Minggu, November 28, 2021
OLX Auto
More
    InformasiProdukApple Patenkan Inovasi Kaca Jendela Mobil Bisa Berubah Warna Secara Otomatis

    Apple Patenkan Inovasi Kaca Jendela Mobil Bisa Berubah Warna Secara Otomatis

    Perusahaan teknologi Apple, memang sudah lama ingin melebarkan sayapnya di kancah industri otomotif. Bahkan hal tersebut sempat juga dilontarkan pendiri Apple, Steve Jobs sebelum wafat.

    Ya, Apple disebutkan ingin membuat mobil masa depan dengan teknologi self-driving  atau tanpa kemudi. Hanya saja, sampai saat ini proyek mobil tersebut belum dibeberkan dan diperlihatkan secara nyata.

    Namun begitu, dikabarkan Apple telah mengajukan hak paten ke kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat, berupa teknologi kaca jendela mobil yang dapat berubah warna secara otomatis. Demikian dilansir Carbuzz, Rabu (12/2/2020).

    Disebutkan, teknologi Apple ini dapat menawarkan sejumlah manfaat, mulai dari melindungi pancaran sinar matahari, memberikan privasi pada penumpang, hingga mencegah pencurian.

    Apple Mobil Apple ilsutrasi hak paten jendela berubah warna secara otomatis
    Apple telah mengajukan hak paten ke kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat, berupa teknologi kaca jendela mobil yang dapat berubah warna secara otomatis. (Carbuzz)

    Sedangkan kaca jendela yang dapat berubah warna disebut memiliki visibilitas yang dapat disesuaikan. Teknologi ini diketahui berkat perangkat modulator kristal cair yang dapat menyiratkan jendela sehingga memiliki beberapa lapisan berfungsi menepis berbagai jenis cahaya, sehingga memungkinkan tingkat intensitas berbeda menyesuaikan kondisi di luar.

    Tidak sampai disitu, teknologi ini juga dikombinasikan berkat penggunaan beberapa sensor pada mobil, yang kemudian mengirim data ke komputer untuk menganalisis kondisi kabin secara otomatis sehingga warnanya dapat berubah sesuai tingkatan.

    Misalnya, jika sensor mendeteksi visibilitas pengemudi buruk, secara otomatis dapat mengurangi rona. Begitu pula jika interior terlalu terang atau terlalu panas akan meningkatkan warna jadi lebih gelap, sehingga kabin menjadi lebih nyaman.

    Satu lagi yang tak kalah canggih, bahwa teknologi ini sudah menggunakan koordinat GPS, dimana sistem ini dapat mendeteksi apakah mobil sedang dikendarai di kota atau di jalanan lainnya, sehingga warna jendela dapat disesuaikan tingkatannya.

    Masih menurut Carbuzz, jumlah penumpang di dalam mobil juga dapat mempengaruhi tingkat pewarnaan kaca jendela, dan secara otomatis juga dapat mengatur menjadi lebih gelap ketika mobil parkir.  

    Bagi Apple, teknologi yang membuat pewarnaan kaca jendela menjadi gelap saat ini masih konvensional, bahkan belum cukup melindungi penumpang dari paparan sinar matahari, serta memberikan privasi pada penumpang maupun pengemudi.

     

     

     

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here