Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    TipsAlasan Mobil Pasca Kehujanan Jangan Cuma Dilap Tapi Harus Dicuci

    Alasan Mobil Pasca Kehujanan Jangan Cuma Dilap Tapi Harus Dicuci

    Memasuki musim hujan, tidak hanya harus ekstra waspada ketika berkendara, tetapi juga harus lebih rajin menjaga kebersihan mobil.

    Ya, jika mobil basah karena kehujanan, tak sedikit pemilik mobil malas untuk mencucinya. Apalagi saat musim hujan, mereka beranggapan bahwa besok akan hujan lagi dan mobil akan kembali kotor.

    Jika pemikiran OLXer sama seperti hal tersebut, maka buang jauh-jauh kebiasaan membiarkan mobil kotor karena kehujanan. Sebab, tidak menutup kemungkinan kebiasaan tersebut akan memperburuk keadaan kondisi mobil, khususnya pada bagian body.

    Sebaliknya, jika mobil kotor karena kehujanan harus segera dicuci. Kenapa? Karena Anda tidak tahu air hujan yang menempel sudah bercampur dengan segala macam zat, mulai dari kotoran dari asap knalpot, debu sampai batu kerikil.

    Oia, jika mobil kehujanan tidak disarankan untuk sekadar dilap, apalagi lapnya kotor. Sebab, seperti tadi disebutkan, air sudah bercampur dengan debu dan kerikil kemudian langsung dilap berpotensi membuat bodi mobil tergores dan lecet.

    Karena itu, ketika bodi mobil basah setelah kehujanan ada baik nya dicuci atau disemprot dengan menggunakan air bertekanan tinggi agar merontokan debu dan kerikil.

    Tak hanya itu, OLXer juga harus tau ada beberapa lokasi yang beresiko lebih besar membuat mobil bermasalah.

    Pertama, ketika hujan melewati jalur pantai. Ya, ketika melewati jalur yang berdekatan dengan laut, tidak menutup kemungkinan air hujan sudah bercampur dengan udara yang mengandung garam.

    Nah, air hujan ditambah kandungan garam berpotensi menimbulkan karat jika lama-lama dibiarkan.

    Kedua, ketika hujan melewati jalur padat kendaraan dan becekan. Ya, jalur ini akan menghasilkan lebih banyak debu dan kerikil sehingga lebih mudah menempel pasca hujan.

    Air yang sudah bercampur kotoran atau becekan membuat mobil terlihat lebih kusam dan jorok. Dibalik itu, resiko muncul karatan juga tak terelakkan.

    Belum sampai disitu, air hujan yang dibiarkan menempel di bodi mobil tanpa dicuci, juga berpotensi menimbulkan jamur. Sebab air hujan mengandung garam dan bersifat asam.

    Apabila bodi mobil muncul jamur, maka untuk menghilangkannya perlu biaya ekstra. Oleh sebab itu, ada baiknya sebelum mengeluarkan uang lebih untuk melakukan perawatan, maka lakukanlah pencegahan, karena cukup mudah dilakukan. (Her)

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here