OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Review /  10 Alasan Honda BR-V Terbaru Cocok Untuk Keluarga Modern



10 Alasan Honda BR-V Terbaru Cocok Untuk Keluarga Modern

01 Oct 2021

Honda BR-V terbaru resmi diperkenalkan dan bisa dipesan, namun untuk pengirimannya akan dilakukan Januari 2022 mendatang.

All New Honda BR-V kini sudah muncul model terbaru dengan sejumlah perubahan sangat drastis. OLXer yang ingin memilikinya bisa melakukan pemesanan dari sekarang. Hanya saja, konsumen harus sabar menunggu, karena mobil tersebut baru akan dilakukan pengirimannya pada Januari 2022 mendatang.

Menurut Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy, harga yang ditawarkan untuk BR-V terbaru paling rendah Rp 260 jutaan.

“Jadi harga All New BR-V ini normal,” ungkap Billy saat peluncurannya

Ya, Billy memang belum menjabarkan harga detail All New BR-V. Bahkan Billy juga enggan memberikan janji jika mobil tersebut akan mendapatkan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 100 persen. Karena menurut Billy insentif PPnBM tersebut disebut hanya berlaku sampai akhir 2021.

Di luar soal harga dan insentif PPnBM, jika bicara Honda BR-V terbaru ini rupanya memang sangat cocok untuk dijadikan mobil keluarga.

Ya, hal ini tak lepas dari Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd, di bawah pimpinan Chief Engineer,Yoshihiko Eguchi, dan Large Project Leader Parinya Tangwiengwang yang menyebutkan bahwa BR-V generasi kedua dibuat untuk menciptakan kendaraan yang mencerminkan gaya SUV dan MPV.

Selain itu, mobil ini juga disebut, telah dilakukan  riset pasar yang memadukan kelebihan SUV untuk kehidupan pribadi dan fungsionalitas MPV untuk hubungan keluarga.

Nah, mau tahu lebih lengkap alasan All Honda BR-V cocok untuk mobil keluarga, berikut ulasannya.

1. Desain keren

Honda BR-V terbaru disebut memiliki tiga konsep besar, yaitu SUV Value, MPV Value dam Driving Pleasure.

Untuk SUV Value, disebabkan karena mobil ini merupakan sosok Low SUV yang tampilan kokoh dan tangguh, serta merepresentasikan nilai sebuah mobil SUV.

Sedangkan MPV Value, dikarenakan BR-V teranyar ini mengkombinasi dari kabin luas dan cocok untuk semua anggota keluarga serta utilitas untuk berbagai gaya hidup yang mewakili nilai dari mobil MPV.

Adapun untuk konsep Driving Pleasure maksudnya, bahwa BR-V dibuat untuk pengalaman berkendara yang dinamis, menyenangkan dan menawarkan kenyamanan serta efisiensi bahan bakar.

Secara keseluruhan, desain dari All New BR-V ini tidak hanya sekadar menawarkan tampilan yang berubah mulai dari desain depan, belakang, samping, namun juga performa yang tangguh, sporty, serta  menjadikannya sebuah mobil SUV premium.

2. Mampu membawa 7 Penumpang

Mobil ini memang sangat cocok untuk keluarga Indonesia, dimana kabin dibuat lega dan dibuat tiga baris tempat duduk sehingga mampu menampung tujuh orang penumpang.

Tentu saja hal ini cocok dengan budaya Indonesia yang gemar bepergian secara bersama dengan menggunakan mobil berkabin lega.

3. Ruang kabin lega

Yang tak kalah penting dari sebuah mobil yang dijual untuk pasar Indonesia yaitu kabin harus lega. Ini tak lepas dari dimensi Honda BR-V yang lebih melar dari model generasi pertama.

Seperti halnya panjang BR-V terbaru 4.490 mm (+34), Lebar 1.780 mm (+45), tinggi 1.685 mm (+19), Wheelbase 2.700 mm (+38) dan Ground Clearance 220 mm (+19)

Ya, kursi baris ketiga akan menciptakan ruang kargo yang lebih besar saat dilipat (dive down). Dengan mewujudkan posisi datar penuh (dive down folding) pada kursi baris ketiga, bagian belakang kursi bisa dilipat 50/50 sehingga dapat menciptakan lebih banyak ruang kargo saat dilipat.

Dengan begitu, jika kursi dilipat rata, maka akan memberikan rasa lapang dan kemudahan untuk memuat barang (ketersediaan tergantung pada grade).

Ruang bagasi dapat disesuaikan dan ditingkatkan dengan memindahkan papan ke posisi lebih rendah, di mana barang-barang pribadi dapat disimpan di bawah papan pada posisi atas, bahkan saat kursi baris ketiga digunakan.

4. Fitur kekinian melimpah

Honda BR-V terbaru ini banyak disematkan sejumlah fitur kekinian, seperti jumlah outlet listrik berkapasitas 12V yang ada di setiap baris depan, tengah dan belakang. Dengan begitu jika saat perjalanan daya smartphone habis, maka tak perlu berebut mencari colokan.

Mobil ini juga dilengkapi Remote Engine Start yang pertama di segmennya. Fitur ini  memungkinkan pengemudi menyalakan kendaraan dari jarak jauh dengan menekan tombol LOCK dan menghidupkan AC terlebih dahulu untuk mendinginkan suhu kabin. Fitur yang dapat dikendalikan jarak jauh ini terpasang dalam key fob yang menyertai kendaraan.

Selain itu ada juga Remote Keyless Entry atau sensor sentuh pintar, dimana desain kunci memiliki pemancar yang terpasang di pegangan dengan tombol kunci dan buka kunci, yang memungkinkan pengemudi mengoperasikannya dengan mudah dalam satu sentuhan tanpa menggunakan tombol jarak jauh.

Honda BR-V terbaru juga dilengkapi Walk Away Auto Lock dimana secara otomatis mengunci kendaraan saat pengemudi meninggalkan kendaraan, ketika pemegang kunci berada dua meter dari kendaraan atau lebih, dan ketika tidak ada kunci lain yang terdeteksi di dalam kendaraan.

5. Sistem hiburan

Saat melakukan perjalanan bersama keluarga , setidaknya sebuah hiburan harus disematkan. Maka dari itu, BR-V terbaru sudah menawarkan tampilan audio layar sentuh LCD berukuran tujun inci dengan interface yang mudah digunakan.

Fitur ini dapat menghubungkan berbagai jenis ponsel pintar melalui Bluetooth, USB, yang juga dilengkapi fungsi hands-free untuk kenyamanan pengemudi, selain menggunakan steering switch sebagai switch dan shortcut switch.

6. Punya fitur Honda Sensing

Honda BR-V terbaru khususnya tipe teratas, dilengkapi fitur dan teknologi Honda Sensing, dimana turunan dari fitur ini berupa:

Lead Car Departure Notification System (LCDN), sistem yang berfungsi untuk menginformasikan pengemudi saat kendaraan berhenti dan kendaraan di depannya mulai menjauh.

Collision Mitigation Brake System (CMBS), merupakan sistem yang membantu ketika terdapat kemungkinan kendaraan berbenturan dengan kendaraan lain atau pejalan kaki yang terdeteksi di depan. CMBS didesain untuk memberi tanda atau peringatan ketika potensi berbenturan dapat terjadi, dan membantu mengurangi kecepatan kendaraan untuk mengurangi dampak benturan yang tidak terhindarkan.

Lane Keeping Assist System (LKAS), membantu kemudi untuk menjaga kendaraan tetap berada pada jalur yang terdeteksi dan memberikan getaran dan visual jika kendaraan terdeteksi keluar dari jalur.

Road Departure Mitigation (RDM), berfungsi untuk memberikan peringatan dan jika diperlukan melakukan koreksi secara otomatis pada roda kemudi apabila pengendara keluar dari jalur agar kembali ke jalur yang benar.

Adaptive Cruise Control (ACC), membantu menjaga kestabilan kecepatan kendaraan dan mengatur jarak di belakang kendaraan yang terdeteksi di depan, membantu mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan Anda tanpa harus menginjak rem atau gas apabila kendaraan yang terdeteksi berhenti.

Auto-High Beam, sistem ini secara intuitif akan berganti antara lampu besar dan lampu normal tergantung pada situasi jalan.

7. Fitur keamanan lengkap

Selain Honda Sensing, Honda BR-V terbaru ini juga bertaburan fitur keamanan yang tergolong lengkap. Tentu saja hal ini wajib menjadi perhatian agar keamanan dan keselamatan konsumen jadi fokus utama Honda.

Ya, beberapa fitur keamanan dan keselamatan Honda BR-V terdiri dari Advanced Compatibility Engineering Body, Airbag, Lane Watch, Rear Seat Reminder, Sensor Parkir, Vehicle Stability Assist, Emergency Stop Signal hingga Hill Start Assist.

Untuk lebih detail mengenai fitur keamanan Honda BR-V bisa lihat artikel nya di sini.

8. Kenyamanan saat berkendara

Honda BR-V dibuat untuk memberikan kenyamanan saat berkendara, baik untuk pengemudi maupun penumpang.

Karena itu, untuk meredam guncangan, Honda BR-V sudah menggunakan suspensi depan MacPherson Strut secara eksklusif disesuaikan untuk tingkat kekokohan tinggi.

Kemudian suspensi belakang memanfaatkan kekokohan torsi tinggi dan torsion Beam ringan.  Selain itu geometri suspensi belakang disesuaikan untuk meningkatkan tingkat peredaman dan kenyamanan.

9. Performa mesin

All New Honda BR-V mengusung mesin 1.5L DOHC i-VTEC yang telah diperbaharui untuk menghasilkan tenaga maksimum 119 Tk pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 N.m pada 4.300 rpm.

Mesin yang telah disempurnakan ini didukung sistem transmisi CVT baru, yang menghasilkan efisiensi bahan bakar lebih baik dan performa yang lebih bertenaga sekaligus ramah lingkungan dengan standar emisi sesuai standar EURO 4.

Selain itu, Honda BR-V juga menawarkan akselerasi yang lebih mulus dan performa berkendara lebih baik berkat  transmisi manual 6-percepatan.

Mobil ini juga tenaga pendorong ditingkatkan hingga delapan persen untuk akselerasi lebih baik sementara rasio gigi dioptimalkan untuk perpindahan gigi yang lebih halus dan kenyamanan berkendara.

10. Lebih kedap suara

Honda BR-V juga disebut dibuat lebih nyaman, apalagi untuk jika menyinggung Noise, Vibration dan & Harshness (NVH). Ya, ketiga hal ini jadi patut diperhitungan di dunia otomotif,

Akan tetapi Honda mengklaim, jika All New BR-V sudah meningkatkan kemampuan untuk meredam kebisingan mesin, kebisingan jalan, dan kinerja paket kedap suara untuk mendapat suasana kabin lebih tenang dengan getaran yang lebih rendah dan pengalaman berkendara lebih nyaman.

Maka dari itu, Honda sudah melakukan perbaikan pada kebisingan mesin dengan cara :

• Penutup kepala mesin disempurnakan untuk mengurangi radiasi suara mesin

• Kemampuan penutup Uretan ditingkatkan untuk mengurangi radiasi suara mesin

• Side mounted dengan modul dinamis untuk mengurangi getaran

• Trans mounting ditingkatkan untuk mengurangi getaran

• Dudukan batang torsi disempurnakan untuk mengurangi getaran

Paket kedap suara dioptimalkan di beberapa bagian dan area, termasuk sistem insulasi suara, spakbor belakang, penutup bawah, dan kap mesin.

Bahkan mobil ini sudah mengaplikasikan spray foaming di area panel bodi untuk meningkatkan keheningan, serta mencegah masuknya debu dan bau tidak sedap dari luar, yang meningkatan tingkat kedap udara kabin lebih dari 60 persen dibandingkan model saat ini.

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga