi untuk dibudidaya, yaitu sengon, kaliandra, tabebuya, flamboyant, bougenville, mangrove dan lainnya.

    Menurut OLXer pohon apa lagi yang cocok ditanam di sisi jalan? 

    Nah, bagi Anda yang ingin memiliki mobil baru, nggak ada salahnya jual mobil lamamu di OLX Autos . Jika memang ingin menjual mobil klik di OLX Autos.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait