Jumat, September 30, 2022
More
    Mobil10 Alasan Kenapa Pilih MPV Sebagai Mobil Keluarga!

    10 Alasan Kenapa Pilih MPV Sebagai Mobil Keluarga!

    Mobil MPV Bisa dikatakan menjadi salah satu mobil terpopuler di Indonesia saat ini. Berdasarkan ukurannya, MPV tergolong mobil besar. Dari segi jumlahnya berdasarkan data dari GAIKINDO, MPV menjadi tipe mobil dengan jumlah terbanyak. Alasan tersebut yang membuat MPV cocok sebagai mobil keluarga.

    Jumlah total mobil MPV yang melaju di jalanan sebesar 40%  dari seluruh jenis mobil di Indonesia.

    Pengertian Mobil MPV

    Apa itu mobil MPV? MPV atau multi purpose vehicle, merupakan mobil yang cocok untuk pengguna yang memiliki banyak kebutuhan. Mobil MPV identik dengan fitur utamanya yaitu lapang, dan berkapasitas banyak untuk pengguna dengan keluarga besar.

    Multi-Purpose Vehicle atau minivan sudah ada sejak lama. MPV Sering dibanding-bandingkan dengan SUV. Namun walau dari ukuran, Mobil SUV lebih besar, tetapi dari sisi kabin, kebanyakan MPV justru lebih lapang dibanding SUV.  

    Nilai plus yang paling disenangi dari MPV ialah punya kapasitas besar. Sebuah MPV berukuran besar bisa menampung 7 hingga 8 orang. Namun tidak hanya itu saja, ada beberapa 10 Alasan kenapa MPV mobil yang terbaik, ini rinciannya:

    Baca juga: Beli Mobil di OLX Autos, Gratis Towing Selama 3 Bulan, Jika Dibutuhkan

    1. MPV sangat praktis

    Pertama-tama dan yang paling utama, MPV adalah mobil yang praktis dan efisien. MPV bisa digunakan untuk perjalanan jauh, mengangkut banyak orang dan barang. Selain itu juga nyaman dikendarai, dan sesuai namanya, mobil yang serbaguna.

    MPV memiliki bumper depan yang lebih ramping dibandingkan dengan SUV. Hal tersebut akan mengurangi hambatan aerodinamis. Semakin sedikit beban, makan akan semakin irit dan efisien secara penggunaan energi. 

    Desain belakang mobil yang cenderung “kotak” membuat baris bangku paling belakang tetap nyaman untuk diduduki tanpa terasa sempit. Walau dari segi ground clearance MPV belum sebaik SUV, namun mobil ini sudah cocok digunakan sebagai city car yang nyaman.

    2. Mobil Keluarga Yang Nyaman

    Bila anda memiliki keluarga besar dan senang pergi bersama-sama, punya mobil MPV adalah kebutuhan. Kabinnya yang luas dan nyaman akan cocok untuk anak. Dengan kabin yang lapang, anggota keluarga anda dapat menikmati perjalanan tanpa sempit-sempitan.

    Ground clearance yang tidak terlalu tinggi juga termasuk kelebihan. Anggota keluarga anda tidak akan kesulitan untuk menaiki mobil yang tidak terlalu tinggi, begitu pula saat turun. 

    Baca juga: Daftar Mobil MPV Bekas Tahun 2000’an yang Harganya Rp 40-50 jutaan

    3. Mobil MPV Relatif Lebih Aman

    Dibanding tipe-tipe mobil lainnya, MPV memiliki fitur-fitur yang mementingkan keamanan penumpang. Selain itu, desain rangka yang besar dari mobil MPV sendiri memiliki pusat gravitasi yang lebih rendah. 

    Rangka besar tersebut bisa memudahkan penumpang untuk keluar dari mobil, misal saat terjadi kecelakaan. Desain mobil MPV yang landai dan aerodinamis, dinilai lebih aman dan tidak mudah terguling saat berada di tikungan.

    MPV cocok sebagai mobil keluarga yang aman untuk perjalanan jauh
    MPV cocok sebagai mobil keluarga yang aman untuk perjalanan jauh

    4. Mobil MPV Murah

    MPV sesuai fungsinya yakni sebagai mobil serbaguna, mobil ini juga ditujukan untuk banyak orang. Untuk itu, harga menjadi faktor penting yang menentukan siapa saja yang bisa beli mobil MPV.

    Jika anda mencari mobil MPV, tidak perlu takut harus merogoh kocek terlalu dalam. Harga pasaran MPV saat ini masih dikatakan wajar dan tidak semahal SUV walau ukuran dari kedua mobil tersebut hampir sama. 

    MPV juga dibagi berdasarkan tipe-tipe berdasarkan ukuran. Diantaranya MPV kecil seperti Toyota Calya, Toyota Sienta, Daihatsu Sigra. Untuk kelas menengah diantaranya Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Wuling Confero, Suzuki Ertiga. Sedangkan MPV besar yang juga populer yakni Kijang Innova, Mitsubishi Xpander dan Toyota Alphard.

    Anda bisa menyesuaikan budget anda dengan lebih leluasa karena banyaknya pilihan MPV dengan harga yang bervariasi.

    Baca juga: MPV Pilihan Kaum Milenial, Keren, Canggih dan Murah

    5. Biaya Perawatan Murah

    Saat Anda akan membeli mobil, pastikan harganya sesuai dengan anggaran Anda. Pasalnya, saat ini banyak sekali mobil MPV harga murah yang hadir di Indonesia dan menawarkan berbagai keunggulan. 

    Selain harga mobil MPV yang cukup terjangkau, biaya servis MPV ternyata juga relatif lebih murah. Banyak pabrikan mobil yang menawarkan tarif servis dengan harga cukup murah.  Disamping itu, daya tahan mobil MPV juga bisa dikatakan diatas rata-rata. 

    Untuk jangka waktu servis juga tidak perlu terlalu sering. Kita ambil contoh Toyota Avanza, perawatan berkala dilakukan setiap jarak tempuh 10.000 km, 20.000 km, 30.000 km, dan juga 50.000 km.

    6. Tiga Baris Tempat Duduk

    Walau tidak semua MPV punya kapasitas 3 baris tempat duduk, namun hal ini menjadi terobosan baru bagi dunia otomotif, bahwa kapasitas penumpang juga penting. Dengan konfigurasi baris depan, tengah, dan belakang, mobil MPV bisa menjadi alternatif untuk bepergian bersama lebih dari 5 orang.

    Punya 3 baris, bukan berarti akan memangkas ruangan tempat duduk sehingga kurang nyaman diduduki. Berkat rangkanya yang besar dan bentuknya yang terbuka membentuk persegi, setiap baris tempat duduk tetap memiliki ruang kaki dan ruang kepala yang leluasa. 

    Baca juga: Daftar Mobil MPV Bekas di Atas Tahun 2010 Harganya Rp 100 jutaan

    Mobil keluarga MPV dengan bagasi yang luas
    Mobil keluarga MPV dengan bagasi yang luas

    7. Ruang Bagasi Luas

    Seperti halnya pada mobil tipe hatchback, banyak MPV hadir dengan jok belakang yang bisa dilipat. Ini berarti Anda mendapatkan banyak ruang tambahan ketika tidak membawa banyak penumpang.

    Hal ini tentu menjadi nilai plus, khususnya jika Anda sedang dalam perjalanan dan perlu membawa banyak koper atau barang-barang. MPV menjadi solusi untuk bepergian dengan membawa barang berdimensi besar. 

    Mobil ini dapat mendukung hobi anda. Bila bangku belakang dilipat, anda bisa memasukkan sepeda mini, tas golf, bahkan elektronik ringan seperti TV, Komputer, dan barang-barang apapun yang anda inginkan.

    8. Irit Bahan Bakar dan Efisien 

    Salah satu alasan, mengapa mobil MPV adalah tipe mobil terbaik, irit bbm! Mobil MPV memang terkenal dengan efisiensi bahan bakar-nya yang diatas rata-rata.  Hal ini dikarenakan MPV memiliki roda penggerak yang relatif kecil.

    Dengan roda yang lebih kecil dan ground clearance yang lebih rendah, maka memungkinkan mesin untuk tidak terlalu tertekan. Sehingga hambatan dari udara tidak begitu besar. Hal ini yang membuat kinerja mesin lebih ringan untuk melaju di jalanan, yang kemudian membuat lebih irit bensin atau solar.

    Baca juga: Mitsubishi Xpander, Small MPV Paling Value for Money

    9. Harga Jual Kembali Tinggi

    Bila anda tipe yang tidak menggunakan mobil untuk jangka waktu yang panjang, tidak perlu ragu untuk beli MPV. Karena peminatnya juga sangat tinggi, harga jual kembali MPV relatif tetap stabil dan tidak jatuh.

    Beberapa contoh mobil MPV dengan harga yang stabil dan banyak diperjual belikan sebagai MPV bekas diantaranya: Kijang Innova, Toyota Avanza, dan Honda Mobilio. Mobil MPV lain pun sebenarnya juga memiliki nilai yang masih tetap stabil walau diperjual belikan dalam status bekas.

    10. Bisa Dimanfaatkan Sebagai Mobil Usaha

    Last but not least mobil MPV juga bisa digunakan untuk membantu usaha anda. Bila anda melihat ada potensi dari mobil untuk mencari uang, MPV adalah tipe yang paling tepat untuk anda miliki!

    Banyak dari kita yang mungkin berdagang, untuk membawa barang yang banyak, MPV bisa diandalkan. Jika ingin mencari penghasilan tambahan, MPV juga sangat cocok sebagai taxi online yang bisa membawa penumpang dengan nyaman.

    Alasan ini menjadi salah satu poin penting, yang tidak dimiliki mobil jenis lain, yakni MPV bisa memiliki nilai produktif, untuk membantu perekonomian, atau setidaknya meringankan cicilan mobil MPV milik anda.

    Bagaimana, Sudah semakin yakin pada tipe mobil ini? Sudah yakin bahwa MPV adalah mobil yang tepat untuk anda, tapi budget masih belum mencukupi? Tentu saja anda bisa mempertimbangkan untuk beli mobil MPV bekas!

    Di dealer OLX Mobil MPV dapat anda temukan dengan mudah. Merek apa saja, tahun berapa, semua tersedia. Dengan jaminan kualitas terbaik melalui inspeksi dari mekanik berpengalaman, anda akan mendapatkan mobil MPV terbaik, dengan harga yang terbaik untuk anda miliki!

    Artikel ini pertama kali ditulis oleh Herdi Muhardi, diperbarui pada 20 September 2022.

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here