Selasa, Maret 19, 2024
Lainnya
    MotorAll New Yamaha R15 Connected, Hadir di Masa Kejayaan Yamaha di Dunia...

    All New Yamaha R15 Connected, Hadir di Masa Kejayaan Yamaha di Dunia Balap

    JAKARTA – Yamaha Indonesia di penghujung tahun ini merilis motor baru yang sepertinya memang sudah ditunggu-tunggu penggemarnya di segmen motorsport, All New Yamaha R15 Connected.

    All New R15 Connected lahir dari konsep Racing DNA dan dipersembahkan tepat di tahun kejayaan Yamaha menguasai kejuaraan balap dunia.

    Kejuaraan MotoGP, World Super Bike dan World Super Sport musim balap tahun ini semua juaranya adalah pembalap yang menggunakan motor Yamaha.

    Sebuah penegasan kekuatan Yamaha di kelas motorsport yang tidak tertandingi oleh merek motor lainnya.

    Generasi baru R15 ini resmi meluncur di Indonesia pada Rabu, 1 Desember 2021 dengan menawarkan dua varian berbeda, All New R15M Connected-ABS dan All New R15 Connected

    Minoru Morimoto, President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dalam sambutannya menegaskan, bahwa Yamaha memang tidak pernah berhenti untuk menghadirkan inovasi, bahkan di tengah situasi pandemi sekalipun.

    “Sesuatu yang baru selalu datang dari Yamaha! Dan hari ini, saya yakin banyak orang, termasuk saya sendiri sudah menunggu momen spesial ini, dimana Yamaha kembali memperkenalkan produk yang luar biasa, yang dapat memenuhi harapan, semangat dan juga gaya hidup para pecinta motorsport di Indonesia,” terangnya.

    “Dan dengan bangga kami perkenalkan model R Series terbaru dari Yamaha, yang dapat membawa Anda ke level berkendara sport baru dengan fitur Yamaha Connect,” lanjutnya. 

    Konsep Jin-Ki Kanno All New Yamaha R15 Connected

    Tahun ini tepat 60 tahun perayaan kiprah Yamaha di ajang balap dunia. Momentum ini ditandai dengan catatan superioritas Yamaha di tiga ajang kejuaraan balap motor bergengsi di dunia.

    Prestasi ini pun berlanjut hingga hadirnya All New R15 Connected, motor baru Yamaha yang merupakan perwujudan DNA racing motor berlambang “garputala” dalam bentuk “The True Supersport Machine 155”.

    Motor baru Yamaha ini dikembangkan dengan konsep Jin-Ki Kanno, yang memiliki arti kegembiraan luar biasa yang bisa dirasakan pengendara Yamaha ketika menjadi satu dengan sepeda motornya. 

    Konsep inilah yang menjadi arahan para designer dan engineer Yamaha untuk mengembangkan All New R15 Connected.

    “Connect with The R Spirit”

    Mengusung slogan “Connect with The R Spirit”, motor baru Yamaha 2021 ini hadir dengan karakter spesial, Connected with Emotion, Connected with Motorcycle, Connected with R-Riders.

    Melalui konsep Jin-Ki Kanno, menjadikan pengendara menyatu dengan sepeda motornya, menghadirkan kegembiraan yang luar biasa dan pengalaman berkendara yang menyenangkan.

    Teknologi Y-Connect yang belakangan sedang tren di motor-motor skutik Yamaha, kini hadir juga di segmen motorsport Yamaha, memampukan koneksi antara sepeda motor dengan smartphone pengendara untuk memantau kondisi motor secara real-time.

    Teknologi ini juga menghubungkan antara pengendara motor Yamaha dengan pengendara lainnya dan melakukan berbagai aktivitas komunitas, event balapan, dan Yamaha Riding Academy.

    All New R15M Connected-ABS dan All New R15 Connected mengadopsi teknologi yang ada di model YZR-M1 dan YZF-R1, motor yang menjadi jawara di ajang MotoGP dan WSBK.

    Tampilan Desain Yamaha R15 Connected 

    Motor baru Yamaha di segmen motorsport ini memiliki desain generasi terbaru R-Series dengan R-DNA dan memadukan karakter line up motor Yamaha berkapasitas mesin besar. 

    Tampilan barunya bisa dilihat dari M-Shaped Intake Duct yang merupakan saluran udara berbentuk M diadopsi dari gaya YZR-M1. 

    Pada bagian itu terdapat satu lampu utama dengan projector LED dan ditambah lagi dengan Twin Eyes LED Position Light terinspirasi dari YZF-R1 dan YZF-R7 yang makin menguatkan visualisasi gagah serta agresifnya wajah motor baru Yamaha ini.

    Sisi eksterior lainnya yang menghadirkan aura big bike look adalah full digital speedometer yang dirancang dengan konsep smart cockpit design terinspirasi dari YZF-R1. 

    Desain racing look lainnya terlihat dari kehadiran Triple Clamp bergaya YZR-M1. Fitur ini berfungsi memberikan keseimbangan kekuatan dan kekakuan sehingga meningkatkan handling pada motor. 

    Selain itu, penggunaan jok dengan cover motif karbon membuat pengendara kian merasa spesial. 

    Kebanggaan pun didapatkan lewat keberadaan simbol 3D emblem logo R15M yang terletak di tangki dan fork caps biru berlogo R15M. 

    Sementara body motor dirancang menggunakan fairing aerodinamis untuk menunjang posisi berkendara yang sporty racing.

    Performa Mesin

    All New R15 Connected menawarkan sensasi berkendara luar biasa berkat performa terbaik yang dimilikinya. 

    Keunggulan ini didapatkan karena dibekali mesin berkapasitas 155cc SOHC, 4 katup dan berpendingin cairan. 

    Mesin ini mempunyai daya maksimum 14,2 kW/10000 rpm dan torsi maksimum 14,7 Nm/8500 rpm sehingga mampu mencapai akselerasi berkendara yang memuaskan. 

    Terlebih lagi telah dilengkapi dengan Variable Valve Actuation (VVA) yang membuat torsi merata di setiap putaran mesin. 

    Fitur All New Yamaha R15 Connected

    Performa mesin motor baru Yamaha ini disempurnakan dengan penyematan fitur Quick Shifter yang memudahkan pengendara melakukan perpindahan gigi ke atas, tanpa menarik tuas kopling. 

    Kehadiran fitur ini sekaligus mendukung terpenuhinya keinginan merasakan akselerasi maksimal. 

    Selain itu, dengan Assist & Slipper Clutch akan membuat tarikan kopling lebih ringan, sedangkan Slipper clutch berfungsi untuk mencegah terjadinya selip pada roda belakang saat melakukan engine brake saat menurunkan gigi secara cepat.

    Fitur canggih lainnya yang diaplikasikan pada motor baru Yamaha ini adalah Traction Control System (TCS) yang berfungsi mencegah ban belakang kehilangan traksi (selip) saat motor sedang berakselerasi di segala kondisi permukaan jalan. 

    Lalu terdapat Dual Channel Anti-lock Braking System (ABS) yang membuat kontrol pengereman semakin optimal. 

    All New R15 Connected juga telah menggunakan suspensi Up Side Down (USD) yang meningkatkan handling, pengendalian lebih maksimal serta menjadikan motor tampak gagah dan sporty

    Selain itu, disematkannya Big Bike Engine Switch Off yaitu tombol starter yang terdiri dari tombol 3 in 1 cut off/on dan starter engine, memberikan sensasi berkendara terasa berbeda ala big bike

    Kemunculan motor ini juga makin lengkap dengan teknologi Y-Connect yang dapat menghubungkan sepeda motor dengan smartphone pengendara melalui koneksi bluetooth, sehingga berkendara semakin mudah dan praktis.

    Warna dan Harga All New Yamaha R15 Connected

    All New R15M Connected-ABS terdiri dari pilihan warna Icon Performance dan Yamaha World Grand Prix 60th Anniversary livery sebagai edisi terbatas. 

    Sedangkan All New R15 Connected memiliki warna Icon Blue dan Tech Black

    Untuk All New R15M Connected-ABS dipasarkan dengan harga Rp 43,5 juta (OTR Jakarta) dan All New R15 Connected seharga Rp 38,9 juta (OTR Jakarta). 

    Sedangkan harga All New R15M Connected-ABS edisi terbatas dibanderol Rp 44,1 juta (OTR Jakarta).

    Spesifikasi Lengkap All New Yamaha R15 Connected 

    Mesin All New Yamaha R15 Connected

    Dimensi All New Yamaha R15 Connected

    Rangka All New Yamaha R15 Connected

    Kelistrikan All New Yamaha R15 Connected

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait