Senin, November 29, 2021
OLX Auto
More
    BeritaApa Keunggulan Mobil Taktis Pindad Maung

    Apa Keunggulan Mobil Taktis Pindad Maung

    PT Pindad (Persero) namanya kembali menjadi perbincangan setelah Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto mencoba secara langsung performa kendaraan taktis 4×4 terbaru yang disebut Maung.

    Ya, Maung yang memiliki arti Macan ini dijajal Prabowo di sekitar Sentul, Bogor untuk mempresentasikan kendaraan taktis Maung yang ditujukan untuk pasukan infantri. 

    Lalu apa yang menjadikan maung ini istimewa?

    Dilansir situs resmi PT Pindad, Maung diklaim mampu menerjang medan-medan sulit dan beroperasi lepas ruas jalan aspal. Meskipun begitu, Maung tetap prima dioperasikan di ruas jalan aspal dan paving serta tetap mampu bermanuver dengan baik. 

    Maung mampu bergerak taktis dengan memperhatikan aspek kenyamanan. Pengujian pada medan datar meliputi beberapa indikator, yaitu kecepatan, percepatan, manuver putar, manuver angka 8, pengereman dan tak lupa aspek keamanan.

    Pindad Maung
    Pindad Muang dijajal di jalanan bebatuan. (PT Pindad)

    Di jalur medan sulit – off road, Maung juga dapat ditempuh di jalur berbatu kecil maupun berbatu besar, tanjakan curam, jalan berlumpur dan dataran licin hingga sungai dangkal. 

    “Meskipun medan yang dilalui sulit, Maung dapat melewati seluruh rintangan dan dikemudikan dengan handal. Bahkan, Maung sengaja ditempatkan di jalur berlumpur dengan dominasi air untuk menguji kelincahan dan kehandalan di medan sulit dan licin,” tulis PT Pindad dalam keterangan tertulis.

    Mobil yang disebut-sebut dibenamkan mesin Toyota Hilux berkapasitas 2.4 liter dengan berbagai ubahan pada bodi dan sasis ini dilengkapi transmisi manual enam percepatan, serta penggerak 4×4 dan sanggup melaju hingga kecepatan aman di angka 120 km/jam dan menjangkau hingga 800 km. 

    Oia, mobil karena mobil ini bagian dari mobil taktis, Maung juga sudah dilengkapi dengan braket senjata 7,62 mm, konsol SS2-V4, perangkat GPS navigasi dan tracker kendaraan serta perlengkapan lainnya.

    Menurut Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose, Pindad Maung ini bisa dilepaskan pintunya yang dapat dilakukan dengan mudah dan dalam waktu kurang dari lima menit. 

    “Dalam peragaan ini, Maung dapat menjadi varian kendaraan tanpa pintu dalam waktu singkat, begitu pula pada saat pemasangan kembali yang dapat dilakukan secara cepat,” katanya.

    Belum diketahui kapan mobil ini akan masuk proses produksi kemudian diluncurkan, termasuk apakah Maung dijual juga dipasaran?

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here