Jumat, September 30, 2022
More
    GIIAS 2022All New Toyota GR86 Mobil Sport Sangar di GIIAS 2022

    All New Toyota GR86 Mobil Sport Sangar di GIIAS 2022

    Toyota menyelipkan sebuah mobil keren di antara 35 mobil di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 ICE, BSD, Tangerang Selatan. Mobil tersebut adalah All New Toyota GR86.

    Toyota GR86 atau kembaran dari mobil sport Subaru BRZ, akan jadi pusat perhatian ketika OLXers mampir di booth Toyota, tepatnya di zona GR Sport.

    Ya, Toyota dan Subaru beberapa tahun lalu bersepakat berkolaborasi untuk mengembangkan mobil sport. Hingga akhirnya lahirlah Toyota 86 dan Subaru BRZ. Dan Toyota 86 sendiri kini muncul dengan embel-embel GR atau Gazoo Racing.

    Menurut Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, Toyota 86 merupakan sebuah sports car yang memiliki handling yang responsif berkat center of gravity yang rendah, dan juga mudah serta nyaman untuk dikemudikan harian maupun pada saat akhir pekan.

    “Kmi hadirkan All New GR86 dengan mesin baru yang lebih bertenaga, serta desain yang lebih agresif dan sporty untuk menjawab passion dan ekspektasi penggemarnya di Indonesia,” ungkap Anton saat ditemui di GIIAS 2022.

    Seperti disebutkan Anton, bahwa All New GR86 mengalami pembaruan pada mesin. Namun tidak hanya itu, ada beberapa penyegaran lainnya. Mau tahu lebih lengkapnya, lihat ulasannya di bawah ini.

    All New Toyota GR86

    All New Toyota GR86

    Eksterior

    Dari segi eksterior, mobil ini jelas sangat sporty yang merujuk pada mobil sport klasik Toyota seperti Corolla 2000GT dan AE86 dengan ciri khas ruang mesin lebih panjang, kabin kompak, dan bodi lebar.

    Toyota Gazoo Racing memaksimalkan keunggulan aerodinamika sekaligus menanamkan racing look, seperti adanya  Front Air Dam depan, Aero Stabilizing Grain di sudut bumper, Air Outlet di belakang roda depan, Side Sill Spoiler di bawah pintu, Rear Wheel Arch Fin pada lingkaran spakbor belakang, dan Rear Air Breather di bawah bumper depan. 

    Sementara di atasnya, Ducktail Spoiler membantu menjaga kestabilan memanfaatkan aliran udara dari atap mobil. Selain itu, All New GR86 juga dibekali velg alloy berukuran 18-inch.

    Karakter sporty pada mobil ini dipertegas dengan adanya Official GR Aero Parts yang terdiri dari GR Front Bumper Spoiler, GR Rear Bumper Spoiler, GR Side Skirt, dan GR Trunk Spoiler. 

    Selain itu tersedia juga TCO GR Parts khusus untuk All New GR86 seperti GR Interior Panel Set, GR Aero Stabilizing Cover, GR Sunshade, GR Knee Pad, GR Sport Side Visor, dan GR Sport Muffler.

    Fitur

    All New Toyota GR86

    Masuk ke kabin, All New GR86 dilengkapi branding GR dalam animasi startup pada layar sentuh berukuran 8-inch di tengah dasbor dan gabungan layar MID 7-inch Thin Film Transistor (TFT) dan Liquid Crystal Display (LCD) di balik kemudi.

    Tersedia juga fitur smartphone connection, Bluetooth, port USB hingga soket AUX untuk memudahkan akses ke entertainment saat berkendara, serta semakin lengkap dengan diaplikasikannya JBL Premium Speaker.

    Panel instrumen di balik kemudi memiliki tampilan multi-informasi Pemilihan font dan desain grafis terasa pas dan mudah dimengerti layaknya mobil balap. 

    Tachometer sebagai pusat informasi bersama speedometer di tengah untuk memudahkan pemantauan oleh pengemudi. Sisi kiri dan kanan dipakai untuk menampilkan informasi pendukung.

    Konten panel instrumen dapat dipilih, disetel ulang, dan digulir menggunakan saklar di kemudi dimana mode Normal sebagai default-nya. Dalam mode Sport, alat pengukur mendapatkan sorotan warna merah bernuansa balap.

    Toyota GR86 terbaru ini pada bagian sasis dan bodi menggunakan material baja dan aluminium berkekuatan tinggi, sehingga memberikan kekakuan ekstra sekaligus mengurangi bobot dan penguatan di area utama untuk meningkatkan safety.

    Sentuhan pada bagian depan membuat rigiditas lateral bodi depan meningkat sebesar 60 persen. Di bagian belakang, diberikan sentuhan dalam penanganan G-Force yang dihasilkan saat menikung, supaya tidak mudah oversteer.

    Untuk bahan aluminium membantu mengontrol perilaku roll dan pitch. Selain itu, bahan ini digunakan pada panel atap, bumper depan, dan kap mesin. Ditambah, penghematan berat lebih jauh dari kursi depan, peredam suara, dan desain propeller shaft sebagai kunci keseimbangan berat depan dan belakang 53:47.

    Performa mesin All New Toyota GR86

    Untuk jantung pacu, All new Toyota GR86 mengusung mesin boxer, dimana mesin ini sama seperti Toyota 86, namun kapasitas mesin 4-silinder berkode FA24 ditingkatkan dari 1.998 cc menjadi 2.387 cc dengan menambah diameter piston dari 86 mm menjadi 94 mm.

    Dengan mesin tersebut, tenaga yang dihasilkan mencapai 235 PS pada 7.000 rpm dan torsi puncak 250 Nm pada 3.700 rpm, lebih baik dari sebelumnya yang berada di level 205 Nm pada 6.400–6.600 rpm.

    Tenaga yang dihasilkan ini didistribusi melewati pilihan transmisi manual atau otomatis enam percepatan, kemudian disalurkan kembali ke Rear Wheel Drive (RWD) atau penggerak roda belakang.

    Harga All New Toyota GR86

    All New Toyota GR 86 dalam hadir dengan dua pilihan yaitu 2.4L A/T dan 2.4L M/T. Menyoal harga, untuk tipe 2.4L A/T dibanderol  Rp 938,5 juta. Sementara tipe 2.4L M/T dibanderol mulai Rp922 juta. Kedua harga tersebut dijual dengan status on the road Jakarta.  

    OLX Autos Hadir di GIIAS 2022

    OLX Autos melanjutkan perjalanannya di Indonesia dengan kembali bekerja sama dengan GAIKINDO menjadi official trade in partner pada event GIIAS 2022. 

    Upaya ini merupakan bentuk komitmen OLX Autos untuk memperkuat industri otomotif, dengan mempermudah calon pembeli mobil baru mendapatkan mobil idamannya dengan cara menjual mobil lamanya. 

    Selama gelaran GIIAS 2022 yang berlangsung pada 11-21 Agustus 2022, OLX Autos menghadirkan OLX Autos Spot yang hadir di beberapa titik, yakni di OLX Autos Spot di Hall 9, OLX Autos Information Booth di Hall 1, Hall 3A, Hall 5, dan Hall 10, serta Inspection Center di Area Parkir Hall 10 untuk bisa memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan.

    Jual mobil lamamu di OLX Autos GIIAS 2022 sekarang dan dapatkan penawaran harga terbaik dari hasil pengecekan secara menyeluruh.

    OLXers mau cari mobil bekas berkualitas bisa lihat di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here