Kamis, September 29, 2022
More
    InformasiApa Itu Immobilizer Mobil? Ini Cara Kerja, dan Kelebihannya!

    Apa Itu Immobilizer Mobil? Ini Cara Kerja, dan Kelebihannya!

    Jika sering membaca fitur-fitur mobil, mungkin Anda penasaran, apa itu immobilizer? Jawaban singkatnya, immobilizer adalah salah satu teknologi yang baru-baru ini menarik perhatian di dunia otomotif. 

    Fitur keamanan kendaraan ini berfungsi sebagai alat untuk mencegah mesin kendaraan bisa hidup bila tidak diaktifkan dengan kunci. Dengan hal ini, immobilizer bisa mencegah mobil untuk berjalan bila terjadi tindak pencurian.

    Pengertian Immobilizer

    Fitur ini pertama kali diperkenalkan pada tahun ‘90 an di Eropa dan AS. Pada waktu itu, pencurian mobil sangat marak terjadi dan pabrikan otomotif mulai mencari cara agar hal tersebut tidak terjadi.

    Kemudian, dikembangkanlah kunci yang memiliki kode statis yang dikenali dalam sistem komputer pada mobil. Sistem ini yang kemudian mampu memancarkan sinyal dari mobil, ke pemegang kunci untuk mencocokkan kode sehingga mesin mobil bisa menyala.

    Immobilizer atau Engine Immobilizer adalah perangkat keamanan elektronik yang digunakan mobil modern. Engine Immobilizer menggunakan chip elektronik yang disematkan ke dalam ECU kendaraan.

    Sistem Immobilizer key ini kemudian menjadi populer sebagai fitur untuk meningkatkan keamanan mobil. Sehingga beberapa mobil pabrikan terbaru yang ada di segmen menengah ke atas mulai memberikan fitur ini.

    Namun jika mobil Anda tergolong mobil tua, atau belum memiliki Immobilizer, banyak tersedia jasa untuk pemasangan dan beli immobilizer mobil terpisah. 

    Baca juga: Perangkat Agar Mobil Aman dari Pencurian

    Cara Kerja Immobilizer

    Secara sederhana, sistem immobilizer mobil bekerja dengan cara berikut:

    1. Pengiriman Kode Pada Kunci dan Mesin Mobil

    Proses paling awal dalam cara kerja sistem immobilizer adalah sinyal kode yang dikeluarkan dalam perangkat elektronik. Pada kunci mobil atau immobilizer key, terdapat pemancar kode atau RFID. 

    Kunci ini dapat dideteksi oleh sensor immobilizer (antena penerima) yang ada di mobil dalam jarak 1-2 meter. Setelah sistem immobilizer mengenali RFID yang benar di dekatnya, sistem immobilizer mengirimkan sinyal lampu hijau ke ECU pada mobil.

    2. Pencocokan Kode Kunci Pada Key dan ECU Mobil

    Setelah ECU mobil menerima kode dari Key, kemudian dilakukan pencocokan untuk mengidentifikasi apakah pemegang remot adalah pemilik mobil. 

    3. Pencocokan Kode Kunci Pada Key dan ECU Mobil

    Setelah kode kedua cocok, baru ECU kemudian menutup sirkuit (pengapian dalam keadaan siaga), dan yang harus Anda lakukan hanyalah menekan tombol tekan untuk memulai mesin.

    Namun apabila tidak ada kecocokan kode, ECU gagal mengaktifkan sistem bahan bakar, mesin tidak akan menyala.

    Bahkan jika pencuri mobil ingin membobol dengan membuat hubungan pendek sirkuit pengapian. Dengan demikian, mencegah pencurian kendaraan.

    Komponen Immobilizer di Mobil

    Selain microchip. sistem immobilizer pada mobil juga terdiri dari tiga komponen yang bekerja sama sehingga menghasilkan sistem keamanan yang maksimal. Komponen-komponen yang terdapat pada immobilizer adalah sebagai berikut:

    1. Transmitter

    Transmitter dalam immobilizer berfungsi untuk mengirimkan gelombang radio dengan frekuensi tertentu ke modul kontrol, yang akan menangkap sinyal.

    2. Transponder

    Setelah gelombang radio dengan frekuensi tertentu diterima oleh modul kontrol, selanjutnya gelombang radio tersebut akan dikirim ke transponder untuk diidentifikasi.

    3. Komponen Sistem Pencegah Pencurian

    Fungsi dari komponen sistem pencegah pencurian pada immobilizer adalah untuk mengatur gelombang radio yang telah diterima dan diidentifikasi oleh transponder untuk diaktifkan atau dinonaktifkan pada rangkaian sistem pengapian dan relay pompa bahan bakar. 

    Ketika sudah pada tahap ini, berarti kunci kontak sudah terhubung dan dikenali oleh ECU mobil. Pengemudi juga dapat memutar kunci kontak ke posisi engine start untuk menghidupkan mesin.

    Baca juga: Cara Mencegah Pencurian Pecah Kaca Mobil

    sistem immobilizer yang menambah keamanan mobil
    sistem immobilizer yang menambah keamanan mobil

    Kelebihan Immobilizer di Mobil

    Sebelumnya, kita telah membahas pengertian immobilizer dan bagaimana cara kerjanya. Akan tetapi, apakah fitur ini benar-benar penting untuk ada di mobil yang akan anda beli? Mari kita bahas setiap kelebihan dari immobilizer!

    1. Mobil Akan Jauh Lebih Aman Dari Pencurian

    Untuk mencuri mobil, pembajak membutuhkan dana tambahan, misalnya mobil lain untuk menderek mobil yang dicuri atau alat khusus untuk membaca kode kartu kunci dan membobol sistem keamanan mobil Anda.

    2. Mudah Digunakan

    Fitur immobilizer sangat mudah untuk digunakan. Saat ini, sudah banyak fitur tambahan yang canggih dalam immobilizer seperti sensor jarak dan kunci otomatis. Untuk membuka kunci mobil juga cukup dengan satu sentuhan di remote atau panel touchscreen.

    3. Tidak Berisik

    Sistem immobilizer dalam mobil tidak menimbulkan suara. Bahkan bisa saja anda tidak menyadari bahwa mobil Anda menggunakan sistem immobilizer.

    Kekurangan Immobilizer di Mobil

    Jika ada kelebihan, maka ada kekurangan yang dihadapi saat menggunakan mobil dengan fitur  immobilizer. Mari kita bahas setiap kekurangan immobilizer!

    1. Lebih Mahal

    Tentu saja, mobil dengan fitur yang lebih banyak dan teknologi yang tidak umum ada pada standar mobil, akan membuat harga jual mobil menjadi sedikit lebih mahal.

    2. Baterai Mati

    Kelemahan dari sistem yang bisa menjadi penyebab kunci immobilizer tidak berfungsi adalah baterai yang sudah habis. Jadi, pastikan baterai masih terisi penuh dan segera ganti dengan baterai baru setelah dayanya habis.

    3. Error pada pencocokan kode

    Kekurangan lainnya adalah immobilizer bisa terganggu oleh gelombang frekuensi yang lain. Hal ini umumnya pada pemancar radio di sekitar Anda sehingga mengganggu pengenalan kode oleh sensor. 

    Solusi yang bisa dilakukan, dengan tempelkan kunci di bagian bawah dasbor karena biasanya ada sensor penerima gelombang di bagian itu. Hal ini bisa dihindari dengan menghindari memarkir mobil di tempat yang dapat mengganggu pengenalan kode oleh sensor agar hal seperti ini tidak terjadi.

    Contoh Mobil Immobilizer

    Rerata mobil-mobil saat ini bila keluaran diatas tahun 2020 sudah menyematkan teknologi immobilizer agar mobil semakin aman. Berikut beberapa contoh mobil baru atau mobil bekas dengan immobilizer:

    1. Toyota Calya
    2. Honda Brio
    3. Honda Mobilio
    4. Suzuki Ertiga
    5. Datsun Go Plus
    6. Daihatsu Sigra
    7. Wuling Confero

    Demikian beberapa contoh mobil dengan harga yang cukup terjangkau dan ada di kelas bawah-menengah yang dilengkapi immobilizer. Ada banyak contoh mobil lainnya terutama yang berada di kelas menengah keatas, karena bisa dikatakan fitur ini sudah menjadi standar keamanan pada mobil.

    Baca juga: Fitur Modern dan Mewah yang Cocok Dipasang di Mobil Klasik

    Pastikan membeli mobil dengan fitur immobilizer pada dealer atau penjual yang bisa anda percayai. Salah satunya OLX Autos dengan jaminan program #Pilihyangpasti. Jaminan ini menguntungkan pembeli dengan mendapatkan garansi mesin 30 hari dan garansi 7 kembali uang kembali, pasti mendapatkan gratis biaya perawatan dan ganti oli, serta pasti mendapat layanan Home Test Drive.

    Bagaimana menurut anda, apakah tertarik dengan teknologi baru ini? Jika penasaran dan ingin mencoba langsung kecanggihan fitur immobilizer di mobil, anda bisa memesan test drive di OLX Autos! Dengan puluhan jaringan dealer di Indonesia, silahkan kunjungi dealer terdekat dari rumah Anda.

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here