Copied to clipboard!

Ilustrasi garasi mobil sempit (miro.medium)



TIPS

10 Cara Parkir di Lahan atau Garasi Sempit

Author : Herdi Muhardi

07 Sep 2020


Kemampuan memarkir mobil jadi salah satu syarat yang harus dimiliki pengemudi. Namun begitu, tak sedikit pengendara mobil ternyata kurang memiliki kemampuan untuk hal ini.

Ya, salah satu alasan pengemudi tidak bisa melakukan skill parkir karena lahan parkir atau garasi rumah sangat sempit. Alhasil, mereka kerap merasa daripada lecet mending cari lahan parkir yang lebih luas.

Namun tak jarang ada pengemudi yang memarkir di lahan sempit justru mengakibatkan beberapa masalah, yaitu tidak ada akses keluar mobil, hingga menghalangi jalur pengendara lain.

Kendati demikian, ada beberapa cara agar OLXer bisa memarkirkan mobil di lahan sempit.

1. Percaya diri, yakin dan gunakan logika       

Ketika memarkir mobil sebaiknya harus percaya diri, bahwa OLXer bisa parkir dengan baik dan benar. Selain itu, terapkan keyakinan bahwa mobil bisa parkir di tempat yang lahannya terbatas.

OLXer juga harus menggunakan logika ketika hendak parkir di tempat sempit, yaitu apakah dimensi mobil lebih besar atau kecil dibandingkan dengan garasi.

2. Waspada

Saat akan memulai parkir, sebaiknya OLXer harus waspada melihat kondisi sekitar, apakah ada kendaraan lain, mobil, motor atau sepeda hingga pejalan kaki yang melintas.

Selain itu, pastikan hal-hal yang dianggap sepele seperti tong sampah, pot bunga hingga tiang dan tembok tidak menghalangi laju mobil ketika parkir.

3. Matikan audio dan buka kaca jendela

Saat hendak parkir sebaiknya matikan audio atau sumber infotainment lainnya. Sebab bagi pengemudi pemula, mematikan audio dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi.

Sebaliknya, jika suara audio masih menyala, dikhawatirkan akan mengurangi konsentrasi, apalagi OLXer tak bisa mendengar suara dari luar.

Jika merasa baru parkir mobil di tempat sempit pertama kali, nggak ada salahnya membuka kaca jendela. Dengan begitu, sama seperti mematikan audio, OLXer bisa mendengar langsung suara dari luar.

4. Gunakan kaca spion

Kaca spion jadi perangkat yang ada di setiap mobil. Nah, fungsi kaca spion samping dan tengah bukan untuk Anda berkaca, tetapi untuk bisa melihat kondisi samping dan belakang hanya dengan cara melirik tanpa menoleh.

Sama seperti ketika berkendara, saat mobil mundur untuk parkir, kaca spion dapat membantu melihat dan memperkirakan kondisi dan jarak jangkau di luar.

5. Buat target atau patokan

Jika masih merasa khawatir tergores saat parkir di garasi sempit, sebaiknya gunakan target atau patokan berupa tanda seperti batu atau balok kayu yang diletakan untuk mengganjal ban mobil. Pastikan, target atau patokan menempel dan tidak bergeser.

Oia, bisa juga patokan dibuat di samping mobil, sejajar dengan spion atau kepala Anda. Selain itu, bisa juga menempelkan sesuatu di atap mobil sehingga terlihat atau menyentuh kaca jendela seperti bola kecil

6. Gunakan karet pelindung

Salah satu cara mencegah mobil lecet akibat parkir di garasi sempit, yaitu bisa menggunakan karet pelindung di beberapa sisi, seperti bemper depan- belakang, ujung pintu kanan-kiri dan depan-belakang.

7. Pasang kamera belakang

Jika memang masih merasa takut untuk parkir di tempat sempit, tidak ada salahnya mobil yang OLXer miliki menggunakan perangkat kamera belakang.

Tentu saja menggunakan fitur ini bisa membantu Anda apalagi ketika hendak parkir mundur tanpa harus melirik kaca spion, melainkan cukup menatap layar di dashboard.

8. Pastikan ada akses keluar masuk

Meski garasi kecil, OLXer juga harus memastikan ketika mobil berhenti dan parkir dengan posisi sempurna, Anda tetap memiliki akses keluar masuk mobil.

Oleh karena itu, pastikan jarak pada bagian kanan atau kiri bisa untuk membuka pintu mobil.

9. Tidak menghalangi jalan

Saat memarkir mobil, sebaiknya lakukan dengan baik dan benar, serta tidak menghalangi pengguna jalan lain.

Sebab, tak jarang ada pengguna mobil memaksakan mobilnya untuk parkir di lahan atau garasi sempit, namun tidak memperdulikan kondisi pengguna jalan lainnya, contohnya menghalangi jalan.

10. Pastikan mobil aman

Setelah merasa berhasil memarkirkan mobil dengan posisi baik dan benar, tidak ada salahnya OLXer langsung menarik rem tangan. Bisa juga Anda mengganjal bagian ban dengan batu atau balok kayu untuk ekstra berjaga-jaga.