Selasa, April 16, 2024
Lainnya
    BeritaAlmaz RS Bukan Mobil Swakemudi, Jangan Tidur Saat Mengendarainya!

    Almaz RS Bukan Mobil Swakemudi, Jangan Tidur Saat Mengendarainya!

    News.OLX.co.id – Maraknya kabar beredar soal kecanggihan Wuling Almaz RS yang katanya bisa jalan sendiri layaknya mobil autonomous, pihak Wuling Motors (Wuling) akhirnya mencoba memberikan penjelasan serta meluruskannya.

    Dalam rangkaian kegiatan Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021, Wuling Motors menggelar Media Briefing secara virtual untuk lebih memperkenalkan inovasi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) dengan dua keunggulan yakni Internet of Vehicle (IoV) dan Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang ada di Almaz RS. 

    “WISE memungkinkan penggunanya untuk mengeksplorasi lebih dalam serta melakukan personalisasi. Mengenai fitur-fitur yang ada di dalam IoV, konsumen harus dapat mengetahui keseluruhan fungsi agar dapat menggunakan berbagai fitur yang dimiliki secara optimal,” ujar Dimas Agus selaku App Operation Wuling Motors di acara yang berlangsung pada hari Rabu (21/4/2021). 

    Hadirnya IoV sebagai bagian dari WISE mampu memberikan berbagai kendali dalam genggaman pemilik Almaz RS melalui koneksi antara smartphone dengan unit Almaz RS yang dimiliki.

    Namun sebelumnya, pemilik Almaz RS terlebih dulu harus melakukan berbagai tahapan agar benar-benar bisa tersambung dengan Almaz RS. 

    Dimulai dengan melakukan registrasi akun, mengikat kendaraan, serta mendaftarkan kunci Bluetooth via My Wuling+. 

    Dan jika ingin meminjamkan kendaraan ke orang lain, pengguna juga bisa melakukan pengaturan pada pilihan ‘Manajemen Otorisasi Kunci’. Dengan syarat, orang yang dipinjamkan atau diberikan otorisasi akses kunci sudah memiliki email akun My Wuling+ yang sudah diaktivasi.

    Keunggulan IoV selain bisa mengoperasikan fitur seperti menyalakan mesin mobil jarak jauh, menyalakan AC lewat smartphone, juga bisa melakukan preset navigasi untuk menentukan tujuan perjalanan sebelum masuk ke dalam mobil. 

    Navigasi akan aktif secara otomatis sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya setelah ponsel terinterkoneksi secara screencast dengan head unit. 

    ADAS Membantu Mengurangi Beban Kerja Pengemudi

    Teknologi WISE Almaz RS

    Berlanjut ke Advanced Driver Assistance System (ADAS), sistem ini berisi berbagai fitur yang membantu mengurangi beban kerja pengemudi sehingga meningkatkan aspek keselamatan sekaligus kenyamanan. 

    ADAS dilengkapi dengan sensor berupa radar dan kamera beresolusi tinggi yang fungsinya sebagai indera tambahan pengemudi dalam membaca kondisi lalu lintas dan situasi lingkungan sekitar yang akan diproses oleh sistem sehingga kendaraan memberi respon yang sesuai.

    Tetapi fitur ADAS tidak bekerja secara otomatis, ada syarat dan batasan yang membuatnya aktif. 

    Disini, Wuling sangat menyarankan bagi setiap pemilik Almaz RS agar mempelajari dan memahami buku manual kendaraan sebelum berkendara. 

    Salah satu fitur yang ada di ADAS adalah adaptive cruise, dimana fitur ini akan berfungsi jika seluruh pintu sudah tertutup rapat, pengemudi menggunakan sabuk pengaman, transmisi ada di posisi D, sistem ESC aktif, dan rem parkir tidak aktif. 

    “ADAS itu bersifat sebagai bantuan, dan tidak menggantikan peran utama pengemudi. Setiap pengemudi harus selalu waspada dan bertanggung jawab terhadap kondisi lalu lintas dan tetap aktif merespon keadaan sekitar,” jelas Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors. 

    Intinya, Wuling Almaz RS belum bisa disetarakan dengan mobil autonomous atau mobil swakemudi seperti Tesla. Almaz tetap butuh pengendalian secara manual dari pengendara. 

    Jadi jangan pernah membayangkan Anda bisa mengemudi Almaz sambil tidur! 

    Nah, Anda bisa kok membuktikan segala kecanggihan teknologi Almaz RS dengan inovasi WISE dengan mengikuti sesi test drive di Smart Driving Car Area dekat Pasar Gambir, JIEXPO Kemayoran selama IIMS Hybrid 2021 berlangsung 15-25 April 2021.

    Sekali lagi, jangan pernah tidur ketika mengendarai Wuling Almaz RS, karena ADAS hadir untuk membantu dan memudahkan pengemudi, bukan untuk menggantikannya.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait