Jumat, September 30, 2022
More
    MotorAprilia Tuareg 660 Motor Adventure Ganteng Seharga Rp 656 juta

    Aprilia Tuareg 660 Motor Adventure Ganteng Seharga Rp 656 juta

    PT Piaggio Indonesia kembali menambah koleksi motor adventure dengan meluncurkan Aprilia Tuareg 660 terbaru untuk pasar otomotif nasional.

    Kehadiran Aprilia Tuareg 660 terbaru melengkapi keluarga 660, seperti Aprilia RS 660 dan Aprilia Tuono 660, dimana motor ini sengaja dirancang, dikembangkan, dan dibangun dengan penuh pertimbangan untuk menjadi kombinasi terbaik dari motor off-road dan petualangan.

    Menurut Managing & Country CEO PT Piaggio Indonesia Marco Noto La Diega, Aprilia Tuareg 660 didesain untuk mencari kebebasan dan kemampuan berpetualang di segala kondisi jalan dengan mengandalkan performa tinggi.

    “Kelincahan serta pengalaman berkendara yang benar-benar menyenangkan di berbagai medan jalan untuk menjelajahi setiap sudut lanskap Indonesia yang indah. Inilah mengapa PT Piaggio Indonesia berada di sini, untuk melayani pelanggan kami dengan pilihan yang lebih banyak dan lebih menarik,” ungkap Marco dalam keterangannya.

    Lantas seberapa hebat Aprilia Tuareg 660?

    Nama Aprilia Tuareg 660

    Aprilia Tuareg 660

    Sebelum mengetahui detail spesifikasi dan performa Aprilia Tuareg 660. Mari cari tahu asal muasal motor adventure tersebut.

    Secar nama, Aprilia Tuareg dihadirkan dengan konsep untuk menemani para pencari kebebasan dalam berkendara. Nama Tuareg berarti “manusia bebas” yang berasal dari budaya etnis Tuareg, Sahara.

    Konon, di negara asalnya Etnis Tuareg dikenal dengan kemampuan bertahan hidup dan keahlian eksplorasi mereka bahkan di lingkungan yang paling sulit sekalipun.

    Desain

    Aprilia Tuareg 660

    Secara desain, Aprilia Tuareg 660 dibuat oleh Piaggio Advanced Design Center (PADC) yang berada di Piaggio Group di Pasadena, California, Amerika Serikat.  Aprilia Tuareg 660 dilengkapi double fairing agar motor mampu malju aerodinamis.

    Motor ini sudah dilengkapi Tubular engine guard yang dibuat dengan metode powder-coated steel tubing, pelindung ini melindungi mesin dan plastik jika terjadi kecelakaan.

    Tak hanya itu, motor ini dijejali Centre stand yang dibuat dengan cataphoresis-treated dan powder-coated steel untuk memastikan ketahanannya terhadap cuaca, dirancang untuk meminimalisir upaya pengoperasian.

    Ada juga Pair of aluminum side panniers, yang  terbuat dari alumunium, agar bagasi tambahan samping ini begitu kuat dan lapang.

    Kemudian ada juga 33-litre aluminium case yang sangat kuat dan lapang, case ini dapat menyimpan helm dan barang lainnya.

    Tak hanya itu, motor ini juga dilengkapi Touring windscreen, sehingga memastikan proteksi lebih kepada pengendara dari terpaan angin selama perjalanan. Komponen ini terbuat dari methacrylate dengan ketebalan 4 mm.

    Motor ini sudah dilengkapi sistem pencahayaan full LED pada bagian depan, ditambah DRL perimeter.

    Agar tampak lebih modern, Aprilia Tuareg 660 sudah dipasang Kluster instrumen TFT digital berwarna yang memiliki ukuran 5 inci, yang dilengkapi sensor senja agar menyesuaikan kecerahan berdasarkan kondisi pencahayaan sekitar.

    Performa mesin Aprilia Tuareg 660

    Aprilia Tuareg 660

    Aprilia Tuareg 660 yang memiliki bobot 187 kg disematkan mesin twin cylinder Aprilia berkapasitas 660 cc yang menghasilkan daya 89 Tk dan torsi 70 Nm.

    Untuk menunjang performa mesin, motor ini dilengkapi Aprilia Traction Control (ATC) atau kontrol traksi yang dapat disesuaikan ke 4 level atau dinonaktifkan, ditandai dengan logika kinerja tinggi dan pengoperasian yang disetel dengan baiki.

    Selain itu ada juga Aprilia Cruise Control (ACC), untuk mempertahankan kecepatan yang disetel tanpa menyentuh kontrol throttle, sangat berguna saat bepergian.

    Adapula Aprilia Engine Brake (AEB), sistem untuk mengontrol engine brake saat menutup throttle, dapat disesuaikan sampai 3 tingkat.

    Tidak sampai disitu, motor ini sudah dilengkapi Aprilia Engine Map (AEM) dengan 3 pemetaan mesin berbeda tersedia untuk mengubah karakter mesin dan cara menghasilkan tenaga. Fitur ini tidak mengubah daya maksimum yang diberikan.

    Aprilia Tuareg 660 juga memiliki Aprilia Quick Shift (AQS), gearbox elektronik yang memungkinkan perpindahan gigi sangat cepat tanpa menutup throttle atau menggunakan kopling. Hal ini juga dilengkapi dengan fungsi downshift, untuk memungkinkan kopling dengan lebih sedikit downshifting.

    Untuk memaksimalkan pengalaman menunggangi Aprilia Tuareg 660, motor ini dilengkapi empat mode berkendara untuk secara otomatis mendapatkan pengaturan terbaik, dalam hal kontrol traksi, rem engine, ABS, dan semua parameter lainnya.

    Nah, keempat mode berkendara tersebut antara lain:

    Urban, untuk berkendara sehari-hari, dikalibrasi dengan mempertimbangkan keselamatan; ABS aktif di kedua channel.

    Explore, untuk perjalanan menyenangkan di jalan, dikalibrasi agar pengendara dapat menikmati rute sepenuhnya. ABS aktif di kedua channel.

    Offroad, khusus untuk pengendaraan off-road, dengan minimum kontrol traksi dan engine brake. Pemetaan mesin ini adalah yang paling mudah diatur dalam hal pengiriman daya. ABS dinonaktifkan pada rem belakang dan juga dapat dinonaktifkan pada rem depan.

    Individual, yang memungkinkan pengendara mempersonalisasi kontrol elektronik sepenuhnya.

    Warna dan Harga

    Aprilia Tuareg 660

    Aprilia dilengkapi skema warna tradisional yaitu Acid Gold, yang telah diperkenalkan pada Aprilia RS dan Aprilia Tuono, opsi ini paling menonjolkan desain inovatif Aprilia Tuareg 660.

    Aprilia Tuareg 660 juga tersedia dalam pilihan warna Indaco Tagelmust yang terinspirasi oleh skema warna Aprilia Tuareg Wind 600 pada tahun 1988.

    Menyoal harga Aprilia Tuareg 660 ditawarkan dengan banderol Rp 656 juta on the road DKI Jakarta.

    OLXers yang mau mencari mobil bekas berkualitas bisa lihat di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here