Selasa, April 23, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriAlasan Mengganti Ban Kendaraan Bawaan Pabrikan Tidak Disarankan

    Alasan Mengganti Ban Kendaraan Bawaan Pabrikan Tidak Disarankan

    Modifikasi pada mobil atau sepeda motor memang sah-sah saja jika dilakukan asalkan tidak melanggar aturan yang berlaku. Selain itu, modifikasi sudah sepatutnya mengedepankan faktor keamanan dan juga keselamatan.

    Dari sekian banyak hal yang dilakukan ketika modifikasi pada kendaraan, ternyata sangat tidak disarankan untuk mengubah spesifikasi atau tipe ban yang telah diberikan oleh pabrikan.

    Ya, Customer Engineering Support Michelin Indonesia Mochammad Fachrul Rozi mengatakan, banyak pengendara sengaja mengubah atau memodifikasi ban dengan memperkecil atau menipiskan tanpa menyadari resiko keselamatan yang ditimbulkan.

    “Jangan pernah mengganti ban dengan ukuran yang lebih kecil karena menyalahi aturan pabrikan terkait load index dan speed index dan dapat membahayakan keselamatan berkendara,” kata Rozi dalam keterangan tertulis.

    Menurut Rozi, jika perlu mengubah spesifikasi ban, disarankan mengganti dengan ukuran atau load index yang lebih tinggi. Namun dengan resiko traksi menjadi lebih berat sehingga membutuhkan upaya lebih besar ketika harus berbelok atau menggerakkan ban.

    Selain itu, Rozi menyatakan, ada baiknya pengendara mencari ban dengan kualitas baik, aman, nyaman, dan memiliki value for money.

     “Yang seperti apa sih ban yang baik? Ban yang tidak berubah performanya ketika masih baru sampai mendekati habis masa pakai. Sehingga meski kondisi hujan, laju pengereman tidak berkurang,” ujarnya.

    Kata Rozi, penggunaan ban sangat penting, karena sebagai salah satu komponen penentu dalam keselamatan berkendara. Sedangkan fungsi ban sendiri sebagai penahan beban kendaraan, peredam guncangan, penerus fungsi kemudi dan tenaga dari mesin secara keseluruhan menunjang mobilitas kendaraan.

     “Bisa dikatakan ban adalah nyawa dari otomotif, yang menjadikannya komponen terpenting karena dari ratusan komponen pada suatu kendaraan, ban satu- satunya komponen yang bersentuhan dengan permukaan jalan. Karena itu keamanan berkendara 

     

     

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait